No
Penulis Judul Abstrak Kata Kunci Kesimpulan Daftar Pustaka File

1

Janner Halomoan Silalahi

"Perancangan Sistem pakar diagnosa kerusakan transmitter radar plessey AR 325 Commander menggunakan Metode Forward Chaining"

Radar Plessey AR 325 Commander merupakan salah satu jenis Radar Militer yang dimiliki TNI AU dalam rangka pengawasan semua wahana bergerak yang menggunakan media udara sebagai lintasannya. Radar Plessey AR 325 Commander terbagi menjadi beberapa sub sistem yang terintegrasi, salah satunya adalah Transmitter. Transmitter berfungsi sebagai panghasil power tinggi (high power) untuk pemancaran frekwensi GEM ke udara yang nantinya bila mengenai benda akan dipantulkan kembali selanjutnya diolah menjadi suatu data 3 Dimensi (posisi, ketinggian, jarak). Indikator kesiapan dan kondisi Transmitter dapat di monitor melalui lampu LED BITE pada TCU di Bay 1 Transmitter. Untuk itu diperlukan sebuah sistem pakar untuk membantu mendiagnosa kerusakan Transmitter Radar Plessey AR 325 Commander secara cepat dan tepat berdasarkan dari Manual Book maintenance dan teknisi ahli yaitu Perwira Teknik serta Inspektor Radar. Pembangunan sistem ini menggunakan metode forward chaining atau runut maju. Metode runut maju bekerja dengan cara menentukan indikator Lampu LED BITE yang mati (Trip) pada TCU kemudian akan dijabarkan langkah – langkah kerja analisa kerusakan sampai ditemukan hasil diagnosa akhir kerusakan yang menjadi penyebab kerusakan tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem pakar ini mempermudah teknisi Radar untuk melakukan diagnosa kerusakan Transmitter Radar Plessey AR 325 Commander berdasarkan indikator Lampu LED BITE yang mati (Trip) pada TCU dan mengetahui langkah – langkah diangnosa penyebab kerusakan tersebut.
Download

Forward chaining, Sistem Pakar, Transmitter, Radar Plessey AR 325 Commander.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

2

Muhamad Setiawan

"Perancangan Monitoring Ketinggian Air Pada Waduk Berbasis IoT"

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah perancangan alat yang dapat digunakan untuk memonitor dari jauh. Alat ini dapat mengetahui level air dan dapat memonitor jarak jauh dari jarak ketinggian air di atas waduk menggunakan Internet of Thing (IoT) dari platform thinger io. Dengan begitu alat ini bisa memudahkan kita untuk memantau waduk meski sari jarak jauh. Simulasi waduk ini menggunakan Modul ESP 8266 MOD sensor ultrasonik, dan personal komputer atau handphone sebagai servis dan reciver saat alat bekerja.sensor ultrasonik Bekerja membaca level air dan kemudian dikirim ke server yang bisa dipantau dari jarak jauh dengan menggunakan platform thinger Io. alat ini bekerja saat sensor mendeteksi tingkat air maka mikrokontroler dari ESP 8266 MOD akan mengirim ke data user melalui komputer yang di tampilkan adalah level air ketinggian air , waktu memonitor, dan kondisi ketinggian air. Pembuatan Internet of Thing (IoT) dari platform thinger io ini dibuat untuk membaca tingkat air dan terdeteksi oleh sensor. Data di kirim ke User pada saat ingin melihat ketinggian air dengan via wi - fi.
Download

ESP 8266 MOD, ultrasinic sensor, Internet of Thing (IoT) Platform thinger io

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

3

Krisman Putra Juniarto Munthe

"PERANCANGAN SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 BERBASIS WEB ( INTERNET )"

Curah hujan di Indonesia tiap tahunnya cukup tinggi. Hal ini menyebabkan beberapa wilayah Indonesia sering terjadi bencana banjir ketika musim penghujan tiba karena beberapa faktor seperti kondisi lingkungan yang rusak, penebangan hutan secara liar dan kondisi tempat yang lebih rendah dari sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan perancangan sistem peringatan dini banjir berbasis Web (internet) atau biasa dikenal dengan teknologi Internet Of Things ( IoTs ) yang dapat memberikan informasi ke masyarakat yang terdekat dengan lokasi banjir dengan cepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan adalah Menentukan komponen utama ( mikrokontroler NodeMCU ESP8266 dan sensor ultrasonik HC-SR04 ) yang akan digunakan sebagai penyusun prototype, Menentukan dan mempelajari Komponen pendukung penyusun prototype , Menentukan software pendukung dalam membantu proses perancangan, Menyusun serta memilih Bahasa pemrograman yang tepat dan akurat pada sistem prototype, dan Membandingkan pengaplikasian cara kerja sistem pada website yang terhubung dengan prototype, dengan sistem yang lain ( aplikasi , sms gateway, dll ). Dari hasil pengujian yang dilakukan sensor memiliki tingkat akurasi yang tinggi yaitu 100 % dengan nilai error sensor 0 % , pengujian level ketinggian air yang dilakukan sebanyak 10 kali , dimana sensor berhasil membaca kondisi level ketinggian air yang beragam dengan aturan < 50 cm kondisi aman , > 50 cm kondisi bahaya banjir, pengujian prototipe pada website dan pengujian sistem prototipe secara keseluruhan didapatkan sistem dapat berjalan sesuai dengan perancangan dan implementasi yang dilakukan.
Download

NodeMCU ESP8266, Website, PHP, Internet Of Things ( IoTs ) , sensor ultrasonik HC-SR04

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

4

Syamsiah Keliandar Sari

"Rancang Bangun Alat Monitoring dan Controlling Keamanan Rumah Dengan Aplikasi Telegram Berbasis Raspberry Pi"

Keamanan adalah salah satu faktor yang diperlukan oleh manusia dan area yang ditempatinya. Metode penelitian dilakukan dengan cara merancang sistem dan program untuk menangani sistem kemananan rumah yang mengintegrasikan kemampuan Webcam, Raspberry Pi dan Telegram Messenger yang telah didesain untuk memiliki jangkauan yang luas. Pengontrolan gerakan kamera selain bekerja setelah pintu atau jendela dibuka, dapat juga dikontrol dari Telegram Messenger yang sudah di install di PC ataupun smartphone. Prinsip kerja alat ini adalah sistem akan mengirimkan notifikasi berupa gambar dari area webcam yang telah didedikasikan ke pengguna Telegram. Telegram Bot menyediakan fitur yang dapat dipilih oleh pengguna, yaitu mengambil gambar atau video. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang telah dibuat.
Download

Security system, Telegram, Raspberry Pi, Internet of Things

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

5

Alif Risky

"Rancang Bangun Panel Surya (Solar Cell) Sebagai Charger Perangkat Elektronik Pada Fasilitas Umum Dengan Charge Controller TS-MPPT-60"

Charge controller has an important role in controlling the electrical energy produced by solar panels in the utilization of solar panels as a source of electrical energy. MPPT (Maximum Power Tracking) Controller is one type of controller that has advantages in controlling the voltage and current generated by solar panels. In the process of designing a solar panel system as a cellular charger by utilizing the ability of the TS-MPPT-60 as a controller the test results are quite efficient. The average test results generated by using solar panels and TS-MPPT-60 an increase in the value of the current where the current value received TS-MPPT-60 from the solar panel is increased by increasing the value up to 40% -67.5% to be able to charge the battery used electric energy storage batteries produced by solar panels. Tests carried out on the process of charging the HP battery and the value of the voltage and current obtained is quite stable. The current flowing in the HP battery charging process is in the range of 0.82 A - 1 A for the use of original cables. The type of cable and the type of cell phone are the main factors in the process of charging a cellphone battery. Charge Controller memiliki peranan penting dalam mengendalikan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dalam panel surya sebagai sumber energi listrik. Pengontrol MPPT (Maximum Power Point Tracking) merupakan salah satu jenis pengontrol yang memililki keunggulan dalam melakukan pengontrolan terhadap tegangan dan arus yang dihasilkan panel surya. Pada proses perancangan sistem panel surya sebagai charger seluler dengan memanfaatkan kemampuan TS-MPPT-60 sebagai controller, diperoleh hasil pengujian yang cukup efisien. Hasil pengujian rata-rata yang hasilkan dengan menggunakan panel surya dan TS-MPPT-60 terjadi peningkatan nilai arus yang diterima arus TS-MPPT-60 dari panel surya meningkat dengan nilai peningkatan hingga 40% -67,5% untuk dapat digunakan sebagai baterai aki yang digunakan baterai penyimpanan energi listrik yang dihasilkan panel surya. Pengujian dilakukan pada proses pengisian baterai HP dan nilai tegangan dan arus yang diperoleh cukup stabil. Arus yang mengalir pada proses pengisian baterai HP pada kisaran 0.82 A - 1 A untuk penggunaan kabel asli. Jenis kabel dan jenis HP merupakan faktor utama dalam proses pengisian baterai Hp.
Download

Charge Controller, Panel Surya, MPPT

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

6

Puja Indriani

"Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolestrol Berbasis Database Dan Internet"

Intisari— Kemajuan teknologi, meningkatnya berbagai segi kehidupan di era modern telah mengubah gaya dan pola hidup masyarakat. Gaya hidup kurang sehat terlihat jelas di kota-kota besar, terlihat dari makanan yang dapat dijumpai disetiap restoran siap saji atau fast food. Jika pola makan tersebut tidak terkontrol maka seseorang akan lebih mudah terserang penyakit yang sulit disembuhkan yaitu kolesterol. Pada penelitian ini penulis bertujuan merancang sebuah Aplikasi sistem pakar yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit kolesterol berbasis database dan web berdasarkan gejala- gejala penyakit yang dirasakan oleh pasien yang menjadi sebuah keputusan berupa tingkat keyakinan dan solusinya dengan menggunakan metode forward chaining untuk mendapatkan penalaran maju dan menghitung nilai kepercayaan dari gejala-gejala yang dipilih oleh pasien.
Download

sistem pakar, kolesterol, forward chaining, mendiagnosa.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

7

La Ode Muhammad Asardin

"Rancang Bangun Sistem Monitoring Kecepatan Kendaraan Operasional Bandara Dengan Fitur Geofence dan SMS Sebagai Media Pengirim Data"

Dalam dunia robotika khususnya bagi pengguna NodeMcu ESP 8266 maka pastinya menggunakan software Arduino IDE dalam programannya. Maka dari itu teknologi yang dikembangkan dalam penulisan ini membantu dalam menghitung kecepatan kendaraan. Dihubungkan melalui android yang akan memonitoring suatu kendaraan tersebut, system monitoring ini bekerja membaca kecepatan kendaraan yang dimana ketika kendaraan melakukan pelanggaran maka kecepatan akan di monitoring melalui Smartphone Android dan buzzer dalam system ini sebagai alarm pengingat di kendaraan dimana ketika kendaraan melaju di kecepatan 25 km/jam alarm akan memberitahukan bahwa kendaraan telah melampaui batas yang ditentukan. alarm ini bekerja ketika sebelum 25 km/jam kecepatan alarm memberitahukan melalui bunyi yang sangat pelan tetapi ketika melebihi dari 25 km/jam alarm berbunyi nyaring. Dan juga ketika melewati pembatas lokasi yang dimana ketika kendaraan berada di luar batas yang di tentukan maka kecepatan kendaraan tidak bisa di monitoring malalui system tetapi jika kendaraan masuk lagi di area yg di tentukan system akan dapat memonitoring kecepatan kendaraan lagi.
Download

Monitoring kecepatan, NodeMcu ESP8266, Smartphone Android, Buzzer.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

8

Ramadan Wahyu Pamuji

"Perancangan Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino Dengan Android Sebagai Pengendali"

Dalam dunia robotika khususnya bagi pengguna Arduino Nano maka pastinya menggunakan software Arduino IDE dalam programanya. Maka dari itu teknologi yang dikembangkan dalam penulisan ini membantu dalam pembersihan lantai. Dihubungkan melalui android yang akan mengendalikan robot pembersih lantai tersebut maupun tanpa android, robot tersebut berkerja menyemprotkan air yang nantinya akan dilalui oleh robot yang di bawahnya terdapat kain sebagai pengelap lantai dan akan dibantu pengeringannya dengan kipas pada bagian belakang robot. Menghidupkan kipas dan menyemprotkan air dengan alat pemompa serta pengendalian maju, mundur, berputar menggunakan dua buah motor DC pada bagian Depan robot sebagai penggeraknya. semua di kendalikan melalui aplikasi yang dipasangkan pada android dan switch pada frame robot. Serta robot memiliki sensor yang akan berhenti untuk menghindari benturan pada robot.
Download

Robot pembersih lantai, Aduino Nano, Smartphone Android, Sensor Ultrasonic, Relay, Fan, Motor DC, Motor Driver L298.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

9

Zulkaeni Septia Rini

"Perancangan alat makan dan minum pada peternakan ayam petelur secara otomatis berbasis mikrokontroler"

Perkembangan pada bidang peternakan beberapa belum menggunakan teknologi dalam proses pemberian pakan dan minum, proses yang dilakukan masih menggunakan manusia. Sistem ini merealisasikan Arduino Nano untuk mengendalikan seluruh sistem automasi berupa pemberian pakan dan minum, agar proses produksi berjalan dengan efektif dan efisien. Sistem ini terdiri dari pemberian jadwal pakan dan jumlah pakan yang diberikan pada ayam setiap hari untuk pemberian pakan terdiri dari dua kali pemberi pakan yang di lakukan pagi dan sore hari. Sistem untuk memberikan input pada prosesnya menggunakan sistem otomatis. Proses ini bekerja setelah semua input telah diberikan, mulai dari jenis pakan pertama, kedua dan ketiga keluar melalui pintu yang dibuka menggunakan prinsip pergerakan relay sesuai dengan jumlah yang ditentukan, pakan yang sudah terdapat pada tempat pencampuran akan di aduk dan tercapur, kemudian pakan yang sudah tercampur akan di kirim ke setiap kandang ayam secara merata meggunakan sistem otomatis. Hasil pengujian sitem dapat disimpulkan bahwa pada sistem penjadwalan pakan yang ditentukan oleh Arduino Nano dapat bekerja dengan tingkat keberhasilan serta sistem keamanan berjana dengan baik ketika terjadi error. Komunikasi yang terjadi antara Arduino Nano dengan komponen lainnya berjalan dengan baik.
Download

Aduino Nano, LDR Light sensor, RTC, Relay 4 Channel 5V, pakan ayam

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

10

Sabdar Sawal

"Perancangan Alat Penghitung Pull Up Berbasis Mikrokontroller Menggunakan Sensor Ultrasonik"

Dizaman modernisasi seperti ini, teknologi merupakan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi telah membawa manusia kepada Era yang lebih baik, sehingga dengan perkembangan jaman banyak orang yang sering melakukan penelitian. Pada penelitian ini penulis bertujuan untuk merancang sebuah alat penghittung pull up berbasis mikrokontroler mengunakan sensor ultrasonik, untuk mempermudah melakukkan penghitung pull up, sistem ini terdiri berbagai komponen elektronik seperti Adruino Nano, Module Bluetooth, Sensor Ultrasonik, dan LED Text Running, alat ini akan di operasikan menggunakan HP Android yang telah terkoneksi dengan Bluetooth HC-05 kemudian menekan (start/stop) untuk menghidupkan dan mematikan alat tersebut. Adapun sensor ultrasonik digunakan untuk mengukur gelombang radio dari sensor ke objek. Hasil dari sensor tersebut akan ditampilkan melalui LED Text Running dan HP android. Salah satu pengunaan alat ini yaitu pada ilmu kesehatan untuk seleksi masuk TNI maupun POLRI. Melakukan test kesehatan dengan penghitungan pull up manual, lebih lama daripada menggunakan alat penghitung Pull Up Berbasis Mikrokontroler dengan menggunakan Sensor Ultrasonik.
Download

Arduino Nano, Sensor Ultrasonik, Bluetooth terminal HC-05,LED Text Running.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

11

Bayu Anoto Cahyo

"Pengaruh Pemasangan Tekep Isolator Pada Jaringan Sistem Distribusi 20 KV Penyulang Manggarsari 8 PT. PLN Rayon Balikpapan Selatan"

Jaringan distribusi merupakan bagian dari sistem tenaga listrik yang paling dekat dengan konsumen. Pada saat ini gangguan pada jaringan distribusi teganggan menegah tidak terlepas dari gangguan yang disebabkan oleh sentuhan pohon, hewan dan sebagainya. Untuk mencegah terjadinya gangguan pada jaringan perlu dilakukan sebuah antisipasi pada jaringan agar terhindar dari sentuhan dengan pohon maupun hewan. PT.PLN (Persero) Area Balikpapan saat ini berupaya untuk menurunkan angka gangguan penyulang dengan memasang tekep isolator pada jaringan SUTM dan gardu distribusi. Penyulang Manggarsari 8 (S.8) pada tahun 2018 terjadi pemadaman dan autorelose yang diakibatkan gangguan rata-rata sebesar 3,6 kali setiap bulannya. Setelah adanya pemasangan tekep isolator didapatkan hasil rata-rata pemadaman pada penyulang S.8 pada tahun 2019 adalah 2,5 kali setiap bulannya. Sehingga didapatkan hasil penurunan gangguan sebesar 30,5% selama 6 bulan pemasangan tekep isolator.
Download

SUTM, Gangguan, Autoreclose, Tekep Isolator

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

12

Muhamad Kaspuddin

"Studi Penggunaan Kanel Listrik Jenis N2KKF6BY 3x185 MM 0,6/1 KV PT Jumbo Company Indonesia Tbk"

adanya kegagalan suplai listrik yang diakibatkan oleh cepatnya penuruanan nilai tahanan isolasi kabel dapat menyebabkan sistem jaringan tenaga listrik menjadi terganggu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan kajian tentang kualitas kabel listrik yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan dimana kabel tersebut ditempatkan Metode yang digunakan adalah kualitatif dan perhitungan dengan analisi matematis berdasarkan pengukuran ataupun data yang diperoleh. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan didapatkan nilai tahanan penghantar sebesar 0,0972, nilai tahanan isolasi kebel sebesar 12700, dan untuk pengujian dielekterik selama 5 menit tidak terjadi breakdown. Untuk thickness isolasi sebesar 2,17. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa seluruh hasil pengujian dan pengukuran tersebut masih dalam batas standar yang dipersyaratkan oleh IEC 60228 dan IEC 60502-1
Download

Kabel Listrik Bawah tanah, penghantar, isolasi, dielektrik

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

13

Muhamad Iqbal Zenari

"Rancang Sistem Antrian Pada Loket BAA Uniba Berbasis Arduino "

Tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan dijenjang perguruan tinggi berdampak pula pada kondisi suatu perguruan tinggi saat tahun ajaran baru dengan berbagai kegiatan untuk melaksanakan penerimaan mahasiswa baru. Antrian sebagai masalah yang tidak selalu terjadi setiap proses administrasi di universitas, yang mendorong kreatifitas untuk menjadikan perkembangan teknologi sebagai alat yang dapat mempermudah sebuah proses, termasuk masalah antrian, dengan membuat sebuah sistem antrian yang berbasis Arduino Uno yang terintergrasi dengan sebuah printer thermal dan LCD untuk mempermudah mahasiswa dalam menunggu antrian tanpa perlu berdesakan.
Download

Mesin antrian loket BAA Uniba, Arduino Uno, Printer Thermal, LCD, Buzzer, RTC

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

14

Surya Atmajaya

"Perancangan Control System Pengisian Fluida Reservoir Secara Otomatis menngunakan Sensor Ultrasonic Sebagai Level Air Dan Sensor Flow Sebagai Indikasi Aliran air Berbasis IOT ESP 8266"

Teknologi yang di terapkan pada sebagian usaha kecil menengah masih menerapkan proses konvensional sehingga efektivitas produksi kurang optimal, di sisi lain teknologi berkembang pesat terutama automatisasi di bidang industri, sebagai contoh aktivitas konvensional dimana seorang petugas harus melakukan monitoring dan mencatat tiap ketinggian air yang tertampung di dalam reservoir / tank, aktivitas ini dapat digantikan oleh sistem elektronik, yang secara otomatis melakukan monitoring dengan membaca parameter pada sensor. Dengan membuat sebuah sistem pengisian fluida reservoir secara otomatis dan monitoring ketinggian fluida yang berbasis ESP 8266 yang terintergrasi dengan jaringan internet dan LCD Touchscreen untuk mempermudah operator dalam monitoring ketinggian fluida pada reservoir dan pengisian fluida secara otomatis.
Download

Reservoir, fluida, LCD Touchscreen, Sensor Ultrasonic, ESP 8266

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

15

M. Rizal Herlanda

" Perancangan Smoke Absorber Portable Dengan Media Air Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO"

Kondisi pencemaran udara karena asap rokok sangat berpengaruh bagi manusia. Pengaruh yang paling utama berupa penularan penyakit bersifat airborne diseases atau penyakit yang ditularkan melalui udara. Pencemaran udara ini akan berpengaruh terhadap angka kesehatan dan angka kematian dari berbagai jenis penyakit. Untuk mengurangi asap rokok yang terpapar langsung ke manusia di lakukan perancangan alat smoke absorber. Metode pengumpulan data ini dilakukan secara kuantitatif. Komponen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Arduino Uno, sensor MQ 2, modul relay, dinamo DC, dan fan. Sesuai dengan hasil penelitian, Arduino berhasil menjadi otak sistem untuk mengendalikan komponen komponen yang terhubung. Kemudian sensor MQ 2 berhasil mendeteksi keberadaan asap untuk dikirim datanya ke Arduino. Kemudian arduino menggerakkan dinamo DC dan kipas untuk menghisap asap ke tabung yang berisi air untuk menetralisir asap dan air yang terdapat ditabung diuji hasil dari nilai PH air yang terdapat pada tabung sebelum air tercampur oleh asap rokok dengan nilai sebesar PH 7,76 sedangkan dilakukannya percobaan kedua dan ketiga pengujian PH air yang telah tercampur oleh asap bernilai PH 8,55 hingga PH 8,67. Alat ini dapat diterapkan ditempat umum seperti, cafe, stasiun dan ditempat lainnya yang terdapat keramaian.
Download

Kata kunci: Arduino Uno, Pendeteksi Asap, Sensor MQ-2, , Dinamo DC,

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

16

Achmad Adi Prayitno

"Perancangan Alat monitoring Jumlah Slot Parkir 3 Lantai Berbasis Mikrokontroler"

Meningkatnya penggunaan mobil yang tidak diseimbangkan dengan penyediaan area parkir yang memadai dan mengakibatkan banyak pengendara yang parkir di sembarang tempat. Sistem perparkiran yang ada hanya memanfaatkan area parkir dan petugas parkir yang mengawasi. Pengendara juga harus berkeliling untuk mencari tempat yang kosong apabila petugas atau pengendara tidak memperhatikan daya tampung area parkir tersebut maka pemilik kendaraan akan terpaksa harus keluar jika tidak mendapatkan tempat parkir. Untuk mengatasi hal tersebur membuat sistem parkir dengan menggunakan sistem mikrokontrol yang memudahkan pengguna kendaraan mengetahui jumlah dan letak tempat parkir yang kosong. Perancangan sistem parkir ini bertujuan kendaraan dapat mengetahui bagian lahan parkir yang tersedia yang akan diberitahukan melalui LCD (Liquid Crystal Display) dan LED (Light Emitting Diode) pada pintu masuk lahan parkir, dan juga agar memudahkan untuk mengawasi total kendaraan yang ada pada lahan parkir dengan indikator LED (Light Emitting Diode). Rancangan ini menggunakan Arduino Nano sebagai processor untuk mengolah data. Servo yang mengatur palang akan digerakkan ketika menekan tombol Switch. Saat lahan parkir penuh maka LCD (Liquid Crystal Display) memberi informasi tidak ada lahan kosong maka pengguna parkir naik ke lantai beriukutnya. Dari hasil pengujian Arduino Nano dapat mengatur rangkaian dengan baik serta sensor Ultrasonic dapat mendeteksi kendaraan pada tiap area parkir, dan servo palang dapat terbuka dan tertutup kembali.
Download

Sistem Parkir, Arduino Nano, LCD, Motor Servo, Ultrasonic

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

17

Yusuf Taufani

"Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Kerusakan Room Air Conditioner Berbasis Android"

Aplikasi Sisitem Pakar Untuk Diagnosa kerusakan Room Air ConditionerBerbasis Androidmerupakanaplikasimendiagnosakerusakanpada ACdenganmetodeforwardchainingdiplatformandroid,yangbetujuanmempermudahteknisisenior,teknisijunior,danmaupunorangawam. Pada penelitianmengunakan cara pengumpulan data secara studi pustakadan wawancara, dimana dari studi pustaka mengambil data dari beberapa buku,literature, catatan, dan serta berbagai laporan. Sedangkan wawancara mengambildatalangsungdaripakaratauorangyangahlidibidangnya. Hasilpenelitianmenujukankeakuratanaplikasi80%,darihasilpengetesan yangdilakukanoleh2 teknisiPt.PrimaBuanaInternusaterhadap 10ACdanyangberhasildidiagnosaolehaplikasihanya8olehsebabituperlukedepanyaaplikasiinilebihdikembangkanlagidarisisteminformasidantataBahasadalamaplikasi
Download

forwardchaining,SistemPakar,AirConditioner, Android

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

18

Arwin

"Perancangan Sistem Regulator Pada Lampu Emergency Menggunakan ARDIUNO UNO"

Kekurangan dari sistem pengisian daya ke baterai di lampu emergency adalah tidak adanya sistem pemutus ke baterai ketika baterai sudah terisi penuh sehingga beterai akan mengalami over charging dan over voltage secara terus-menerus. Ini akan berdampak buruk pada baterai tersebut. Sehingga terpikir bagaimana membuat suatu alat dengan ardiuno untuk memproteksi baterai lampu emergency dari kerusakan.. Tujuan dari penelitian dan perancangan tugas akhir ini adalah merancang sebuah alat regulator untuk memerintahkan kapan harus berhenti mengisi dan kapan harus kembali mengisi baterai dan membuat program dengan sofware Ardiuno IDE agar regulator berkerja sesuai dengan yang diinginkan. Cara kerja alat ini adalah dimulai dengan membaca tegangan baterai oleh sensor INA129, jika sensor membaca tegangan baterai kurang dari 4.50 V maka ardiuno akan memerintahkan relay untuk aktif. Selama pengisian baterai, sensor INA129 akan terus memantau tegangan baterai, pada saat kondisi tegangan baterai telah mencapai 5.00 V charger akan di perintahkan oleh ardiuno untuk berhenti mengisi. Dari sepuluh kali percobaan pengisian OFF semua alat berfungsi dengan baik diantaranya : Pembacaan sensor INA 219 termonitor di LCD, Relay posisi ON ketika tegangan baterai berada di atas set ponit yang telah di tentukan, lampu indikasi pengisian mati, Tegangan di multitester terdeteksi 0 V dan status pengisian ke baterai akan posisi OFF dan dari sepuluh kali percobaan pengisian ON semua alat berfungsi dengan baik diantaranya : Pembacaan sensor INA 219 termonitor di LCD, Relay posisi OFF ketika tegangan baterai berada di bawah set ponit yang telah di tentukan, lampu indikasi pengisian menyala, Tegangan di multitester terdeteksi 4.97 V dan status pengisian ke baterai akan posisi ON.
Download

Aduino UNO, Sensor INA219, Sistem regulator baterai.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

19

Zuqni Septian

"Evaluasi Belt Weigher Untuk Pembacaan Counter Coal Flow Dari Unit Coal Feeder Di PLTU Teluk Balikpapan""

PLTU dengan kapasitas 2X110 MW ini memasok kebutuhan listrik pada jaringan Barito – Mahakam (Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan). Dengan Kapasitas 2X110 MW kebutuhan akan pasokan batubara yang cukup besar. Namun karena terjadi kesalahan pembacaan coal flow pada belt weigher di coal feeder yang mengakibatkan hilangnya batu bara yang dapat merugikan perusahaan. Untuk mengetahui penyebab kerusakan pada belt weigher perlu dilakukan evaluasi belt weigher dengan cara melakukan inspeksi pada sensor berat, sensor speed dan integrator pada belt weigher. Dari hasil evaluasi belt weigher ditemukan kerusakan pada sensor berat dan integrator, sehingga harus dilakukan penggantian untuk membuat pembacaan coal flow belt weigher pada coal feeder kembali normal.
Download

belt weigher, coal flow, coal feeder

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

20

Jeffry Bahari Sihombing

"Aplikasi Sistem Monitoring Realtime KWH Meter Merk EDMI Tipe MK6 Via Android Berbasis Internet Of Things (IoT) Di PT. PLN (PERSERO) GI Karang Joang"

Teknologi untuk memonitoring parameter atau energi listrik ada banyak macam, salah satu yang digunakan PT. PLN (Persero) adalah Automatic Meter Reading (AMR). Teknologi tersebut membutuhkan peralatan dan biaya yang besar. Dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) yang sedang berkembang penelitian dilakukan dengan membuat suatu alat yang mampu memonitoring kWh meter secara realtime dan tampil di smartphone android. Parameter yang dimonitoring antara lain Tegangan , Arus dan Daya. Alat monitoring ini mengambil parameter dari kWh Meter kemudian dikirim ke database sehingga dapat ditampilkan pada aplikasi android. Hasil pengujian yang telah dilakukan, rata-rata kesalahan terhadap kWh meter pada parameter Tegangan yang paling besar adalah 0,39%. Kemudian rata-rata kesalahan terbesar pada parameter Arus adalah 0,28% dan pada parameter Daya sebesar 0,21%. Pengujian juga dilakukan untuk mengukur Cycle Time yang dibutuhkan alat dan aplikasi monitoring realtime, rata-rata hasil pengujiannya adalah 13,42 detik. Diharapkan alat ini dapat sebagai alternatif selain menggunakan AMR.
Download

kWh Meter, Automatic Meter Reading (AMR), Internet of Things (IoT)

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

21

Agi Setia Putra

"Perancangan Sistem Pengendalian Kecerahan Lampu Utama Pada Mobil Berbasis Arduino Uno"

Pada penelitian ini di lakukan perancangan sebuah sistem pengendali kecerahan lampu utama pada mobil berbasis Arduino Uno. Tujuan dari sistem ini adalah membuat dan merancang sistem otomatisasi yang dapat mengendalikan kecerahan lampu utama pada mobil berdasarkan parameter keadaan di sekitar yang di lalui kendaraan tersebut. Dengan sistem ini diharapkan dapat lebih mengoptimalkan penggunaan daya pada baterai mobil. Dengan alasan tersebut maka di gunakanlah metode Fuzzy Logic untuk pengambilan keputusan. Penggunaan metode ini karena solusi dari kondisi-kondisi yang terjadi dalam berkendara dapat di parameterkan menggunakan metode Fuzzy. Masukan dari metode ini adalah tingkat kecerahan cahaya yang di baca oleh sensor BH1750 dan jarak kendaraan lain yang berada di depannya di baca oleh sensor HCSR04. Parameter jarak dan kecerahan cahaya tersebutlah yang di gunakan peneulis sebagai penentu fuzzy rule dari sistem ini. Dimana hasil pembacaan kedua sensor tersebut akan mempengaruhi nilai PWM Out dari Arduino tersebut. Dan perubahan nilai PWM tersebut akan berpengaruh terhadap tingkat kecerahan lampu utama mobil tersebut. Hasil dari dari pengontrolan kecerahan cahaya ini cukup efektif dalam menjaga efisiensi tegangan. Pada kondisi Low-Beam tegangan rata-rata 1,6 Volt, Pada kondisi Med-Beam 4,9 Volt, dan pada kondisi High-Beam 8,6 Volt.
Download

Arduino Uno, Sensor Ultrasonik HCSR04, Sensor HCSR04, Fuzzy Logic

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

22

Prima Ammar Fauzan

Purwarupa Rumah Pintar (SMART HOME) Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android & iOS

Sebuah perancangan purwarupa sistem Smart Home menggunakan Mikrokomputer berbasis iOS dan android yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan mendeteksi gerakan manusia, mendeteksi api, dan pengendalian jarak jauh peralatan listrik pada smart home. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti Raspberry Pi 3 Model B, sensor PIR, sensor api, modul kamera Raspberry Pi, mini buzzer, relay dan juga peralatan listrik. Sensor PIR pada purwarupa smart home ini 100% mampu mendeteksi gerakan manusia yang berada di sekitar sensor PIR dengan jarak maksimum 500 Cm. Sensor api pada purwarupa smart home ini juga 100% mampu mendeteksi api dengan jarak maksimum 50 Cm. Kemudian, modul kamera Raspberry Pi pada purwarupa smart home ini juga mampu 100% mengambil gambar manusia pada saat sensor PIR mendeteksi gerakan manusia tersebut. Raspberry Pi pada purwarupa smart home ini juga 100% bisa mengirimkan pesan email berupa peringatan dan gambar ke email pengguna via aplikasi Gmail. Kemudian, purwarupa smart home ini juga 100% bisa mengendalikan peralatan listrik dari jarak jauh tanpa batasan jarak dengan memanfaatkan jaringan internet pada smart home dan juga pada smart phone pengguna dengan menggunakan aplikasi Openhab. Sistem smart home pada purwarupa ini dapat diterapkan pada semua rumah yang memiliki koneksi internet.
Download

Smart Home, Rasperry Pi, Gmail, Openhab.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

23

Meilita Rizki

"Studi Kasus Sistem Informasi Perpustakaan di SMK Kartika V-I Balikpapan"

Kemajuan perkembangan pada bidang perpustakaan di SMK Kartika VI balikpapan belum menggunakan teknologi dalam proses peminjaman buku dan pelaporan, proses yang dilakukan masih menggunakan manual / menulis dibuku. Sistem ini merealisasikan slims untuk mengendalikan seluruh sistem automasi berupa peminjaman buku dan pelaporan, agar proses produksi berjalan dengan efektif dan efisien.
Download

Perpustakaan , sistem informasi, SLIMS

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

24

Yuliyono

"Rancangan Dan Pembuatan Smart Trash Can Menggunakan Arduino Uno Berbasis Wireless Sensor Network (WSN)

Pengelolaan sampah menjadi permasalahan di berbagai Negara. Pengelolaan sampah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih. Proses pengumpulan sampah dengan cara memeriksa tempat penampungan sampah satu persatu tempat menyebabkan menjadi tidak efisien dan efektif dikarena menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Penerapan Wireless sensor network (WSN) telah dikembangkan dengan sebagian Node sensor yang memiliki sifat individu, yang diletakkan pada tempat tertentu untuk memonitoring keadaan yang dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. bagian dari wireless sensor network yang sering digunakan yaitu Xbee, karena perangkat ini adalah perangkat handal yang terdiri dari transmitter dan receiver. Dirancang sebuah sistem monitoring volume tempat sampah menggunakan sensor ultrasonik pada tempat sampah sehingga saat kondisi volume pada tempat sampah mengalami perubahan maka Xbee akan mengirimkan informasi server. ketika jarak volume sampah sudah mendeteksi 20 cm atau di bawahnya maka progres bar akan berwarna kuning dengan informasi penuh sehingga buzzer di ruang petugas akan berbunyi Serta hasil dari monitoring dapat ditampilkan menggunakan web thinger.io yang terhubung ke internet dengan catatan sistem harus terhubung dengan internet.
Download

Sensor Ultrasonik, Arduino UNO, Node MCU, Xbee-PRO, Motor Servo

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

25

Arief Ramadhan

Perancangan Smart Meter PDAM Berbasis Wireless Sensor Network Dan Internet

Penelitian tentang sistem smart meter PDAM berbasis wireless sensor network dan internet bertujuan untuk memudahkan dalam pencatatan meteran air dan memonitoring pemakaian air pada suatu rumah. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti Arduino UNO dan Node MCU sebagai otak sistem, sensor water flow, LCD, Xbee-PRO. Alat ini dapat memonitoring jumlah pemakaian liter, meter perkubik, dan biaya pemakaian air. LCD bertugas untuk menampilkan monitoring sensor water flow. Xbee-PRO sebagai komponen untuk mengirim dan merima data dari sistem sampai jarak maksimal didalam ruangan 30 m dan diluar ruangan maksimal 100 m. Pengiriman data dari sistem menuju web membutuhkan waktu delay 1-2 menit. Serta hasil dari monitoring dapat ditampilkan menggunakan web thinger.io yang terhubung ke internet dengan catatan sistem harus terhubung dengan internet. Salah satu penggunaan alat ini dapat diterapkan di rumah-rumah atau bangunan lainnya. Namun alat ini dikhususkan diterapkan untuk rumah-rumah pelanggan PDAM.
Download

Smart meter PDAM, Arduino UNO, Node MCU, Xbee-PRO, Sensor flowmeter

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

26

Supratman .M.S

" Segmentasi Citra Menggunakan Metode K-Means & Kompresi Citra Menggunakan Algoritma Wavelvet"

Di dalam melakukan pengiriman data melalui media transmisi, semakin besarnya ukuran kapasitas data yang akan dikirimkan menyebabkan semakin lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan data dan semakin besar bandwidth yang dibutuhkan untuk mengirim data tersebut. Untuk itulah di rancang suatu system deteksi objek pada citra dan kompresi citra menggabungkan dua metode yaitu K-means klustering dan kompresi citra menggunakan transformasi wavelet haar untuk memperoleh citra yang dimensinya lebih kecil yaitu berukuran 32 x 32. Proses deteksi objek diawali dengan perubahan ruang warna RGB menjadi L*a*b Setelah melakukan perubahan ruang warna hasil perubahan digunakan sebagai input pada segmentasi citra menggunakan algoritme K-Means. Objek yang terdeteksi kemudian di cropping secara otomatis sesuai dengan lebar maksimum object yang terdeteksi. Citra hasil cropping inilah kemudian yang akan dilakukan proses kompresi menggunakan algotritma wavelet haar. Pengujian yang dilakuakn dalam penelitian ada dua yaitu bagaimana metode K-means mendeteksi objek yang terdapat pada citra dan perubahan dimensi citra setelah dilakukan tahap kompresi. Dari 9 data citra yang diuji menggunakan metode K-means tingkat keberhasilannya mendeteksi objek mencapai 77,7%. Kemudian hasil uji kompresi citra dimana kelima citra tersebut memiliki dimensi citra yang bervariasi hasilnya setelah dilakukan proses kompresi dimensi citra masing- masing berukuran menjadi 32 x 32.
Download

K-means, wavelet haar, kompresi

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

27

Septian Dwi Kurniawan

"Identifikasi Citra Daun Dengan Menggunakan Metode Deep Learning Convolutional Neural Network (CNN)"

Dalam dunia pemograman metode deep learning convolutional neural network (CNN) mungkin sangatlah jarang kita dengar, karena memang metode ini baru di populerkan sekitar tahun 2015, dan kali ini saya akan melakukan suatu percobaan menggunakan metode ini, yang dimana saya akan melakukan percobaan tentang sistem identifikasi citra daun yang pengaplikasian nya hampir mirip dengan sistem pengenalan wajah, sistem pengidentifikasian citra daun ini sendiri terdiri dari tahap deteksi dan klasifikasi. Kedua tahap tersebut begitu cepat dilakukan oleh manusia tetapi butuh waktu yang lama bagi komputer. Pengaplikasian nya pun menggunakan software MATLAB 2018a, Dengan metode CNN kita dapat mengetahui klasifikasi data citra serta dapat melakukan proses identifikasi citra dengan baik.
Download

Software MATLAB 2018a, laptop, citra daun, CNN

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

28

Teguh Haryanto

" Rancang Bangun Mesin Penetas Telur Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Dan Sensor Suhu"

Dewasa ini semakin banyak kebutuhan pokok yang diperlukan sangant cepat, dimana diperlukan bantuan mesin dan atau robotik untuk membantu produksi konsumsi pakan lebih cepat dan efektif. Dengan ini penulis membagikan sebagian cara untuk menetaskan telur ayam tanpa indukan, dimana alat produksi ini sangat membantu para peternak ayam guna menghasilkan telur cepat menetas. Alat kerja yang penulis buat adalah sebuah program Mikrokontroler yang dapat mengatur sistem kerja suhu penetasan telur, mengatur gerak putar telur, menjaga kestabilan kelembaban ruang penetas. Dengan ini penulis berharap dapat membantu para peternak ayam.
Download

mikrokontroler, penetas, telur, ayam, autometik

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

29

Raini Tri Supriyo

"Analisa Kapasitas Daya Listrik Workshop PT. Bumi Intan Gemilang"

PT. Bumi Intan Gemilang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang repair, service dan fabrikasi, yang memakai daya gardu induk sebesar 200 KVA. Selain itu juga terdapat sebuah Generaor Set dengan kapasitas 250 HP yang digunakan untuk mengcover daya sewaktu - waktu daya dari PLN mati. Oleh karena menjadi bagian penulis untuk melakukan penganalisa analisis kapasitas beban yang terpakai dan apakah generator set yang ada bisa mengcover. Yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas daya yang digunakan dan berapa besar daya puncak saat seluruh mesin produksi dihidupkan secara bersamaan. Metode penulisan yang digunakan dalam menyelesaikan tugas akhir ini dilakukan melalui studi literatur dan observasi lapangan. Hasil analisis data arus listrik yang terkumpul dari setiap mesin, kemudian diolah dengan penghitungan arus dan kapasitas daya yang digunakan. Dari data yang sudah terkumpul dan diolah kemudian dianalisa, dan dapat disimpulkan, bahwa untuk Arus Awal sebesar 237.9A dengan Daya Awal sebesar 157.7 kW. Dan untuk Arus Running sebesar 403.5A dengan Daya Running sebesar 290 kW. Dari data yang diperoleh dan dianalisi maka didapat besar daya puncak saat semua mesin - mesin dinyalakan adalah sebesar 157.7 kW untuk daya awal dan 290 kW untuk daya running.
Download

Kapasitas Daya Listrik, Generator Set, PT. Bumi Intan Gemilang

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

30

Ramos Ruliyan S.J.K

"Evaluasi Brushless Alternator Untuk Menekan Angka kerusakan Pada Unit Forklift Mitsubishi FD70 Di PT. Liebher Indonesia Perkasa"

Forklift Mitsubishi Fd70 mempunyai suatu sistem yang sangat penting yaitu sistem (Charging System), Pada charging system ada salah satu komponen yang sangat penting yaitu Alternator yang berfungsi sebagai pembangkit listrik yang akan di pergunakan untuk pengisian battery. Pada alternator brush berfungsi sebagai penyuplai arus listrik ke rotor untuk menghasilkan kemagnetan dan mengalirkan arus ke kumparan rotor melalui slip ring. Rumah sikat atau brush holder berfungsi sebagai tempat sikat arang atau carbon brush. Pada alternator brush membutuhkan perawatan yang rumit, dan apabila putaran alternator mencapai waktu yang cukup lama, maka suplai tegangan ke aki akan menurun di karenakan panas berlebih dan banyak jumlah gesekan pada carbon brush, jika terjadi kerusakan pada carbon brush memerlukan biaya operasional yang tidak kecil pada perusahaan. Karena kondisi perusahaan yang menurun, maka untuk menekan angka kerusakan pada alternator brush perusahaan melakukan proses penggantian alternator ke tipe brushless untuk mengurangi adanya perawatan dan menekan angka kerusakan yang berlebih, di karenakan pada tipe alternator brushless memiliki keunggulan dalam menghasilkan power output yang lebih besar 47 watt pada saat putaran cukup lama dikarenakan tidak lagi menggunakan carbon Brush. Dengan adanya pergantian ini diharapkan dapat menekan angka kerusakan pada alternator sehingga unit dapat bekerja tanpa adanya masalah pada kelistrikan.
Download

Alternator, brush, brushless, charging system

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

31

Restu Utama

" Perancangan Sistem Kendali Tempat Sampah Berbasis Mikro Kontroler Arduino Uno"

Alat prototipe tong sampah otomatis ini menggunakan Arduino Uno ATMega328. Metode yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan objek ini adalah metode desain yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: 1) Analisis kebutuhan, 2) Desain, 3) Implementasi rangkaian. Alat ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri dari sensor ultrasonik HC-SR04, Motor Servo, Papan, Kabel Jumper, sistem minimum Mikrokontroler ATMega328 sebagai sirkuit kontrol input dan output, sedangkan perangkat lunak dibuat menggunakan program Arduino yang mirip dengan C (Arduino) bahasa pemrograman. Pada pembacaan data jarak Sensor Ultrasonik diperoleh tingkat akurasi rata-rata 99,55%, deteksi Sensor Ultrasonik 1 di tempat sampah maksimum 10 cm, sedangkan untuk Sampah dalam kondisi penuh yang akan terdeteksi oleh Sensor Ultrasonik 2 maksimal 5 cm. Berdasarkan jarak yang telah ditentukan, kondisi terdeteksi pada Sensor Ultrasonik 1 jika ada benda yang mendekat dengan jarak kurang dari 10 cm, mikrokontroler akan menggerakkan motor servo untuk membuka dan menutup tempat sampah yang dapat tutup secara otomatis. Sedangkan untuk kondisi yang terdeteksi di Ultrasonic Sensor 2, jika tempat sampah penuh dengan jarak kurang dari 5 cm, maka secara otomatis akan mengunci Motor Servo. Untuk kerja tempat sampah otomatis menggunakan mikrokontroler ATMega328 secara keseluruhan digunakan secara efektif untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.
Download

arduino, HC-SR04, motor servo, desain, bahasa pemrogaman c++

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

32

Aris Rahmat

"Analisis Perbandingan Daya Listrik yang Dihasilkan Oleh Panel Surya Sebagai Konversi Energi Listrik dengan Menggunakan Solar Controller PWM Dan MPPT"

Solar Charge Controller is a mention for one component of this control functions to regulate battery charging, according to the level of battery capacity needs, so as to achieve the ideal full capacity of the battery, SCC which is widely used now has two main types, namely Pulse Width Modulation ( PWM) and Maximum Power Point Tracking (MPPT) type. From the results of testing and comparative analysis of Solar Cell Circuits using Solar Controller TS-MPPT-60 and PWM Visero the quality of battery charging at night gets the value of the voltage located on the solar panel is between 9.98 V - 11 V with current values the same is 0.00 A. Where the value of charging the battery on the PWM is 11 V and MPPT 9.98 V while for the current they both get 0 A. While the quality of battery charging during the day to get the value of the voltage that is on the solar panel sent to the battery is between 12.9 V - 14 V, where the value of charging the battery in PWM is 12.9 V and MPPT is 14 V with different current values of 1.0 A for MPPT and 0.6 A for PWM. Solar Charge Controller adalah sebuah penyebutan untuk satu komponen kontrol ini berfungsi untuk mengatur pengisian daya baterai, sesuai dengan tingkat kebutuhan kapasitas baterai,sehingga mampu mencapai kapasitas penuh ideal dari baterai, SCC yang banyak di gunakan sekarang ini memiliki dua tipe utama yaitu Pulse Width Modulation (PWM) dan tipe Maximum Power Point Tracking (MPPT). Dari hasil pengujian dan analisis perbandingan Rangkaian Panel Surya ( Solar Cell ) dengan menggunakan Solar Controller TS-MPPT-60 dan PWM Visero kualitas pengisian baterai pada malam hari di dapatkan nilai tegangan yang berada pada panel surya adalah antara 9.98 V – 11 V dengan nilai arus yang sama adalah 0.00 A. Dimana nilai pengisian baterai pada PWM adalah 11 V dan MPPT 9.98 V sedangkan untuk arus nya keduanya mendapatkan 0 A. Sedangkan kualitas pengisian baterai pada siang hari di dapatkan nilai tegangan yang berada pada panel surya di kirim ke baterai adalah antara 12.9 V – 14 V, dimana nilai pengisian baterai pada PWM adalah 12.9 V dan MPPT adalah 14 V dengan nilai arus yang berbeda adalah 1.0 A umtuk MPPT dan 0.6 A untuk PWM.
Download

Perbandingan Solar Charge Controller Tipe PWM dan MPPT

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

33

Shintya Adhe Putri

"Mesin Penggorengan Jalangkote (Pastel) Otomasi Untuk Meningkatkan Mutu Dan Kualitas Produksi Usaha Di Balikpapan "

Skripsi ini berjudul “PERANCANGAN PROTOTYPE MESIN PEMBERSIH KABEL TRANSMISI LISTRIK BERBASIS INTERNET” yang bertujuan untuk mempermudah membersihkan jalur kabel transmisi listrik dari kotoran yang terdapat dijalur kabel transmisi yang digunakan adalah Arduino UNO sebagai komponen utama, L298N sebagai Driver Motor elektrik yang berfungsi sebagai media penggerak motor Dinamo. Metode penullisan dalam skripsi ini adalah kuantitatif. Alat ini dapat membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat dijalur kabel transmisi listrik dengan pemotong yang digerakkan dengan motor dinamo, alat tersebut memotong searah jarum jam dan sebaliknya. Berdasarkan hasil uji coba pada alat, bahan pemotong yang terbuat dari Arcylic kurang efisien dalam memotong kotoran – kotoran keras yang menyangkut pada kabel transmisi listrik. Sedangkan pada bahan yang terbuat dari grinda besi lebih efisien dalam memotong kotoran yang menyangkut pada kabel transmisi listrik.
Download

esp8266, Arduino, L298N, Battery Li-Po,

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

34

Eka Surya Pangestu

Studi Potensi Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di PT. Altrak 1978 Balikpapan

Bahan bakar fosil yang semakin menipis membutuhkan energi terbarukan. Untuk itu diperlukan energi alternatif yaitu energi angin. Energi angin tersebut dapat dirancang menjadi pembangkit listrik tenaga angin (PLT Bayu). PLT Bayu yang direncanakan di gedung office PT. Altrak 1978 ini menyuplai 10% beban dari total beban gedung office PT. Altrak 1978. Penelitian ini diawali dengan studi literatur tentang angin serta pengumpulan dan pengolahan data kecepatan angin yang berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), satelit NASA dan pengolahan data dari anemometer sehingga didapatkan potensi angin dan juga dapat menentukan turbin yang cocok untuk digunakan untuk pembangkit listrik tenaga bayu yang ada di wilayah gedung office PT. Altrak 1978. Dengan potensi angin yang ada di wilayah gedung office PT. Altrak 1978 maka dipilih turbin angin yang cocok diterapkan pada gedung office PT. Altrak 1978 yaitu turbin angin vertikal. Untuk menyuplai beban 10% maka ditentukan komponen PLTB turbin angin sejumlah 854 buah, baterai sejumlah 196 buah, rectifier 854 buah, 1 buah inverter kapasitas 28kW.
Download

Angin, PLT Bayu, Analisis kelayakan ekonomi PLT Bayu

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

35

Satriyo Budianto

Aplikasi Ketersediaan Stok Barang Pada Laboratory SOS Berbasis Web

Teknologi informasi semakin berkembang pesat dan telah menjadi salah satu kebutuhan di era digital sekarang ini. Pada laboratorium SOS informasi yang disimpan sangat menyita waktu dalam hal pengarsipan . oleh karena itu akan dibuat sistem informasi laboratorium agar memudahkan pengguna maupun pengurus laboratorium dalam pengolahan dan penyimpanan data laboratorium terutama pada pengarsipan daftar ketersediaan stok consumable part yang digunakan seperti larutan CRM, Chemical Solvent, dll. Sistem informasi ini dibangun menggunakan metode rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan MySql sebagai database nya. Sistem informasi ini dibuat berdasarkan kebutuhan yang ada di Laboratorium SOS. Sistem informasi yang telah dibuat dalam memudahkan personil Lab untuk dapat memonitor jumlah stok yang ada pada Laboratorium setiap saat serta mampu mengolah data yang ada pada laboratorium termasuk dalam hal inventaris
Download

PHP, MySql, Database, Web base applications, HTML

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

36

Rahmat Septiyan

Analisa Hilang Daya Pada Generator Sinkron 3 Fasa (6.6 KV) 11MVA Type 1DT4038-3EEE02-Z

Hilangnya daya pada generator sinkron 3 fasa disebabkan oleh rugi-rugi pada generator yang terdiri rugi tembaga, rugi mekanik, rugi inti dan rugi beban hilang. analisis hilangnya daya pada generator sinkron 3 fasa dilakukan untuk mengukur kemampuan atau performa dari generator terhadap beban. metode yang digunakan adalah kualitatif dan perhitungan dengan analisis matematis berdasarkan pengukuran ataupun data yang diperoleh. total hilangnya daya pada generator dari perhitungan adalah pada beban 25% sebesar 172,218 kilowatt, beban 50% sebesar 190,102 kilowatt, beban 75% sebesar 218,393 kilowatt dan beban 100% sebesar 257,56 kilowatt. dan dengan nilai output daya pada beban 25% sebesar 2.110 kilowatt, beban 50% sebesar 4.398 kilowatt, beban 75% sebesar 6.598 kilowatt dan beban 100% sebesar 8.797 kilowatt. persentasi efisiensi atau performa pada generator adalah 92,4 % pada beban 25 %, 95,8 % pada beban 50 %, 96,7 % pada beban 75 % dan 97,1 % pada beban 100 %.
Download

Kata Kunci : Generator Sinkron, rugi-rugi, hilangnya daya, output daya, efisiensi.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

37

Fajar Setiawan

Evaluasi Fire Alarm berbasis Full Addressable dan Fire Camera di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan

ABSTRAK Keselamatan manusia adalah faktor utama yang menjadi pertimbangan ketika terjadi kebakaran pada suatu bangunan, pabrik, atau pada fasilitas umum seperti bandar udara, pusat perbelanjaan dan lain-lain. Para penghuni banguna tersebut harus mendapatkan informasi atau peringatan dini pada saat terjadi kebakaran. Peringatan dini atau yang dikenal dengan alarm harus dapat mendeteksi dengan baik agar penghuni yang berada ditempat kejadian memiliki waktu untuk segera melakukan evakuasi. Alarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitauan. Dalam istilah jaringan, alarm dapat juga didefinisikan sebagai pesan berisi pemberitahuan ketika terjadi penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data ataupun ada peralatan yang mengalami kerusakan (penurunan kinerja). Pesan ini digunakan untuk mempringatkan operator atau administrator mengeni adanya masalah (bahaya) pada jaringan. Alarm memberikan tanda bahaya berupa sinyal,bunyi, ataupun sinar. Agar tidak terjadinya kebakaran awal dapat diproteksi dengan adanya Fire Alarm berbasis Full Addressable dan Fire Camera guna untuk memberi peringatan kepada para pengunjung/pelanggan untuk menyelamatkan diri. Dan memonitor langsung lokasi kejadian kebakaran tersebut yang dapat terkoneksi lewat MCFA ( Master Control Fire Alarm ), terdapat beberapa MCFA ( Master Control Fire Alarm) di terminal Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.
Download

Kata kunci: Proteksi Kebakaran Aktif, Kebakaran Terminal, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

38

Muhammad Rizky Prasetyo

Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tingkat Type 96 Dengan Daya 3300VA 16 Ampere Tegangan 220 Volt 1 Phasa Di Perumahan Grand City Balikpapan

Semakin tingginya minat masyarakat Balikpapan untuk memiliki rumah idaman,Sinar Mas Land kembali meluncurkan proyek terbaru di Kota Balikpapan Kalimantan Timur yakni Perumahan Grand City Balikpapan merupakan salah satu perumahan besar di Balikpapan,Oleh karena itu untuk menjaga existensi tersebut di perlukan bangunan yang sesuai standar kelayakan.Pembangunan Perumahan Grand City ini tidak lepas dari kebutuhan energi listrik khususnya dalam instalasi listrik dan penerangan dikarenakan hal ini merupakan hal yang paling penting. Perencanaan sistem instalasi listrik pada suatu bangunan haruslah mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan PUIL 2000 dan Undang–Undang Ketenagalistrikan 2002. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai informasi tentang pentingnya instalasi listrik yang aman sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan PUIL 2000, Penelitian ini dilakukan dengan perhitungan jumlah titik lampu pada setiap ruang,perhitungan luas penghantar dan pengaman serta merencanakan panel hubung bagi. Pada perumahan Grand City Balikpapan kapasitas daya terpasang sebesar 3300 VA 16A tegangan 220 Volt dengan pambagian 4 grup beban yang terdiri dari Beban Total Lampu Lantai I sebesar 192 Watt. Beban Total Lampu Lantai I1 sebesar 143 Watt. Beban Total Stop Kontak Lantai I sebesar 2000 VA dan Beban Total Stop Kontak Lantai II sebesar 800 VA
Download

Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tingkat

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

39

Tamara Octa Dana

Identifikasi Wajah dengan Segmentasi Warna Kulit Menggunakan Metode Viola Jones

Pendeteksian wajah (face detection) adalah salah satu tahap awal yang sangat penting sebelum dilakukan proses pengenalan wajah (face recognition). Deteksi wajah adalah deteksi objek berupa wajah yang didalamnya terdapat fitur – fitur khusus yang merepresentasikan bentuk wajah pada umumnya. Salah satu metode deteksi wajah adalah dengan metode Viola Jones. Metode Viola Jones digunakan untuk mendeteksi wajah dan segmentasi warna kulit, pengolahan data uji menggunakan Matlab dan capture pada Smartphone. Uji coba dilakukan pada intensitas cahaya normal dengan jarak dan posisi wajah yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat akurasi deteksi citra wajah variasi posisi citra wajah menghadap ke depan (frontal), kesamping kiri dan kanan 45̊. Namun memiliki kelemahan dari sistem deteksi wajah ini yaitu tidak dapat menentukan wajah pada gambar yang memiliki wajah tidak tegak (miring) atau tidak frontal (menghadap ke samping) sudut 90̊. Posisi wajah yang tegak/tidak tegak sangat menentukan keberhasilan deteksi wajah ini.
Download

Face Detection, Face Recognition, Viola Jones

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

40

Tommy sihotang

Ekstrasi Ciri Menggunakan Algoritma Discrete Wavelet Transform (DWT) Dan Principal Component Analysis (PCA) Pada Warna Kulit Wajah

Kemajuan teknologi yang sangat pesat ini memungkinkan adanya berbagai usaha untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi manusia. Perkembangan teknologi ini juga harus diikuti dengan perkembangan pada sumber daya manusia (SDM). Dalam bidang biometric recognition yang menjadi salah satu cabang penelitian oleh para penikmat teknologi informasi. Biometric itu sendiri merupakan metode untuk mengenali manusia berdasarkan pada satu atau lebih ciri fisik manusia tersebut. Ada beberapa jenis teknologi Biometric antara lain face recognition,iris recognition dan voice recognition. Pada Pekerjaan tugas akhir ini saya menggunakan jenis teknologi face recognition,yang dimana teknologi ini akan mempermudah kita untuk mengenal suatu objek yang kita tangkap dalam bentuk fisik. Menentukan software pendukung dalam membantu dalam proses perancangan. Dari penghasilan tugas akhir ini Sistem Diskret Wavelet Trasform (DWT) yang bertujuan untuk mencari Karakteristik dalam setiap pola – pola citra dan Pancipal Component Analysis ( PCA ) untuk Sistem pengenalan dari hasil dari DWT dapat mengenali orang yang dituju dengan tepat.Hasil yang diporelah dari penelitian ini adalah 100% dari tiap Sample
Download

Segementasi Warna ,Diskrete Wavelet Trasform (DWT), Pancipal Component Analysis (PCA)

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

41

Slamet Wahyudi

Evaluasi citra kerusakan pada panel distribusi listrik tegangan rendah berdasarkan termografi inframerah

Perubahan energi listrik menjadi energi panas pada gangguan panel distribusi listrik tegangan rendah menyebabkan peningkatan suhu, hal inilah yang membuat termografi dengan menggunakan kamera inframerah menjadi sebuah metode yang efektif untuk mendeteksinya, namun seringkali ditemukan terjadi salah intepretasi saat citra termal yang dihasilkan dari kamera inframerah tersebut diolah lebih lanjut sehingga menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan mengenai tindakan yang harus diambil selanjutnya. Melalui penelitian ini diperkenalkan metode pengoperasian dan pengambilan citra termal dengan menggunakan kamera inframerah sesuai standar prosedur operasi yang benar, sehingga diharapkan dengan menerapkan standar prosedur pengoperasian dilapangan dan teknik validasi yang benar akan meminimalisir kesalahan intepretasi yang berdampak pada keputusan dan tindakan perbaikan.
Download

Inframerah, Termografi, Citra Termal, Standar Pengoperasian.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

42

Darwis parawiro

PENGAMAN GANDA SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM SMART SECURITY

Alat sistem pengaman ganda ini dirancang untuk mengamankan sepeda motor dari adanya kejadian pencurian ketika sepeda motor ditempatkan pada tempat yang tidak ada pengawasan dari pemiliknya. Pada umumnya pengaman sepeda motor terdiri dua macam yaitu elektrik dan nonelektrik. Salah satu contoh yang paling banyak digunakan dari kedua pengaman tersebut adalah menggunakan alarm dengan elektrik dan yang nonelektrik menggunakan kunci stir. Namun, pada kedua contoh alat pengaman tersebut belum bisa diandalkan jika sepeda motor berada di tempat yang kurang pengawasan, di pastkan pemilik tidak dapat memantau motor tersebut. Sehingga tujuan dari alat pengaman ganda yang berbasis Arduino ini dirancang untuk mengamankan sepeda motor secara efektif karena dilengkapi dengan GPS yang digunakan untuk melacak lokasi koordinat sepeda motor tanpa dibatasi jarak. Alat dilengkapi modul GSM sebagai komunikasi antara pemilik dengan alat pengaman sehingga pemilik dapat memantau sepeda motornya dari jarak jauh, yaitu menggunakan SMS. Bila SMS tersebut dikirimkan ke nomor handphone yang dipasang pada GSM modul dengan SMS perintah yang sesuai maka alat akan bekerja sesuai SMS perintah tersebut.
Download

Alat pengaman, Sepeda motor, GSM, GPS

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

43

Hardiansyah Salam

Perancangan alat pendeteksi gas polutan (Co) suhu panas pada gedung parkir berbasis mikrokontroler

Udara mempunyai arti yang sangat penting di dalam kehidupan makluk hidup dan keberadaan benda lainnya. Sehingga udara merupakan sumber daya alam yang harus dilindungi untuk kehidupan manusia dan makluk hidup lainnya. Untuk mengetahui tingkat pencemaran udara diperlukan suatu alat sebagai pemantau kualitas udara. Penelitian ini bertujuan untuk Merancang dan membuat alat pengukur tingkat polusi udara dan suhu panas pada gedung parkir berbasis mikrokontroler dengan menggunakan sensor MQ 7 dan LM35, sehingga dapat mengetahui berapa besar tingkat polusi udara dan suhu panas pada suatu ruang gedung parkir dan juga cara menghilangkan polusi dan suhu panas tersebut. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar tingkat polusi udara pada suatu ruangan atau daerah yang tercemar gas polutan terutama gas karbon monoksida (CO) dan suhu panas di gedung parkir. Penelitian ini dillakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung dan melakukan wawancara terhadap pengunjung Hartono Mall,yang melakukan aktifitas di gedung parkir. Perancangan alat pendeteksi Gas polutan (CO) dan Suhu panas pada gedung parkir indoor ini dapat mengidentifikasi kadar udara berbahaya dari gas buang kendaraan bermotor dan juga mempermudah pengunjung untuk melihat informasi dari besaran polusi udara dan suhu panas yang terjadi melalui LCD.
Download

CO, Mikrokontroler, Suhu, Sensor, dan LCD

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

44

M. Jawaluddin isnain

EVALUASI SISTEM PENTANAHAN PADA GARDU INDUK KARANG JOANG

Gardu induk sebagai salah satu bagian sistem tenaga listrik yang mempunyai fungsi amat penting dalam penyaluran tenaga listrik dari pusat pembangkit menuju beban. Apabila dikaitkan dengan keandalan sistem pelayanan maka sistem tenaga listrik harus mampu memberikan keamanan yang baik peralatan yang terpasang maupun bagi makhluk hidup yang berada di sekitar gardu induk tersebut. Pada Gardu Induk harus memiliki sistem pembumian yang handal yang memenuhi standar aman bagi manusia dan peralatan yang berada di area gardu induk. Mengetahui nilai resistensi sistem pentanahan gardu induk 150 kv karang joang, menghitung nilai tegangan sentuh dan tegangan langkah yang diijinkan dan nilai tegangan sentuh dan tegangan langkah b yang sebenarnya gardu induk 150 kv karang joang, mengetahui batas aman dari sistem pentanahan gardu induk karang joang. Dari hasil evaluasi dan perhitungan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. hasil pengukuran nilai tertinggi pentanahan 17 ohm di BAY LINE no 1 Arah Senipah fasa S dan nilai terendah pentanahan 0,02 ohm di BAY COUPLE 150 kv fasa T. NIlai hasil perhitungan tegangan sentuh yang di izinkan yaitu sebesar 737 volt sedangkan tegangan sentuh maksimum yang sebenarnya yauti sebesar 735,930 votl. Nilai hasil perhitungan tegangan langkah yang di izinkan yaitu sebesar 835,137 volt. dari hasil perhitungan tahanan pentanahan gardu induk karang joang adalah = 3,4 ohm. Harga pentanahan lebih besar dari persyaratan yaitu sebesar <1 Ohm, tetapi yang dijadikan persyaratan adalah batas tegangan sentuh yang terjadi akibat arus hubung singkat. Jadi lebih terlihat bahwa dengan tahanan kecil belum tentu keamanan terjamin untuk arus hubgung singkat yang besar, sebaliknya untuk arus hubung singkat yang kecil dapat terjamin walaupun tahanan pentanahan cukup besar.
Download

Gardu Induk

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

45

Kayan Manggala

Analisa Kebutuhan Tenaga Listrik Di Gedung Serbaguna Universitas Balikapapan

Semakin tingginya masyarakat untuk melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi di Balikpapan. Universitas Balikpapan salah satu perguruan tinggi yang dikenal masyarakat Kalimantan. Universitas Balikpapan memiliki beberapa jurusan yang sangat diminati oleh masyarakat yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi, Universitas Balikpapan memiliki beberapa gedung perkuliahan yang dipakai kegiatan dan perkuliahan.Salah satu gedung Universitas Balikpapan sering terjadi gangguan yang mengakibatkan padamnya listrik. Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan daya listrik ,. Untuk mendukung kegiatan tersebut, maka desain sistem tenaga listrik dan instalasi harus mendukung seluruh sistem gedung tersebut. Dari hasil Analisa dan perhitungan ssitem instalasi pada gedung Serbaguna Universitas Balikpapan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Hasil anlisa dan perhitungan pada panel utama (MDP) didapat Beban terpasang= 43.740 watt.,Beban maksimum 43.740 watt.Beban rata-rata 13.122 watt Kapasitas daya terpasang dari PLN sebesar 105 KV dan suplai daya listrik cadangan generator sebasar 135 KVA, Sehingga kapasitas tersebut lebih dari cukup dan memenuhi untuk menyuplai daya listrik pada gedung Serbaguna Universitas Balikpapan Hasil analisa dan perhitungan pada gedung serbaguna Universitas Balikpapan 3 Lantai didapatkan pembagian beban yang tidak merata seperti putusnya fuse dan mengakibatkan sering terjadinya gangguan pada sistem instalasi listrik.
Download

Kebutuhan listrik

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

46

Aziz Amirulloh

OPTIMASI ISOLASI MINYAK TRAFO 30 MVA /150 KV TANPA PEMADAMAN MENGGUNAKAN METODE PURIFIER DI GI MANGGAR SARI

Minyak transformator merupakan salah satu bagian yang penting untuk menjaga unjuk kerja transformator. Oleh karena itu diperlukan metode untuk menentukan bagaimana kondisi isolasi minyak transformator sehingga dapat ditentukan kondisi transformator pada saat itu dan perkiraan kondisi pada masa mendatang. Untuk menentukan indikasi awal kegagalan pada minyak transformator yaitu menggunakan metode DGA (Dissolved Gas Analysis). DGA (Dissolved Gas Analysis) merupakan pengujian minyak dengan menentukan kegagalan gas terlarut dalam minyak sehingga dapat segera di tindak lanjuti. Indikasi kegagalan yang timbul dengan thermal-selulosa pada temperatur rendah antara 150 °C - 300 °C. Dan hasil pada kadar air dan tegangan tembus pada minyak transformator dalam kondisi batasan buruk, maka perlu dilakukan purifikasi atau filter. Proses purifikasi online merupakan proses filtrasi pada minyak transformator yang dilakukan saat peralatan tidak padam. Proses purifikasi online dilakukan karena untuk mendukung projectyang dikerjakan di AP2B Sistem Kaltim agar dapat mengoptimalkan unjuk kerja transformator tanpa melakukan pemadaman.
Download

isolasi minyak, indikasi kegagalan minyak, pengujian DGA dan karakteristik minyak, purifikasi online

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

47

Ade syahrilyansyah

Perencanan KHW meter menggunakan ardiuno uno

ABSTRAK Listrik sudah menjadi kebutuhan dasar setiap orang.Peralatan rumah tangga dengan menggunakan listrik telah menjadi kebutuhan dasar manusia saat ini.Dibutuhkan alat monitoring agar diketahui berapa besar daya yang digunakan dan estimasi biaya yang harus dibayarkan.Alat yang dirancang untuk memonitor ini membutukan sensor arus, sensor tegangan, serta arduino.Sensor arus menggunakan sensor ACS 712 Atau menggunakan SCT013 yang befungsi untuk mendeteksi berapa besar arus yang mengalir.Untuk sensor tegangan menggunakan trafo step down yang berfungsi mendeteksi tegangan.Serta dibutukan arduino untuk mengolah data yang didapat. Hasilnya dapat ditampilkan pada lcd 20x4 yang digunakan. Dari hasil pengujian yang didapat melalui pengukuran menggunakan sensor arus ACS 712 didapat error sebesar 3% dan untuk pengujian tegangan didapat error sebesar 0.33%. Pada pengukuran daya, kWh, serta estimasi biaya pada peralatan listrik (kipas, kulkas, rice cooker, dan setrika) didapatkan hasil bahwa ricecooker dan setrika memiliki pemakaian paling besar selama 5 menit. Rice cooker menggunakan daya sebesar 278 Watt dengan kWh sebesar 0,02323 dan estimasi biaya sebesar Rp 34,11. Untuk Setrika menggunakan daya sebesar 284 Watt serta menghasilkan kWh sebesar 0,02374 dengan biaya sebesar Rp 34,85.
Download

Kwh, Ardiuno uno

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

48

Agus Tri Sukhatta

Perancangan sistem pemantau anak dengan GPS berbasis web

Perkembangan teknologi pada OS Android sudah sangat menunjang untuk mendukung adanya fitur GPS (Global Positioning System) yang merupakan sisyem navigasi dari satelit yang sudah banyak diterapkan dalam berbagai bidang. Dengan adanya GPS pada handphone banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah mengetahui posisi keberadaan anak saat beraktivitas diluar rumah. Pekerjaan yang kita miiki sering kali menyita waktu sehingga tidak dapat mengawasi keluarga dan anak-anak. Sehingga dengan adanya aplikasi ini bisa dapat dengan mudah melacak atau memantau posisi terakhir seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang mampu melacak atau memantau keberadaan seseorang dengan memanfaatkan fasilitas GPS yang terdapat pada handphone. Perangkat yang digunakan adalah NodeMcu ESP 8266 maka pastinya menggunakan software Arduino IDE dalam programannya yang bisa langsung terhubung dengan Web. Inti dari penelitian ini terletak pada data-data latitude dan longitude yang dikirimkan oleh handphone ke server. Data dan informasi yang di tampilkan pada aplikasi ini diharapkan dapat membantu masalah bagi orang tua untuk mengetahui posisi anak atau keluarganya berada.
Download

GPS, Handphone, NodeMcu ESP8266, OS Android

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

49

Didik Indrawan

Purwarupa Smart Classroom dengan Mikrokontroler Berbasis IoT

Penelitian tentang sistem smart classroom dengan mikrokontroler berbasis IoT bertujuan untuk memonitoring keadaan di kelas dan mengontrol peralatan elektronik di dalamnya dari jarak yang jauh sekalipun dengan memanfaatkan jaringan internet. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti NodeMCU sebagai otak sistem, sensor LDR, sensor DHT11, sensor PIR, LCD, dan relay. Alat ini dapat memonitoring suhu dengan tingkat error 3.73% namun masih dalam nilai baik, mendeteksi intensitas cahaya dengan nilai hambatan paling kecil pada siang hari, dan mendeteksi infra merah sampai jarak 400 Cm dari pergerakan manusia di dalam ruangan kelas. Serta dapat mengendalikan output berupa alat-alat listrik yang telah terhubung dengan sistem dari jarak jauh hingga 3 Km bahkan tidak terbatas jarak dengan catatan sistem harus terhubung ke internet dengan aplikasi Blynk yang telah terhubung ke internet juga. Salah satu penggunaan alat ini dapat diterapkan di ruang kelas ataupun ruangan lain khususnya di Universitas Balikpapan.
Download

Smart Classroom, NodeMCU, Smartphone, Sensor LDR, Sensor DHT11, Sensor PIR, Relay, Blynk

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

50

Afdhal Eka Kurniawan

PERANCANGAN PROTOTYPE ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG BERBASIS ARDUINO UNO R3 DENGAN MODUL SIM800L DAN ESP8266 SEBAGAI MEDIA INFORMASI

The LPG (Liquefied Petroleum Gas) gas leak detection and monitoring system is an anticipatory measure for safety from hazards such as gas cylinder explosions. This research aims to build a detection system by integrating MQ-6 sensor, Arduino microcontroller and ESP8266. Data can then be displayed on the Blynk application and notifications will be given via the application and email. And this system has fulfilled the rules of the Internet of things, making it easier for the community in its application. Keywords – LPG, monitoring, microcontroller, Internet of Thing Sistem Pendeteksi dan Monitoring kebocoran gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan sebuah langkah antisipasi untuk keamanan dari bahaya seperti ledakan tabung gas. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendeteksi dengan mengintegrasikan sensor MQ-6 , mikrokontroler Arduino dan ESP8266. Data dapat kemudian ditampilkan pada aplikasi Blynk dan notifikasi akan diberikan melalui aplikasi dan email. Dan sistem ini telah memenuhi kaidah Internet of things, sehingga mempermudah masyarakat dalam pengaplikasiannya. Kata kunci – LPG, monitoring, mikrokontroler,Internet of Thing
Download

LPG, monitoring, mikrokontroler,Internet of Thing

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

51

Juheri Valentino Silitonga

Segmentasi dan identifikasi coin dengan menggunakan camera pada conveyor

Sistem konveyor adalah sistem mekanik yang memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Konveyor sangat berguna untuk penggunaan transportasi berat atau material sangat besar yang harus dipindahkan sangat cepat dengan jumlah yang sangat banyak dan berkelanjutan. Tujuan tugas akhir ini untuk mendesain sistem yang bisa mendeteksi coin secara automatis menggunakan citra digital dan metode analasis. Perangkat lunak yang digunakan adalah Visual C++ 2017 Community yang menyediakan fasilitas pencitraan digital dan perangkat keras yang digunakan motor servo dan Arduino. Hasil dari pergerakan motor, deteksi dan segmentasi koin didapatkan keberhasilan 95%.
Download

Koin, pengolahan citra, kamera, minimum sistem arduino.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

52

Yopi Praditya

PERANCANGAN ALAT MONITORING JARAK PARKIR BERBASIS WEB DENGAN RASPBERRY PI 3

Parkir merupakan salah satu komponen suatu sistem transportasi yang perlu dipertimbangkan dalam setiap kebijakan. masalah yang selalu timbul dalam sistem perparkiran adalah kurangnya informasi mengenai status jarak aman parkir, untuk itu diperlukan sebuah sistem monitoring jarak parkir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah monitoring jarak aman saat parkir dan mengetahui jumlah kendaraan yang masuk dan keluar.Pada sistem yang dirancang kali ini dilengkapi dengan Sensor Ultrasonik di beberapa titik yang mampu mengendalikan gerbang parkir yang menggunakan motor Servo SG90 sebagai hardware dan mengetahui jarak untuk di tampilkan pada LCD Char 16x2. Jarak aman yang akan tampil pada LCD Char yang di hasilkan dari sensor Ultrasonik adalah antara 26.00 cm sampai 30.00 cm jika tidak ada kendaraan yang terdeteksi , dan 2.00 cm sampai 5.00 cm jika ada kendaraan yang terdeteksi. Perangkat lunak yang digunakan pada sistem ini dirancang dengan menggunakan bahasa Python 3.
Download

Parkir,Raspberry Pi 3 ,Sensor Ultra Sonik, Python 3,Monitoring.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

53

Lzan Bagus Perkasa

PENGENALAN IDENTITAS PEMBICARA BERDASARKAN NILAI DISKRIMINASI JARAK EUCLIDEAN DARI VEKTOR CIRI DISCRETE WAVELET TRANSFORM

Di zaman yang modern ini pengolahan sinyal suara mulai ditingkatkan baik untuk mempermudah kita melakukan aktifitas dengan berbagai peralatan modern yang ada dan juga sebagai sistem keamanan. Pada penelitian ini akan dilakukan pengenalan pembicara menggunakan metode Euclidean distance dari vektor ciri Discrete Wavelet Transform (DWT) dengan mencari nilai diskriminasi jarak euclidean. Proses ini dilakukan dengan membandingkan kedekatan nilai jarak dari dua buah variabel yaitu antara citra uji dengan citra acuan untuk mencari nilai jarak terdekat yang mana nilai minimum pasangan data adalah pemenangnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat akurasi yang cukup baik dengan metode yang cukup sederhana yaitu sebesar 70% Kata kunci – discrete wavelet transform, euclidean distance, speaker recognition
Download

discrete wavelet transform, euclidean distance, speaker recognition

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

54

Saftiadi

PERANCANGAN SISTEM KONTROLER ALAT ELEKTRONIK RUMAH TANGGA BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DENGAN PERINTAH SUARA

Pengoperasian peralatan elektronik pada umumnya masih secara manual atau semi otomatis yang menggunakan remote atapun saklar di sekitar area alat. Dengan seiring perkembangan ilmu teknologi dan informasi yang semakin canggih, peralatan elektronik yang berada di rumah bisa dengan mudah kita kontrol dari jarak jauh apabila kita ingin melakukannya dengan tujuan dan maksud tertentu. Dalam kehidupan sehari hari, bisa kita terapkan dengan konsep rumah pintar, yaitu bisa mengontrol peralatan elektronik di rumah kita menggunakan Voice activation. Jadi bisa menyalakan atau mematikan alat elektronik yang berada di dalam rumah kita dengan menggunakan web server atau smart phone android, dengan syarat sudah terhubung dengan Bluetooth untuk akses kontrolnya. Dasar dari sistem ini bisa disebut juga dengan Voice activation .Dalam pembuatan alat ini penulis menggunakan mikrokontroler Arduino Uno, menggunakan Bluetooth modul HC-06 / HC-05, 4x resistor 330 Ohm, 4x LED Warna, kabel jumper dan smartphone android. Alat ini bisa mengontrol peralatan elektronik yang ada di rumah kita dengan menggunakan smart phone android yang telah terinstall aplikasi, koneksi pengontrolan menggunakan Bloetooth, sebagai akses kontrolnya.
Download

Sistem Kontrol, Mikrokontroler, Perintah suara, Arduino, Bluetooth

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

55

Firdaus Ridwan

Perancangan Aplikasi Ticketing Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Pada PT. SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

Firdaus Ridwan, Perancangan aplikasi ticketing mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pada PT. Swadharma Sarana Informatika Dibawah bimbingan dosen I Aswadul Fitri Saiful Rahman, S.T., M.Eng dan dosen II A. Asni B. S.T., M.Eng. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pekerjaan dan menginformasikan problem lebih cepat, lebih efisien dalam menginformasi suatu problem biar tidak terjadi durasi yang berjalan lama, maka di buatkan sebuah aplikasi ticketing tersebut. Dari hasil pengujian dengan kasus uji sample, maka dari itu perangkat lunak bebas dari kesalahan sintaks dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan
Download

Kata Kunci— Perancangan sebuah aplikasi ticketing. Cara kerja mesin ATM, Android, Tabel

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

56

Abdi Elman Girsang

Implementasi E-KTP Untuk Sistem Pembayaran Pada Kantin Basis Data Digital

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari berbagai penggunaan teknologi, terutama teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang sangat berpengaruh dalam berbagai aspek seperti sistem kontrol, pengidentifikasi, keamanan, pembayaran, dan sebagainya. Dalam studi ini, sebuah sistem yang bekerja menggunakan E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk) sebagai kartu RFID dan RC522 sebagai modul pembaca E-KTP tersebut. Sistem ini menggunakan dua software yaitu sistem untuk mendaftarkan E-KTP dan sistem untuk transaksi jual beli. Transaksi digital menggunakan sistem E-KTP lebih menguntungkan dari pada sistem transaksi konvensional dalam hal efektivitas, serta keamanan. Selain itu hampir semua orang sudah memiliki E-KTP maka tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli kartu RFID yang baru. Dari hasil pengujian registrasi ID E-KTP, memasukan barang dagangan dan transaksi jual beli didapatkan hasil yang sempurna tanpa ada sedikit masalah. Dengan kartu E-KTP ini dapat memudahkan manusia untuk melakukan transaksi digital.
Download

E-KTP, RFID, Transaksi Digital

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

57

Munandar Ria

Perancangan Solar Charger Seat

Dalam kehidupan keseharian manusia tidak terlepas jauh dari smart phone, laptop maupun barang elektronik lainya, namun ketahan batrai dari barang electronic tidaklah lama penggunaannya.Perkembangan zaman yang semakin modern membutuhkan charger elektronik pada umumnya sangat bergatung sumber daya listrik yang dihasikan dari PLN. Sedangkan sumber daya energi alam yang belum digunakan secara maksimal di dalam hidup ini adalah energi surya atau sinar matahari.Energi surya merupakan sumber energi yang tidak terbatas ketersediannya.Dalam pembuatan alat ini penulis menggunakan Solar Panel 30wp, Solar Charger Controller 12/24 V 10A, Aki/Accu 12V, Inverter 500W, Kabel Jumper, Stop Kontak dan Kursi
Download

Solar Panel, Charger, Accu, Inverter

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

58

Rochmad Nurdin Ramdani

Perancangan Mesin ATM Sembako Dengan E-KTP Dan Berbasis Wireles Sensor Network

Sembilan bahan pokok atau yang sering kita sebut (Sembako) adalah kebutuhan semua masyarakat yang wajib terpenuhi baik dalam bentuk makanan atau minuman. Beberapa bahan makanan yang termasuk dalam kategori sembako antaralain: beras, gula, tepung, minyak, garam beryodium. Namun tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhan pokok tersebut karena kurangnya daya beli. Maka dari itu pemerintah mengeluarkan beberapa program untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sembako tersebut, salah satunya yaitu program pembagian sembako. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi pada zaman sekarang yang sangat pesat maka, pembagian sembako menjadi lebih cepat dan efisien. Perancangan mesin atm sembako berbasis e-ktp dan wsn ini adalah salah satu contoh perkembangan teknologi pada zaman sekarang. Dengan memanfaatkan metode rfid kita dapat menggunakan chip yang terdapat dalam e-ktp sebagai tag id penerima sembako. Purwarupa dari mesin atm sembako berbasise-ktp dan berbasis wsn ini bertujuan untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat lebih tepat sasaran dan aman. Mesin atm sembako ini dapat di akses dengan E-KTP penerima bantuan yang datanya sudah didaftarkan dalam database kelurahan. Memanfaatkan metode Wireless Sensor Network (WSN) yang lebih efisien karena tidak memerlukan kabel,dapat menyimpan data dalam jumlah besar, serta memungkinkan komunikasi 2 arah.Proses perakitan alat ini menggunakan baja ringan ukuran 2x4 sebagai kerangka,akrilik 2mm sebagai bodi prototipe atm sembako.Mikrokontroler yang digunakan ialah Arduino uno 328P yang dipadukan dengan Xbee Pro S2C sebagai komunikasi nirkabel yang dapat menghubungkan database penerima sembako dengan mesin atm sembako, Tag RFID RC522 sebagai reader E-KTP sebagai kartu akses mesin atm sembako, dan Motor Servo 996R sebagai penahan pintu keluaran sembako. Dengan radius <1m sampai 100m diperoleh pengukuran sinyal local -15dBm sampai-90dBm dan sinyal router -16dBm sampai -91dBm serta delay feedback 10ms-61ms, e-ktp dapat terdeteksi dan penerima sembako dapat mengambil bantuan berupa beras atau gula. Karena mesin atm sembako ini masih bersifat prototipe jadi beban yang di tahan motor servo 1 sampai 2kg
Download

RFID RC522, XBEE Pro S2C, Arduino, WSN

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

59

Muhammad Irfan

Perancangan Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan E-KTM Berbasis Wireless Sensor Network (WSN)

Metode absensi mahasiswa konvensional dengan menggunakan kertas absensi atau form absensi pada perkuliahan masih dilakukan meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti proses pembelajaran perkuliahan menjadi terhambat dengan proses absensi yang mengharuskan mahasiswa tandatangan pada kertas absen, kertas absensi dapat hilang atau rusak, kertas absen juga berpotensi terbawa oleh mahasiswa dan dapat terjadinya kesalahan rekapitulasi absensi yang diakibatkan oleh human error. Dari masalah tersebut maka dilakukan penelitian ini untuk merancang sebuah perangkat absensi yang lebih praktis dengan menggunakan kartu mahasiswa yang telah memiliki chip RFID atau E-KTM yang dapat langsung diintergrasi dengan database mahasiswa. Perancangan ini menggunakan modul RFID PN532 untuk membaca data absensi mahasiswa, modul XBEE PRO S2C sebagai pengirim dan penerima data dari perangkat absensi ke database ataupun sebaliknya serta dengan menggunakan mikrokontroller berupa Arduino UNO R3, perangkat absensi ini berbasis wireless sensor network yaitu sebuah jaringan nirkabel yang dapat terhubung ke suatu server dengan menggunakan protokol ZIGBEE tanpa menggunakan koneksi internet atau WiFi. Perangkat absensi diatur sebagai mode router sehingga semua perangkat absensi ini dapat terhubung satu dengan yang lain dalam radius tertentu. Dengan menggunakan prinsip wireless sensor network perangkat dapat bersifat portable sehingga dapat dibawa apabila mengharuskan untuk berpindah ruangan kelas. Uji coba perangkat dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental. Data UID yang diperoleh dari E-KTM akan disimpan kedalam database kemudian akan diolah oleh sistem dan ditampilkan pada sebuah tabel pada webserver yang dikelola oleh seorang admin yang dapat mengatur segala keperluan untuk absensi, mulai dari kartu mahasiswa, kartu dosen, matakuliah serta untuk laporan absensi yang telah dibuat otomatis oleh sistem.
Download

Webserver , ZIGBEE, Wireless Sensor Network, XBEE PRO S2C, UID data

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

60

Pradytha Natha Jaya Budiar

Perancangan Manajemen Jaringan Berbasis Mikrotik Router OS dengan GNS3 di PT. Modular Mining

Kebutuhan internet disebuah perusahaan sangat besar, sehingga perlu dilakukan manajemen jaringan internet secara optimal, agar proses pekerjaan yang menggunakan akses jaringan internet dapat berjalan lancar. Serta belum adanya manajemen bandwidth yang dapat membatasi pengguna, sehingga user dapat mengakses hal apapun dengan menggunakan jaringan perusahaan tanpa filterisasi dan pengolahan bandwidth yang tepat yang menyebabkan kurangnya produktifitas pekerjaan karena penggunaan internet secara berlebihan. Oleh karena itu pengaturan bandwidth secara tepat pada setiap pengguna harus dilakukan. Masing- masing user akan dibagi kapasitas bandwidth sesuai dengan kebutuhan dan prioritas dalam penggunaan internet. Metode manajemen bandwidth yang akan diterapkan pada penelitian ini adalah menggunakan metode queue tree dan pembatasan akses website media sosial menggunakan firewall layer 7 protocols pada Mikrotik RouterOS. Perancangan topologi jaringan, manajemen bandwidth dan pembatasan akses media sosial dapat terkonfigurasi dengan baik menggunakan Mikrotik Router OS dan GNS3, hal ini dibuktikan dengan pengujian koneksi, bandwidth serta akses web browser telah sesuai dengan konfigurasi yang ditetapkan.
Download

Bandwidth, Mikrotik, Queue Tree, GNS3, Firewall, Layer 7 Protocols

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

61

Imam Muslimin

Prototype Timbangan Digital Pada Gudang Sembako Berbasis Web

Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat kita mulai meninggalkan hal-hal yang dirasa ketinggalan jaman dan beralih pada sesuatu yang lebih sederhana dalam penggunaannya. Beralih pada barang-barang dengan sistem manual kesesuatu yang yang lebih efisien karna dianggap mudah dan cepat dalam pengoperasiannya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini meliputi berbagai macam sektor dalam kehidupan tak terkecuali sistem informasi pasar pada gudang sembako secara real time dengan melalui media timbangan digital. Purwarupa dari timbangan digital dengan sistem informasi berbasis web ini bertujuan untuk mepermudah pihak gudang dalam melakukan rekap data barang pada gudang dengan menggunakan timbangan digital dengan sistem penyimpanan data berbasis database. Data dari hasil timbangan ini nantinya akan dibuatkan dalam sistem web oleh pihak gudang sebagai media informasi bagi para konsumen untuk mengetahui terkait ketersediaan barang pada gudang tersebut. Proses pembuatan alat ini menggunakan sensor load cell beserta drivernya dengan kapasitas 1 kg saja karena merupakan purwarupa sehingga tidak menggunkan load cell dengan kapasitas yang besar. Sedangkan mikrokontrolernya menggunakan Node MCU ESP8266 yang sekaligus berfungsi sebagai koneksi keinternet. Prinsip kerja alat ini cukup sederhana, dimana beban yang ingin diukur disimpan diatas dudukan dari sensor load cell agar beban dari benda dapat dibaca dalam bentuk digital kemudian data tersebut disimpan dalam sistem database.
Download

Web, Load Cell, Node MCU ESP8266

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

62

Deni Irawan

Perancangan Smart Meter Kilo Watt Hour Berbasis Wireles Sensor Network

Penelitian tentang sistem smart meter Kwh berbasis wireless sensor network bertujuan untuk memudahkan dalam pencatatan Kwh meter dan memonitoring pemakaian energi listrik.Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti Arduino UNO dan Node MCU sebagai otak sistem, sensor tegangan, sensor arus, LCD, Xbee-PRO. Alat ini dapat memonitoring tegangan dengan tingkat error 0.75% namun masih dalam nilai baik, dan memonitoring arus dengan tingkat error 0% menunjukkan nilai yang akurat.LCD untuk menampilkan hasil pembacaan dari sensor tegangan dan sensor arus. Xbee-PRO sebagai komponen untuk mengirim dan merima data dari sistem sampai jarak maksimal diluar ruangan 100 m dan didalam ruangan maksimal 30 m. Pengiriman data dari sistem menuju web membutuhkan waktu delay 3-6 detik. Perbandingan antara kWh Web dengan kWh PLN memiliki selisih rata-rata 0,04 kWh serta mempunyai selisih rata-rata 75 rupiah. Serta hasil dari monitoring dapat ditampilkan menggunakan web thinger.io yang terhubung ke internet dengan catatan sistem harus terhubung dengan internet. Salah satu penggunaan alat ini dapat diterapkan di rumah-rumah atau bangunan lainnya. Namun alat ini dikhususkan diterapkan untuk rumah-rumah pelanggan PLN.
Download

Smart meter Kwh, Arduino UNO, Node MCU, Xbee-PRO, Sensor tegangan, Sensor arus, LCD, thinger.io.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

63

Rabil Mardan Rahman

Rancang Bangun Otomasi Rekayasa Suhu Air Reservoir Nutrisi Untuk Meningkatkan Kualitas Sayur Selada Hidroponik Berbasis Web

Sebuah perancangan otomasi rekayasa suhu air reservoir nutrisi hidroponik dengan berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan pertanian selada hidroponik, serta memantau kondisi suhu air reservoir nutrisi dengan menggunakan sistem monitoring database.Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti NodeMCU ESP-8266,Raspberry Pi4 model B,sensor DS18B20,relay dan peralatan modul sistem hidroponik.Sensor suhu DS18B20 pada perancangan sistem otomasi ini 100% Sensor ini mampu membaca suhu dengan ketelitian 9 hingga 12-bit, rentang -55°C hingga 125°C dengan ketelitian (+/-0.5°C ).Kemudian modul mikrokontroler NodeMCU pada sistem otomasi ini juga 100% bisa mengendalikan sensor,relay serta mampu mengirimkan data melalui dari sistem ke server database. Kemudian mikrokomputer Raspberry ini juga 100% bisa menghubungkan data yang diterima dari modul NodeMCU ke server database ke internet secara online.
Download

Otomasi hidroponik,Nodemcu, RaspberryPi,web,Database

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

64

Iin Darmiyati

Analisa Keaslian Uang Kertas Dengan Metode Viola-Jones dan Template Matching Menggunakan Pemograman Python

Pengolahan citra merupakan area yang berhubungan dengan proses transformasi citra. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik. Teknologi pemrosesan gambar ini berkembang sangat baik dan dikenal oleh para insinyur di seluruh dunia. Salah satu penerapan teknologi pengolahan citra ini adalah pengenalan nilai uang kertas Indonesia (rupiah). Pengenalan sistem nilai uang rupiah meliputi nominal Rp 1000, Rp 2000, Rp 5000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000 dengan 2 variasi posisi penempatan uang kertas dan 4 variasi posisi penempatan uang kertas. Secara umum proses kerja dari sistem ini adalah pengambilan citra uang kertas dalam citra merah, hijau dan biru (RGB) yang berubah menjadi grayscale. Kombinasi berbagai metode menghasilkan kecepatan dan akurasi yang hasilnya juga sangat beragam. Keberhasilan eksperimen dalam menggabungkan metode dianalisis oleh peneliti untuk dipublikasikan ke masyarakat luas. Dibutuhkan proses pendeteksian keaslian uang kertas dengan metode yang akurat, maka dalam hal ini digunakan metode algoritma Viola-Jones yang dipadukan dengan metode Template Matching untuk mengetahui keaslian dan perbedaan uang kertas berdasarkan nominal dan ciri khasnya. dari masing-masing uang kertas. Pengelolaan metode ini dilakukan dengan memanfaatkan pemrograman Python.
Download

RGB to Grayscale, Pycharm, Viola-Jones, Template Matching

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

65

Rifan Septi Afendi

Evaluasi Sistem Proteksi Relay Arus Lebih dan Relay Gangguan Tanah Bay Trafo 30 MVA Gardu Induk Petung

Transformator merupakan material utama pada sistem transmisi yang dibutuhkan dalam menyalurkan lisrik kepada pelanggan. Didalam transformator permasalahan terpenting yaitu koordinasi proteksi. Sistem proteksi merupakan suatu sistem keamanan untuk peralatan listrik yang disebabkan adanya gangguan internal peralatan, gangguan alam, kesalahan operasi dan penyebab lainnya. Dalam penelitian ini studi kasus yang diambil yaitu sistem proteksi relay arus lebih dan relay gangguan tanah pada bay transformator gardu induk petung. Penelitian ini membahas evaluasi sistem koordinasi proteksi relay arus lebih dan gangguan tanah mulai dari penyulang, incoming dan sisi tranformator 150 kV dengan membandingkan setting eksisting dengan hasil perhitungan. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapat banyak perbedaan setting arus maupun TMS tetapi selisih nilai yang tidak terlalu signifikan. Ada beberapa nilai setting arus dan TMS yang sangat mempengaruhi sistem koordinasi proteksinya yaitu nilai setting arus GFR eksisting 48 A sedangkan hasil perhitungan 24 A, dan setting arus SBEF eksisting 30 A dengan TMS 0,38 LTI, sedangkan sesuai perhitungan 90 A dengan TMS 0,05 LTI. Oleh karena itu pada perbedaan setting ini di evaluasi dan dilakukan perubahan setting sesuai perhitungan agar mendapatkan sistem koordinasi proteksi yang baik. Hasil setelah dilakukan resetting proteksi transformator semakin handal dan terhindar dari kesalahan koordinasi proteksinya.
Download

Sistem Proteksi, Relay Arus Lebih, Relay Gangguan Tanah, Koordinasi Proteksi.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

66

Abd latif

Analisis Koordinasi Setting Relay Arus Lebih Pada Gardu Induk Industri Pada Sisi 20KV

Keandalan suatu sistem distribusi tenaga listrik tidak lepas dari peralatan proteksi yang digunakan. Peralatan proteksi ini berfungsi untuk mengamankan peralatan dari gangguan. Salah satu gangguan yang terjadi adalah gangguan arus hubung singkat. Gangguan ini dapat diatasi dengan menggunakan relay proteksi dan peralatan pemutus rangkaian yang bekerja secara bersamaan, yang disebut sistem proteksi. Akan tetapi apabila setting relay proteksi ini tidak efektif, hal ini akan menyebabkan peralatan proteksi bekerja tidak semestinya, yang mana dalam hal ini terjadinya kesalahan kerja maupun kesalahan koordinasi relay proteksi antar seksi yang diamankan. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi setting relay proteksi yang baik agar kontinuitas pelayanan untuk distribusi tenaga listrik dapat terjaga. Dengan melakukan analisa setting relay arus lebih (OCR) pada sisi incoming feeder, outgoing feeder, dan gardu hubung di Gardu Induk Industri sisi 20 kV, maka didapat hasil untuk koordinasi waktu tundanya terdapat perbedaan waktu, yang mana untuk sisi gardu hubung sebesar 0,4 detik, outgoing feeder 0,7 detik, dan incoming feeder 1 detik. Sehingga pada saat terjadi arus hubung singkat pada sisi gardu hubung maka pada sisi outgoing feeder sebagai back up, dan apabila terjadi hubung singkat pada sisi outgoing feeder, maka sisi incoming feeder yang akan menjadi back up.
Download

Koordinasi, Setting OCR , dan Arus Hubung Singkat

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

67

MURSALIN

Evaluasi Perbaikan Sistem Pentanahan Tapak Tower guna Meningkatkan Kinerja Jaringan Transmisi Gardu Induk Sambutan Arah Gardu Induk Muara Badak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja jaringan SUTT 150 kV dengan perbaikan nilai pentanahan tapak kaki tower sepanjang jalur transmisi Gardu Induk Sambutan arah Gardu Induk Muara Badak. Jaringan SUTT 150 kV Gardu Induk Sambutan arah Gardu Induk Muara Badak memiliki sebanyak 80 Tower dengan panjang sirkit 28,09 kms. Petir merupakan ancaman terbesar di jaringan transmisi 150 kV dan penyebab utama dari gangguan sistem penyaluran yang berakibat padamnya listrik hingga kerusakan pada peralatan. Hambatan kaki menara/tower transmisi di PLN ULTG Bontang mengalami perubahan tahanan tanah yang di akibatkan perubahan pada kondisi kelembapan tanah sebagai salah satu faktornya, di jaringan SUTT 150 kV Gardu Induk Sambutan arah Gardu Induk Muara Badak beberapa tower memiliki tahanan pentanahan tapak kaki tower yang tinggi yaitu lebih dari 10 Ohm, nilai maksimum pentanahan tapak kaki tower yang diperbolehkan oleh PT PLN (Persero) untuk jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV adalah 10 Ohm (SK DIR PLN No.520/2014). Upaya yang dilakukan PT PLN (Persero) dalam hasil inspeksi pengukuran kondisi awal dapat dilakukan perbaikan nilai pentanahan tapak kaki tower sebanyak 14 tower dengan pertimbangan kondisi tanah, akses menuju lokasi tower dan kondisi tower pada dataran tinggi yang kemudian dilakukan perbaikan nilai tahanan pentanahan pada tapak kaki tower menggunakan empat batang elektroda/arde yang di tanam ke dalam tanah secara tegak lurus dengan nilai hasil akhir kurang dari 10 Ohm. Hasil akhir dari perbaikan sistem pentanahan ini menunjukkan perbedaan dari segi kinerja jaringan transmisi dimana gangguan dari tahun 2019 – 2021 sambaran petir menyebabkan 4 kali trip dengan ENS 358.615 kWh lalu setelah dilakukan perbaikan sistem pentanahan di tahun 2022 petir tetap menyambar ke Jaringan SUTT 150 kV Gardu Induk Sambutan arah Gardu Induk Muara Badak namun tidak menyebabkan padamnya penyaluran energi listrik.
Download

Pentanahan, Transmisi, Petir, Listrik

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

68

Budi Sandro Lumban Tobing

Analisa Perubahan On Load Tap Changer (OLTC) Pada Transformator Daya Pada Tegangan Menengah di PT.PLN UP2B Karang Joang-Balikpapan.

Secara umum On Load Tap Changer (OLTC) merupakan peralatan yang dipasang pada transformator untuk memperbaiki kualitas tegangan padasisi sekunder. Metode Penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik mengumpulkan data Perubahan On Load Tap Changer (OLTC), wawancara melalui komunikasi akibat saat terjadinya perubahan On Load Tap Changer (OLTC) pada transformator daya. Hasil penelitian beban nominal, rugi-rugi trafo, efesiensi transformator, tegangan jatuh pada sisi primer dan penetuan posis iOn Load Tap Changer (OLTC). Kesimpulan Berdasarkan perhitungan ratio transformator pada saat beban puncak dan beban rendah pada transformator 1 dan transformator 2. Perubahan posisi tap pada transformator 1 pada saat beban puncak berada posisi OLTC/Tap 6 dengan jankauan tegangan sekunder sebesar 21.07 KV dan pada saat beban rendah berada pada posisi OLTC/Tap 2 dengan jangkauan tegangan sekunder sebesar 20.37 KV. Dari kedua perbedaan tersebut juga terdapat pada tegangan primer masing-masing.Untuk transformator 2 pada beban puncak berada pada posisi OLTC/Tap 11 dengan jangkauan tegangan sekunder 21.08 KV. Untuk pada beban rendah juga berada pada Posisi OLTC/Tap 9 dengan jangkauan tegangan sekunder sebesar 20.46 KV.
Download

Transformator Daya, Perubahan, Peralatan, Tegangan

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

69

Indra Aliansyah

Perancangan Sistem Monitoring Penggunaan Mesin Produksi Mengunakan ID Card Karyawan Berbasis Web

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat. Sehingga semua pekerjaan manusia menjadi semakin ringan dan dapat di monitoring dari mana saja. Salah satunya Proses monitoring penggunaan mesin produksi yang sebelumnya di lakukan secara manual yaitu turun langsung di lapangan, sekarang dengan adanya system IoT semua penggunaan mesin dapat di pantau dari jarak jauh. Dengan menggunakan mikrokontroler sederhana pada Arduino ESP32 yang di padukan dengan RFID Reader sebagai sensor pendeteksi ID Card karyawan dan juga Keypad untuk menginput kode jenis pekerjaan maka semua data pengguna mesin dan jenis pekerjaan yang di lakukan dapat di kirimkan atau di tampilkan langsung pada interface Web. Pada tampilan interface Web dapat di ketahui data karyawan yang menggunakan mesin produksi, juga waktu mulai pekerjaan, waktu selesai melakukan pekerjaan dan jenis pekerjaan yang di lakukan oleh karyawan yang bisa langsung tampil di dalam interface Web. Berdasarkan hasil penelitian ini sensor system monitoring mesin produksi dapat terbaca dengan baik dan di tampilkan langsung di dalam interface Web
Download

Mesin Produksi, Arduino ESP32, RFID Reader, Keypad, dan Web

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

70

Wahyu Putra Ahir Pristian

Prototipe Tracking Solar Panel 2 Sumbu Berbasis Arduino Nano Dengan Penampil LCD Dan Bluetooth HC-05

Meningkatnya kebutuhan listrik di indonesia seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang kian pesat saat ini kita masih bergantung pada pembangkit listrik tenaga fosil yang ketersediaannya di alam kita sudah semakin menipis. Maka dibuatlah sebuah pembangkit listrik yang menggunakan sumber daya yang sangat berlimpah yaitu sumber cahaya matahari yang biasa disebut pembangkit listrik tenaga surya . Namun kebanyakan pembangkit listrik tenaga surya yang beredar sekarang bersifat statis atau hanya mengandalka satu titik untuk mendapatkan sumber cahaya matahari . Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah sebuah alat prototype tracking solar panel untuk mengoptimalkan pendeteksi sumber cahaya matahari yang maksimal dengan menggunakan 2 motor servo untuk memaksimalkan 2 sumbu yaitu sumbu X dan sumbu Y yang dikendalikan oleh Arduino Nano sebagai processor untuk mengolah data . perancangan alat ini bertujuan agar panel surya mendapatkan asupan cahaya matahari secara maksimal dengan mengandalkan sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor) sebagai pendeteksi datangnya cahaya masuk kearah solar panel, dan jumlah energy cahaya matahari yang diterima akan dicatat dan dimonitor langsung oleh LCD (Liquid Cristal Display) dan modul bluetooth HC-05 berupa arus ,volt dan waktu real. Hasil dari rancangan alat ini menunjukan bahwa rangkaian alat yang telah dibuat mampu menggerakan panel surya sesuai dengan arah datangnya sumber cahaya dan membaca hasil dari tiga hari penelitian dengan puncak energy di dapat sebesar 15.01v , 0,43A, 6.45W pada intensitas cahaya terik pada suhu 30oC dan didapatkan hasil rata rata untuk ketiga hari penelitian sebesar 6.11 watt pada jam 12:00. untuk pembacaan intensitas cahaya yang masuk alat ini mampu menampilkan hasil dalam 10 detik sekali.
Download

Tracking solar panel, Arduino Nano,LDR, LCD, Motor Servo, Bluetooth HC-05

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

71

MUHAMMAD HASBI

Evaluasi Pembebanan Generator 130 Mva,13.8 Kva PLTU Kaltim Teluk Balikpapan

PLTU Kaltim Teluk unit 1 Balikpapan mempunyai kapasitas 110 MW dengan beban puncak 96 MW. Jenis-jenis beban konsumen sangat berpengaruh pada kerja generator. Agar daya listrik yang dikirim ke konsumen bisa maksimal maka generator harus memiliki efisiensi yang tinggi. Untuk mengetahui pengaruh beban terhadap efisiensi generator maka dilakukan pengambilan data operasi generator selama satu minggu dan kemudian dilakukan perhitungan terhadap rugi – rugi dan efisiensi generator. Pada saat beban reaktif konsumen semakin induktif, maka tegangan jaringan turun dibawah nominal maka dengan daya aktif yang sama, generator berusaha mempertahankan tegangan jaringan dan tegangan keluaran generator agar tetap pada tegangan nominal dengan cara menambah arus eksitasi sehingga daya reaktif generator naik. Pada saat daya reaktif generator naik maka arus yang keluar dari generator juga mengalami kenaikan hal ini mengakibatkan rugi – rugi di generator juga semakin besar.
Download

generator, daya aktif, daya reaktif , arus eksitasi , efisiensi

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

72

Rachmad sukarno

Perencanaan Instalasi Listrik Gedung Auto2000 Cabang Pembantu Kabupaten Paser Tanah Grogot Kalimantan Timur

Perancangan instalasi ini membahas tentang perencanaan instalasi listrik di Cabang Pembantu Auto2000 Kecamatan Paser Tanah Grogot yang sesuai dengan standar PUIL dan PT. Astra International Tbk. Dimana perencanaan instalasi ini bertujuan untuk mendesain instalasi yang digunakan untuk ruang kerja kantor dan pekerjaan bengkel. Dalam perancangan instalasi ini menggunakan metode pengumpulan data gedung dan fungsi ruangan untuk perhitungan penerangan dan konsumsi daya, menjaga efisiensi semua peralatan dan komponen yang digunakan menggunakan perangkat standar SNI, serta penggunaan genset dan kapasitor bank untuk pemeliharaan stabilitas suplai tegangan listrik di gedung. Secara keseluruhan penerangan gedung ini menggunakan lampu jenis LED, total kebutuhan daya pada gedung ini adalah 262.581 KW, dengan pemasangan capasitor bank untuk peningkatan faktor daya dengan kapasitas 85,06 KVAr sehingga membuat cosphi awal 0,8-0,92. Sehingga daya yang masuk ke PLN adalah 329000 VA dengan sistem 3 fasa dan di-backup dengan catu daya cadangan generator 400 KVA. Untuk mempermudah dalam perawatan dan pembagian beban gedung ini menggunakan tiga jenis PHB yaitu PHB induk, PHB cabang dan PHB cabang pembantu, dimana konduktor PHB induk menggunakan jenis NYFGBY berukuran 4 x 185 dengan KHA maksimal per fasa. 399 A dan pengaman yang digunakan. MCCB 500 A.
Download

Auto2000 Grogot, Instalasi listrik

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

73

PANGKY YOGA PRIATAMA

Perancangan Alat Monitoring Parameter Listrik 1 Phase Untuk Gedung Komersil Menggunakan KWH Meter Berbasis Protokol Modbus

Penelitian ini tentang sistem KWH meter berbasis protokol modbus bertujuan untuk memonitoring pemakaian energi listrik. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu KWH meter Pilot SPM91, Converter USR-TCP232-410s, Laptop/PC dan Adaptor. HMI untuk menampilkan hasil pembacaan dari KWH meter yang menampilkan nilai energy, voltage, current, power, frequency, grafik dari hasil pembacaan dan dapat dilakukan logging data. KWH meter sebagai pembaca nilai dan converter TCP/IP sebagai penerjemah data dari KWH meter ke HMI. Alat ini dapat memonitoring dengan tingkat keberhasilan 100% menunjukkan nilai yang akurat. Salah satu penggunaan alat ini dapat diterapkan di rumah rumah atau bangunan lainnya, namun alat ini dikhususkan diterapkan untuk perkantoran.
Download

KWH Meter, Modbus, converter TCP/IP, Logging.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

74

ISHAK

Rancang Bangun Pengandali Lampu Penerangan Ruangan Berbasis Mikrokontroler

Abstrak- Mikrokontroler adalah sebuah komputer kecil yang dikemas dalam bentuk chip IC (Integrated Circuit) dan dirancang sebagai pengendali jalannya sistem dari pembacaan sensor, menampilkan data sensor pada LCD dan mengatur kontak relay untuk menghidup dan mematikan listrik. Teknologi ini adalah terobosan yang dapat memaksimalkan penggunaan energi listrik. Efisiensi penggunaan energi listrik pada lampu bisa diterapkan kedalam rangkaian elektro yang menggunakan Arduino UNO dengan menggunakan metode Fuzzy Logic. Untuk menjalankan sistem pengendali lampu otomatis dapat menggunakan sensor gerak dan sensor cahaya. Sistem otomatis ini menggunakan masukan berupa sensor kehadiran orang jenis passive infrared (PIR) dan sensor intensitas cahaya jenis light dependent resistor (LDR). Rangkaian tersebut hanya dapat diterapkan diruangan terbuka dengan kondisi siang atau malam dan ada atau tidaknya seseorang. Metode yang akan dibangun ini akan dibuat secara bertahap untuk pergerakannya dan tingkat cahaya dari lampu akan diatur dengan sensor panas tubuh manusia. Tahap pertama terbukanya 25% gorden dan digerakkan oleh dinamo motor, jika masih kurangnya cahaya, maka gorden akan terbuka lagi di tahap kedua yaitu sekitar 50% dan seterusnya hingga terbuka penuh dan lampu akan menyala jika di dalam ruangan masih kekurangan cahaya..
Download

Mikrokontroler

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

75

Delfi sukri

Rancangan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Data Trouble Unit Alat Berat Pada FMC PT. SIMS JAYA KALTIM Site KIDECO Batu Kajang

Perkembangan teknologi era digital seperti sekarang ini bertumbuh makin berkembang dari hari ke hari, dan para penggunanya pun dapat dikatakan meningkat tajam. Teknologi merupakan suatu sarana yang berfungsi memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi manusia. Tentunya teknologi yang diciptakan memiliki fungsi tertentu untuk setiap kalangan, termasuk sebuah perusahaan. Pekerjaan yang sebelumnya masih dilakukan secara konvensional dan tidak terogranisir dengan baik, dapat sangat terbantu dengan adanya sistem informasi yang mendukung, salah satunya yaitu sistem informasi yang dibangun dengan basis web dan sistem berbasis database sebagai media penyimpanannya. Sistem ini dibuat dengan menggunakan aplikasi PHP dan MySQL kemudian diintregasikan dengan PHPMyAdmin dengan menggunakan XAMPP sebagai localhost. Dengan adanya aplikasi database, maka pengelolaan serta pengarsipan data akan menjadi lebih tertata dan sistematis.
Download

Teknologi, Database, PHP, MySQL, XAMPP

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

76

Rama Hidayat

Perancangan Station Service Transformator Dalam Pemenuhan Kebutuhan Internal Untuk Meningkatkan Kehandalan PLTU Teluk Balikpapan

Station service Transformator dirancang dan diuji dengan melakukan simulasi anlisis hubung singkat dan loadflow untuk menguji koordinasi proteksi, kualitas daya pada system dan melihat kesesuaian spesifikasi peralatan Transformator, kabel, dan Switchgear. Berdasarkan analisis loadflow didapatkan 3 Pola Operasi dari 4 Simulasi yang dilakukan yaitu daya disupply oleh SST saat 1 unit operasi, daya disupply oleh SST saat 2 unit operasi, dan SST Sebagai backup UAT. Dengan Kualitas daya baik dan tegangan tertinggi dalam batas toleransi sebesar 103% pada Unit Board 6.3 kV. Daya maksimal pada masing-masing unit sebesar 10,7 MW dan change over terbaik dari SST ke UAT dilakukan pada load 15% MCR. Analisis gangguan hubung singkat pada system dihasilkan koordinasi system proteksi simulasi dengan hasil hitung baik sesuai IEEE 242-1986 waktu kerja tidak tumpang tindih dengan nilai OCR Pada Bus Tie bekerja pada 0,31s, Incoming SST bekerja pada 0,56s, dan Feeder HV Side SST bekerja pada 0,72s.
Download

Spesifikasi, Pola Operasi, Proteksi

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

77

SAHRU ROHMAN

Evaluasi Pengaruh Perubahan Beban Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pembangkit (Studi Kasus Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap Muara Jawa)

Pada unit pembangkit listrik, pertambahan beban akan mendorong pertambahan bahan bakar. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Muara Jawa berbahan bakar batu bara. Konsumsi spesifik suatu bahan bakar pembangkit digunakan untuk mendapatkan gambaran mengenai jumlah bahan bakar yang digunakan untuk membangkitkan daya setiap jamnya sedangkan Heat rate menjelaskan tentang seberapa besar energi input yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi suatu pembangkit. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pengaruh perubahan beban terhadap konsumsi bahan bakar pada PLTU Muara Jawa Unit 1 yang menggunakan data operasional pada tanggal 20 mei 2020, 21 mei 2020 dan 22 mei 2020. Dengan menggunakan metode perbandingan data energi dan pemakaian bahan bakar diperoleh nilai Specific Fuel Consumption (SFC) dan laju panas pembangkit (Heat Rate) pada rata rata beban, beban rendah dan beban puncak. Specific Fuel Consumption (SFC) pada beban terendah sebesar 0,65 Kg /kWh pada beban tinggi 32 MW di tanggal 22 mei 2020 dan nilai tertinggi yang didapat sebesar 0,74 Kg/kWh pada beban rendah 16 MW di tanggal 21 mei 2020. Laju panas pembangkit (Heat Rate) GPHR dan NPHR terendah yang didapat sebesar 2.684 Kcal/Kwh dan 3.111 Kcal/kwh pada beban tinggi 32 MW di tanggal 21 mei 2020 dan nilai tertinggi laju panas pembangkit (Heat Rate) GPHR dan NPHR sebesar 3.059 Kcal/Kwh dan 3.914 Kcal/Kwh pada saat beban rendah 16 MW di tanggal 20 mei 2020.
Download

Kata kunci : Batu bara, Specific Fuel Consumption , Heat Rate.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

78

Hakiki Sanggra Lingga Giri

OPTIMASI UNIT PLTU CAHAYA FAJAR KALTIM DI EMBALUT MENGGUNAKAN METODE LAGRANGE MULTIPLIER

Biaya pembangkitan energi listrik terbesar ada pada biaya bahan bakar. Karakteristik pembangkit, batas maksimum dan minimum kapasitas pembangkit berpengaruh secara ekonomis pada pengoperasian pembangkit sehingga diperlukan pola operasi pembebanan pembangkit yang optimal. Tujuan penelitian ini memaparkan pembagian beban pada setiap pembangkit PLTU Cahaya Fajar Kaltim yang berada di Embalut untuk mencapai kondisi operasi yang optimal dan ekonomis. Data pembebanan yang digunakan yaitu data tanggal 10 Februari 2020. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan metode lagrange multiplier dengan tahapan perhitungan Karakteristik Input-Output unit pembangkit PLTU Cahaya Fajar Kaltim, Regresi Polinomial, Metode Crammer dan analisis. Hasil tugas akhir ini membandingkan antara realisasi 10 Februari 2020 dan metode lagrange multiplier diperoleh besarnya pembagian beban pada setiap unit pembangkit PLTU Cahaya Fajar Kaltim dengan rata-rata simpang galat unit #1 sebesar 0.08%, unit #2 sebesar 0.07% dan unit #3 sebesar 0.02% serta pada pukul 13:00 WITA dengan total pembangkitan sebesar 94.90 MW memperoleh biaya pembangkitan yang lebih ekonomis sebesar Rp 84,046.15
Download

Metode Lagrange Multiplier

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

79

AGUNG PRIYADI

Perancangan Sistem Otomatis Hidroponik Untuk Meningkatkan Kualitas Tanaman Pada Pertanian Hidroponik Menggunakan WSN dan Database

Rancangan alat system otomasi hidroponik dengan menggunakan wireless sensor network (wsn) dan system monitoring database yang bertujuan untuk memudahkan penggiat hidroponik dalam merawat dan memonitor tanaman hidroponik,terutama untuk kebutuhan yang mendasar seperti ketersediaan air dan kondisi suhu sekitar lingkungan tanaman hidroponik. System ini terdiri dari beberapa komponen seperti Mikrokontroler Arduino Uno, Module Xbee S2C, Sensor Ultrasonik, Sensor DHT22,Relay, dan peralatan modul system hidroponik. Sensor ultrasonic disini difungsikan untuk mengontrol ketinggian air pada bak penampungan nutrisi, sedangkan sensor DHT22 difungsikan untuk mengontrol suhu disekitar tanaman, adapun mikrokontroler Arduino uno yang berfungsi untuk mengendalikan semua sensor yang terhubung dengan mikrokontroler, dan yang terakhir ada module Xbee S2C yang digunakan sebagai penghubung agar sensor dapat dikendalikan dari jauh dan dapat di monitor melalui database
Download

Otomasi hidroponik, Arduino Uno, Module Xbee S2C,Database

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

80

Rizky Alexander

Perancangan Sistem Penyiraman Otomatis Berbasis Telegram Pada Tanaman Indoor Lidah Mertua (sansevieria)

Kondisi kelembaban tanah dan suhu pada tanaman lidah mertua sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal pada tanaman, oleh sebab itu penggunaan sistem monitoring dan pengontrolan tingkat kelembaban tanah dapat sangat membantu memaksimalkan perawatan tanaman lidah mertua agar dapat bertumbuh secara optimal. Adapun alat yang digunakan adalah NodeMCU ESP8266, sensor DHT11,soil moisture sensor tipe yl-69,relay, pompa air benam (submersible), adaptor 12 volt, android, telegram. Telegram yang terhubung dengan NodeMcu dapat digunakan sebagai media monitoring yang dapat terhubung dengan internet membuat pekerjaan rumah ini menjadi lebih mudah dilakukan dan dipantau. Pada penelitian ini dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan bahwa tanah berada dalam rentang kelembaban >= 80 % (kering), <= 75 % (lembab). Dengan pengujian sensor DHT11 yang menghasilkan nilai rata – rata error sebesar 3,7 % dihari pertama, kemudian 2,3 % dihari kedua, dan 4,5 % dihari ketiga pengujian. Kemudian NodeMcu dengan mengikuti kestabilan jaringan internet berhasil mengirim data ke telegram.
Download

Nodemcu, DHT11, Soil Moisture, Telegram,

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

81

Yanis Pradila Sari

Analisis Resistansi Pentanahan Pada Menara Transmisi 150 kV Jalur Karang Joang - Harapan Baru

Menara transmisi adalah suatu bangunan penopang saluran transmisi yang berupa baja, tiang baja, dan tiang beton bertulang. Sistem transmisi merupakan sebuah sistem terbuka yang berguna untuk menyalurkan daya listrik dari pusat pembangkit sampai ke beban yang berjarak jauh, sehingga kemungkinan besar terjadi gangguan (backflashover). Seiring berkembangnya sistem tenaga listrik yang semakin besar, oleh karena itu para ahli merancang suatu sistem yang membuat sistem tenaga berfungsi dengan baik, yaitu sistem pentanahan atau grounding system. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai resistansi pentanahan pada menara transmisi 150 kV jalur Karang Joang – Harapan Baru. Adapun sumber data yang digunakan adalah data – data primer yang telah dilakukan observasi lapangan oleh PT. PLN (Persero) Area Penyaluran dan Pengatur Beban Sistem Kaltim. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada tahun 2013 ada 60 tower dalam batas aman dan pada tahun 2017 ada 12 tower yang memiliki nilai resistansi diatas 5 ohm dan 4 tower yang melebihi nilai resistansi diatas 10 ohm. Pada tahun 2018 ada 10 tower yang memiliki nilai resistansi diatas 5 ohm dan pada tahun 2019 ada 5 tower yang memiliki nilai resistansi diatas 5 ohm. Pada tahun 2020 ada 11 tower yang memiliki nilai resistansi diatas 5 ohm dan pada tahun 2021 ada 9 tower yang memiliki nilai resistansi diatas 5 ohm dan 3 tower yang memiliki nilai resistansi melebihi 10 ohm. Adapun kesimpulan yaitu terdapat beberapa pentanahan kaki menara yang harus dilakukan pengujian rutin tahunan jika nilai resistansi melebihi 5 ohm dan dilakukan perbaikan secepatnya jika nilai resistansi melebihi 10 ohm.
Download

resistansi, sistem pentanahan, menara transmisi, SUTT, analisis

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

82

M. Filia alhamdany

Evaluasi Redaman Jaringan Fiber Optik Dari Sentral Telekomunikasi Otomat ke Pelanggan di STO Balikpapan Baru

Muhammad Filia Alhamdany, Evaluasi Redaman Jaringan Fiber Optik dari Sentral Telekomunikasi Otomat ke pelanggan di STO Balikpapan Baru yang di bimbing oleh Aswadul Fitri Saiful Rahman, S.T., M.Eng dan A. Asni B. S.T., M.Eng. Penelitian ini bertujuan karena meningkatnya gangguan yang terjadi kepada pelanggan indihome di wilayah Balikpapan dikarenakan nilai redaman yang tinggi. Dengan itu saya melakukan evaluasi nilai redaman di 100 pelanggan indihome dengan tujuan mengetahui berapa banyak pelanggan yang masih memiliki nilai redaman tinggi dan memberi saran kepada Telkom untuk meminimalisir nilai redaman yang tinggi. Dari hasil perhitungan yang sudah dilakukan mendapatkan nilai redaman diatas 20 dbm terbilang banyak. Hal ini disebabkan tarikan kabel yang jauh menyebabkan nilai redaman naik, dengan ini Telkom harus mengurangi tarikan yang jauh agar meminimalisir gangguan yang akan terjadi.
Download

Evaluasi nilai redaman, Link power budget, Rise time budget, grafik.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

83

Amin

Deteksi Jenis Kendaraan di Parkiran Berdasarkan Metode Yolo Object Detection

Perkembangan teknologi dibidang kecerdasan buatan sangat pesat saat ini . Salah satu perkembangan kecerdasan buatan yang sangat pesat di bidang komputer dan sains yaitu deteksi objek. Seiring dengan perkembangan transportasi maka jenis kendaraan semakin banyak dan di butuhkan suatu sistem yang dapat mengklasifikasi jenis kendaraan tersebut. Penelitian ini berfokus pada deteksi objek berupa jenis kendaraan. Tujuan penelitian ini mendeteksi jenis kendaraan di parkiran dengan menggunakan sistem pendeteksian untuk memberikan keakuratan dalam mengklasifikasi kendaraan sesuai dengan jenisnya seperti motor, mobil, truck dan bus. Sistem klasifikasi dalam penelitian ini menggunakan teknik pengolahan citra digital sebagai cara untuk menghasilkan suatu citra baru yang telah di proses dan diolah dengan komputer. Metode penelitian menggunakan Metode YOLO Object Detection yang memiliki model sangat sederhana dan kemampuan sangat cepat dalam mengidentifikasi objek dengan format jpg berjumlah 15 citra uji coba yang terdiri dari 4 jenis kendaraan yaitu mobil, motor, truck dan bus dan 15 citra uji coba tersebut akan dilatih untuk menghasilkan model baru citra pendeteksian. Adapun hasil pengujian citra yang berbeda dari data uji coba sebanyak 15 citra diperoleh standar deviasi sebesar 4.6 dan hasil akurasi pendeteksian persentase mencapai 98.8%, hasil akurasi jumlah kendaraan yang terdeteksi sebesar 96.9%, hasil akumulasi nilai error sebesar 3% dengan waktu kecepatan komputasi pendeteksian mencapai 3 detik. Metode YOLO Object Detection dapat dikembangkan dalam pendeteksian objek jenis kendaraan dengan data uji coba lebih banyak maupun objek selain jenis kendaraan.
Download

Deteksi, Jenis Kendaraan, Metode YOLO Object Detection

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

84

Agom Riyanto

Evaluasi Kinerja Motor Induksi 3 Fasa 132 Kw/380 volt Sebagai Penggerak Pompa Distribusi PERUMDA Tirta Manuntung IPAM Teritip Kota Balikpapan

PERUMDA Tirta Manuntung telah membangun Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) di kelurahan Teritip kecamatan Balikpapan Timur dengan kapasitas produksi 200 liter per detik menggunakan pompa distribusi dengan motor induksi 3 fasa 132 KW/380 Volt. Energi yang diperlukan untuk menggerakkan motor induksi tersebut, pada instalasi lama menggunakan sistem starting dengan segitiga bintang, namun dengan sistem ini masih kurang hemat energi, manajemen menginstruksikan perusahaan agar dilakukan evaluasi penggunaan daya listrik untuk pompa distribusi PERUMDA Tirta Manuntung IPAM Teritip. Awal mula penulis mempelajari dasar literature dari jurnal jurnal yang berhubungan dengan VSD, analisis harmonisa dari penggunaan VSD, efisiensi motor induksi, serta perbandingan arus mula motor induksi menggunakan rangkaian hubung bintang segitiga dengan VSD. Lalu pengumpulan data spesifikasi dan penggunaan nyata saat motor induksi di mulai. Lalu Analisis ini dilakukan dengan perhitungan secara manual yaitu berupa input data tentang penelitian. Serta menarik kesimpulan apa hasi dari yang diperoleh. Hasil dari perbandingan atas arus mula VSD dengan rangkaian hubung bintang dapat disimpulkan bahwa rangkaian hubung bintang segitiga yang pada arus mula mendapat arus pada rangkaian bintang 136 A setelah melewati rangkaian segitiga didapati arus menurun menjadi sebesar 78,6 A. Pada rangkaian VSD diketahui pada tabel 3.3 yaitu arus pada frekuensi 30hz adalah 87,6A, jadi arus akhir pada hubung bintang segitiga sebenarnya lebih kecil daripada arus mula VSD yaitu hanya 78,6 A, tetapi arus mula pada rangkaian awal bintang sangat tinggi sekitar 136 A, maka arus mula pada VSD lebih baik dengan nilai 87,6A.
Download

Motor induksi, VSD, effisiensi energi, arus mula daya.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

85

MUHAMMAD SARIFUDDIN

Rancang Bangun Internet Of Things (IoT) Untuk Sistem Manajemen Kelistrikan Berbasis Web Database

Energi listrik adalah sebuah kebutuhan primer untuk semua masyarakat baik dari kalangan atas, menengah maupun kalangan bawah, di mana sangat memerlukan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan dan aktifitas setiap harinya. Seiring dengan keperluan pemakaian energi listrik, pengguna harus mengetahui jumlah pemakaian energi listrik yang diperlukan sehari-harinya. Untuk mengetahui jumlah penggunaan energi listrik dengan mengukur besaran energi listrik dengan cara menggunakan sebuah alat ukur listrik. Energi listrik ialah hasil dari semua sistem konversi energi dari semua bentuk pembangkit listrik. Energi listrik tidak dapat dibuat dengan mudah, sehingga nilai dari energi listrik ini tidaklah murah. Dengan melihat permasalahan diatas maka terciptalah suatu gagasan untuk membuat sebuah alat Internet of Things (IoT) untuk sistem manajemen kelistrikan yang terintegrasi dengan sebuah database yang mana dapat memudahkan untuk memonitor dan mengontrol energi listrik kapanpun dan di manapun berada dengan bantuan internet sehingga ini sangat efektif untuk mengelola pemakaian energi dan menekan biaya tagihan listrik. Dari hasil perancangan, alat sensor dan load modul yang mampu memonitoring semua parameter listrik dengan hasil nilai simpangan (error) untuk alat ukur standar dengan alat ukur rancangan dengan nilai error tegangan (Volt) 0.05 % untuk arus (Ampere) 0.65 %, untuk daya nyata (watt) 1.56 %, dan faktor daya (Cos Phi) 3.6% dan untuk frekuensi (Hz) 0.18 % serta Pengujian database dan IoT pada sensor modul menghasilkan rata-rata waktu pengiriman sebesar 0.19 s dan load modul memiliki rata-rata waktu pengiriman sebesar 4.9 s – 5.3 s untuk ON atau OFF beban listrik.
Download

Internet of Things (IoT), energi listrik, web dan basis data.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

86

Muhammad Satria Nugraha

Media Pembelajaran Arduino Dengan Pemanfaatan Augmented Reality Berbasis Android Dengan Metode Marker-Based

Dalam kehidupan modern saat ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain smartphones, oleh karena itu berdampak terhadap proses belajar. Pendidikan merupakan bagian dari manusia yang tidak dapat terpisahkan dari proses pendewasaan manusia dan pendidikan memiliki pengaruh yang besar pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengimbangi perkembangan teknologi, pendidikan juga membutuhkan perkembangan yang sejalan agar mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Melihat perkembangan teknologi yang cukup pesat ini, terdapat teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran yaitu teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia virtual ke dalam dunia nyata, sehingga jika dikombinasikan dengan proses pembelajaran memungkinkan untuk menciptakan sarana belajar yang lebih kreatif dan menarik. Arduino merupakan mikrokontroller yang memiliki fasilitas yang cukup untuk project yang tidak terlalu kompleks, arduino masuk kedalam materi pembelajaran mikrokontroller karena arduino mudah untuk pemula yang ingin bereksperimen dan salah satu kesulitan dalam mempelajari arduino ialah keterbatasan modul yang dimiliki. Pembuatan aplikasi media pembelajaran arduino dengan pemanfaatan Augmented Reality berbasis android dengan metode marker-based bertujuan untuk memudahkan pembelajaran tentang modul arduino uno dari fungsi setiap komponennya sampai detail board arduino uno. Pembuatan model 3D arduino uno menggunakan aplikasi 3D editing yaitu blender 3D, lalu pembuatan aplikasi android menggunakan aplikasi unity dengan tambahan vuforia untuk Augmented Reality-nya. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur selain Augmented Reality seperti 3D viewer modul arduino dan narasi. Dengan aplikasi ini pengguna dapat lebih mudah memahami bagian bagian modul arduino secara mendetail tanpa harus memiliki modulnya secara langsung.
Download

Augmented Reality, Arduino, Unity

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

87

Andri Cahyo Wibowo

Performansi Jaringan Fiber Optik Dari Sentral Office Hingga Ke Pelanggan di Balikpapan Pada PT. Telkom Akses Balikpapan

PT. Telkom Acces (PTTA) which is part of Telkom’s commitment to continue to develop broadband networks to provide unlimited access to informatioan and communication for all Indonesian people. One of these efforts is to improve the performance of the Fiber To The Home (FTTH) network, so it is necessary to analyze the performance of the Fiber Optic (FO) network. This study was conducted to analyze the performance of the FO network with the value of attenuation, connection loss, cable distance from the central office to the customer in Balikpapan and compare the results obtained with the standards at PT. Telkom Akses. Data was collection was carried out at 2 Central Office (STO), namely STO KTB (Ks-Tubun) located in Stalkuda and STO BRU located in Balikpapan Baru housing with a total of 10 customers using FO service. Based on the results of network measurements, the overall attenuation value obtained is loss than 28dB, which indicates that the FO network in the two STO’s has the standard attenuation standard owned by PT. Telkom Akses Balikpapan. The value of the repair attenuation standard owned by PT. Telkom Balikpapan, which is -23.00 dBm. The quality of FO service is very good, this is evidenced by the speed test carried out with the Download and Upload values according to the customer’s subscription package. PT. Telkom Akses (PT TA) yang merupakan bagian dari komitmen PT. Telkom terus berupaya dalam pengembangan jaringan broadband untuk menghadirkan akses informasi dan komunikasi tanpa batas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu upaya tersebut dengan meningkatkan kinerja jaringan Fiber To The Home (FTTH), sehingga perlu dilakukan analisis tentang performansi jaringan Fiber Optik (FO). Penelitian ini di lakukan untuk menganalisa performansi jaringan FO dengan bilai redaman, loss sambungan, jarak kabel ke sentral office hingga ke pelanggan di Balikpapan serta membandingkan hasil yang didapat dengan standar di PT. Telkom Akses. Pengambilan data dilakukan pada 2 sentral Office (STO), yaitu STO KTB (Ks – Tubun) yang berlokasi di Stalkuda dan STO BRU yang berolaksi di perumahan Balikpapan Baru dengan total pelanggan sebanyak 10 pelanggan yang menggunakan layanan FO. Berdasar hasil pengukuran jaringan keseluruhan yang di peroleh nilai redamannya kurang dari 28 dB, yang mengindikasikan bahwa jaringan FO yang ada di kedua STO tersebut memiliki kinerja standar yang di inginkan PT. Telkom Akses Balikpapan. Adapun nilai standar redaman perbaikan yang di miliki PT. Telkom Balikpapan yaitu -23.00 dBm. Kualitas pelayanan FO sudah sangat baik, hal ini dibuktikan dengan speedtes yang di lakukan dengan nilai Download dan Upload sesuai dengan paket berlanggan pelanggan.
Download

Kata kunci – Jaringan, Fiber Optik, Sentral Office, dan Redaman.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

88

Andreas Adventus Leong

Analisa Jatuh Tegangan dan Losses pada Jaringan Tegangan Rendah (JTR) pada Penyulang I1 Kota Balikpapan Dengan Pemasangan Photovoltaic (PV) Tersebar

Energi listrik merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya permintaaan kebutuhan akan energi listrik meningkat seiring dengan perkembangan suatu daerah. Pada penyalurannya terdapat beberapa kendala yang sering terjadi diantaranya adalah jatuh tegangan. Permasalahan ini tidak dapat dihindari namun dapat di minimalisir. Jatuh tegangan sangat berpengaruh pada kualitas dari penyaluran energy listrik. Dikarenakan masalah tersebut salah satu upaya untuk meminimalisir jatuh tegangan adalah dengan penetrasi PV sebagai Distributed Generation. Efektivitas dari penetrasi PV akan dilihat dari lokasi penempatan PV dan besar nya daya penetrasi dari PV. Pada analisa dan pembahasan, penetrasi PV tersebar dalam tiga (3) Skenario yang disebut sebagai Skenario PV Farm dimana disetiap skenario masukan daya PV nya adalah 10%, 30%, 50% dari total beban saat keadaan normal dan lokasi penempatannya dibagi menjadi tiga (3) yaitu dekat dengan sumber, pertengahan jaringan, dan ujung jaringan. Dalam Penelitian ini didapatkan hasil bahwa penetrasi PV mampu mempengaruhi suplai daya Grid (sumber) pada situasi normal suplai daya sebesar 5302 kW namun saat penetrasi 10% pada skenario 1 suplai daya menjadi 4896 kW. Hasil terbaik juga didapatkan dalam memperbaiki losses jaringan yaitu pada penetrasi 50% pada skenario 2 yaitu sebesar 0.215 MW dari losses normal yaitu 0.535 MW.
Download

Jatuh Tegangan, Losses, Distributed Generation

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

89

Musmulyadi

Prototipe Automatic Reversible Air Flow Grain Drayer System Berbasis Microcontroller Arduino Nano Atmega 328P

Pengeringan pasca panen hingga saat ini masih di lakukan oleh petani dengan metode tradisional yakni dengan cara menabur dan meratakan padi di bawah sinar matahari yang bertujuan untuk mengurangi klembaban padi. pada proses ini memakan waktu dan tenaga yang sangat lama yang di mana bisa memakan waktu 1 minggu lamanya yang mana tergantung pada tingkat kecerahan cuaca. Maka dari itu penulis bertujuan membuat prototipe pengeringan gabah yang menggukana arduino uno lebih mudah (dalam prosuder pengeringan gabah) yang dapat memberikan hasil gabah yang terbaik dengan berstandar Badan Urusan Logistik (BULOG). Dari hasil ulasan menunjukan bahwa proses pengeringan gabah yang dilakukan dengan menggunakan aliran Airflow ini dapat membuat aliran udara panas pada ruangan pengering gabah secara merata.
Download

Gabah,arduino uno ,Relay, belower, pematik api, Sensor DHT 21, LCD (Liquid Crystal Display).

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

90

Sal Sabila Eka Pratama Yudha

Purwarupa Sistem Pemantauan Gejala Aritmia Dan Hipoksemia Berbasis Internet Of Things

Teknologi oximeter pintar terus mengalami perkembangan. Namun, masih banyak ditemukan kekurangan-kekurangan pada penelitian sebelumnya. Kekurangan-kekurangan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya diantaranya alat yang hanya mengukur kadar oksigen dalam darah (SpO2) tanpa mengukur heart rate, alat tidak bekerja real-time disebabkan oleh pemilihan platform IoT yang kurang tepat, sistem pembacaan denyut nadi dan kadar oksigen dalam darah yang tidak tervalidasi dengan kalibrator, penggunaan modul komunikasi data yang terbatas jangkauannya seperti bluetooth, serta alat yang kurang portabel (harus menggunakan catu daya listrik PLN). Menanggapi permasalahan tersebut, penulis membangun oximeter pintar yang digunakan untuk skrining awal dalam menganalisis gejala aritmia dan hipoksemia. Sistem ini dapat memantau keadaan karyawan PLN lewat denyut nadi dan dapat memanggil pegawas K.3/security PT. PLN (Persero) UP2D Kaltimra yang ditugaskan. Alat ini dibangun menggunakan sensor MAX30100 untuk memantau kadar oksigen dalam darah dan denyut nadi karyawan. Sistem yang dibangun berbasiskan Internet of Things (IoT), dimana notifikasi pemantauan detak jantung pasien akan langsung terhubung ke smartphone pegawas K.3/security PT. PLN (Persero) UP2D Kaltimra. Untuk keperluan medis di lingkungan PT. PLN (Persero) UP2D Kaltimra, dibutuhkan alat penunjang kesehatan yang memiliki tingkat keakuratan pengukuran yang baik. Pada penelitian ini didapatkan hasil pengujian alat yang memuaskan. Dalam pengujian sensor detak jantung (BPM) dan kadar oksigen (SpO2) dalam darah, didapatkan rata-rata tingkat kesalahan masing-masing sebesar 0,85 % dan 0,58%.
Download

Oximeter pintar, Internet of Things, Kesehatan, MAX30100.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

91

Imam Syamsudin

Analisa Pengaruh Shutdown PLTG Senipah Terhadap Perubahan Tegangan Dan Susut Daya Pada Sistem Interkoneksi Kalimantan Berbasis Digsilent

PT. PLN (Persero) sebagai satu-satunya perusahaan BUMN penyedia energi listrik yang mempunyai tanggung jawab dalam memenuhi setiap kebutuhan energi listrik dengan kontinyuitas dan kualitas pelayanan listrik sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Pada kasus perubahan tegangan turun dan susut daya, PT. PLN (Persero) bertanggung jawab untuk meminimalisir kejadian tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa seberapa besar pengaruh PLTG Senipah unit 2 yang saat beroperasi di beban 27 MW dan 6.76 MVar terhadap perubahan tegangan dan susut daya pada sistem Interkoneksi Kalimantan. Analisa peneliti menggunakan program DIgSILENT PowerFactory 15.1.7. Dalam analisa menggunakan 2 skenario data yaitu data eksisiting dan data simulasi. Data eksisting adalah data yang diambil dari pengoperasian sistem Interkoneksi Kalimantan pada tanggal 8 April 2021 sedangakan data simulasi adalah data yang diambil pada program DIgSILENT saat PLTG Senipah unit 2 shutdown. Dari hasil analisa diperoleh hasil yaitu saat PLTG Senipah unit 2 shutdown menyebabkan penurunan tegangan sistem rata-rata sebesar 1.16 % dan terjadi kenaikan susut daya sistem dari 2.60 % menjadi 2.68 %. Dalam analisa juga diperoleh perubahan beban pembangkit lainnya sebagai backup akibat PLTG Senipah unit 2 shutdown yaitu pembangkit PLTU GPK unit 1 dari beban 68.66 MW dan 19.89 MVar menjadi 96.62 MW dan 29.91 MVar.
Download

Tegangan Turun, Susut Daya, DIgSILENT

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

92

Setyo Adi Wicaksono

Analisa Pengaruh Shutdown PLTU Teluk Balikpapan Terhadap Susut Daya Dan Jatuh Tegangan Pada Sistem Interkoneksi Kalimantan Berbasis Digsilent

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh shutdown PLTU Teluk Balikpapan unit 1 terhadap susut daya dan jatuh tegangan pada sistem interkoneksi Kalimantan. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan simulasi aliran daya menggunakan software DiGSILENT Power Factory 15.1. Pada penelitian ini ada 2 skenario kondisi yang sudah disimulasi yaitu skenario pertama sesuai kondisi sistem interkoneksi Kalimantan tanggal 08 april 2021 dan skenario kedua PLTU Teluk Balikpapan unit 1 shutdown. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa hilangnya suplai PLTU Teluk Balikpapan unit 1 80 MW dan 23.34 MVAr menyebabkan kenaikan susut sistem dari 2.6% menjadi 2.82% dan penurunan tegangan sistem sebesar 1 – 3 % dari tegangan nominal dengan respon sistem PLTU CFK unit 3 sebesar 25 MW dan 10.67 MVAr, PLTU Kaltim ll unit 1 sebesar 7.64 MW dan 12.48 MVar serta PLTU Kaltim ll unit 2 sebesar 50 MW dan 7.12 MVAr.
Download

Jatuh Tegangan, Susut Daya, DiGSILENT

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

93

Tiyo Eko Saputra

Optimasi Unit PLTU Indoeka Di Embalut Menggunakan Metode Lagrange Multiplier Dan Kurva Kapabilitas Generator

Biaya pembangkitan energi listrik terbesar ada pada biaya bahan bakar. Karakteristik pembangkit, batas maksimum dan minimum kapasitas pembangkit berpengaruh secara ekonomis pada pengoperasian pembangkit sehingga diperlukan pola operasi pembebanan pembangkit yang optimal. Tujuan penelitian ini memaparkan pembagian beban pada setiap pembangkit PLTU Indoeka yang berada di Embalut untuk mencapai kondisi operasi yang optimal dan ekonomis. Data pembebanan yang digunakan yaitu data tanggal 13 Januari 2021. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan metode lagrange multiplier dengan tahapan perhitungan Karakteristik Input-Output unit pembangkit PLTU Indoeka, Regresi Polinomial, Metode Crammer dan analisis. Hasil tugas akhir ini membandingkan antara realisasi 13 Januari 2021 dan metode lagrange multiplier diperoleh besarnya pembagian beban pada setiap unit pembangkit PLTU Indoeka dengan rata-rata simpang galat unit #1 sebesar 2.12% dan unit #2 sebesar 2.12% serta pada pukul 24:00 WITA dengan total pembangkitan sebesar 117.06 MW memperoleh biaya pembangkitan yang lebih ekonomis sebesar Rp 126,941.11.
Download

Metode Lagrange Multiplier

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

94

Trisna Yosua Nainggolan

Perancangan Alat Pelaporan Gangguan TCS Pada Proteksi PMT 150 KV GI Karang Joang Secara Realtime Menggunakan Media Whatsapp

PERANCANGAN ALAT PELAPORAN GANGGUAN TRIP COIL SUPERVISORY (TCS) PADA PROTEKSI PMT 150KV GI KARANG JOANG SECARA REAL TIME MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP
Download

Trip Coil Supervisory, Mikrokontroller, Whatsapp

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

95

Roza Dwimantara

Sistem Deteksi Masker Pada Wajah Menggunakan Metode Convolutional Neural Network dan YOLOv4

Pada masa pandemi tidak kunjung selesai samapai saaat ini yang disebabkan oleh virus Covid-19 yang termasuk jenis virus RNA. Oleh sebab itu pada masa pandemi yang masih berjalan sampai saat ini, masyarakat dihimbau untuk mengikuti protokol kesehatan salah satunya adalah memakai masker disaat keluar rumah atau berpergian. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah, dengan demikin perlunya sebuah teknologi pendeteksian masker yang dipasang pada berbagai tempat keramaian. Pada saat ini teknologi dari Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegent) menjadi pembelajaran yang banyak dilakukan, salah satunya metode Deep Learning yang berjalan dibidang komputer. Penelitian ini berfokus sistem pendeteksian masker pada wajah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeteksi masker pada wajah dan mengklasifikasi seseorang sedang menggunakan masker atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode CNN dan YOLOv4 yang telah dilatih untuk menjadi model yang digunakan pada sistem. Data citra menggunakan format jpg/jpeg yang berjumlah 30 foto tersebut diuji coba. Hasil pengujian menggunakan model dari YOLOv4 memiliki kecepatan komputasi kurang dari 0,1 detik, lalu akurasi pendeteksian yang tinggi hampir mencapai 100%, dan nilai eror dari pengujian kurang dari 1%. Sedangkan metode CNN memiliki kecepatan komputasi kurang dari 1 detik, lalu akurasi pendeteksian dibawah 80%, dan nilai eror yang tinggi dari pengujian hampir mencapai 30%. Metode CNN dan YOLOv4 dapat diterapkan dan dikembangankan lagi dalam sistem pendeteksian masker pada wajah dengan menambah dataset untuk melatih model yang digunakan.
Download

Deteksi Masker, Metode Convolutional Neural Network, Metode YOLOv4

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

96

Bayu Prasetyo

Rancang Bangun Pompa Pemisah Minyak dan Air Pada Tanki Minyak Pelumas Turbin Uap

Untuk menjaga kondisi turbin uap dalam keadaan optimal diperlukan sistem pelumasan dan kualitas minyak yang baik. Beberapa upaya yang dilakukan adalah menjaga kadar minyak tidak tercampur air dengan metode purifiying dan drain kandungan air (free water) pada tanki minyak pelumas setiap 12 jam sekali secara manual. Untuk mengoptimalkan kerja operator maka penulis merancang sebuah pompa untuk membuang kandungan air dalam tanki minyak yang beroperasi secara otomatis berdasarkan level air. Dalam penelitian ini menggunakan mikrokontroler ardunio, level elektroda untuk mengukur ketinggian air, dan pompa submersible 5 VDC. Perancangan pompa otomatis pemisah air dan minyak menggunakan Arduino nano berfungsi membuang kandungan air (free water) dari dalam tanki minyak, jika ketinggian airnya diatas setpoint maka pompa akan beroperasi secara otomatis. Penggunaan sensor elektroda sebagai sensor level bertujuan untuk memantau ketinggian air dibawah minyak, secara umum lebih ekonomis dan mudah dibuat sendiri dibanding sensor jenis lain. Pada 30 kali percobaan didapatkan nilai rata-rata error sistem sebesar 14,67%. Maka penelitian ini memiliki akurasi sebesar 85,33% dengan rata-rata waktu pemisahan selama 108 detik dan data realisasi sebesar + 0,5cm dari data setpoint.
Download

Pompa Otomatis, Oil Separator, Level Elektroda

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

97

Muhamad Jaya Mayyasa

Identifikasi Cacat Las Pada Hasil Penetrant Test Menggunakan Metode Gray Level Co-Occurance Matrix dan K-NN

Proses pengelasan merupakan hal yang sangat umum dilakukan dalam kegiatan industri. Hasil pengelasan tentunya harus dinilai agar kualitas dari hasil pengelasannya terjamin. Kualitas dari hasil pengelasan dapat dilihat dari ada tidaknya cacat pada permukaan area las. Dengan AI, proses pemeriksaan kualitas dari hasil pengelasan dapat dilakukan secara cepat, mudah dan akurat. Cacat pada hasil las dapat ditangkap sebagai citra dan dianalisa menggunakan AI. Penelitian ini berfokus pada identifikasi cacat las pada hasil tes penetrant menggunakan metode Grey Level Co-Occurance Matrix (GLCM) dan K-Nearest Neighbor. Klasifikasi pada penelitian ini terbagi menjadi 4 kelas yaitu good, porosity, transverse dan longitudinal dengan data uji sebanyak 80 citra yang terdiri dari 20 citra good, 20 citra porosity, 20 citra transverse dan 20 citra longitudinal. Dari 80 data uji, diperoleh total error sebesar 15%. Akurasi dari masing masing jenis kelas yaitu kelas good sebesar 90%, kelas porosity sebesar 85%, kelas transverse sebesar 80% dan kelas longitudinal sebesar 85% dengan total akurasi sebesar 85%.
Download

identifikasi cacat pengelasan ; GLCM ; klasifikasi K-Nearest Neighbor

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

98

Khris Dianto Tombokan

Efisiensi Pada PLTU UBJOM Kaltim Teluk

Pembangkit Listrik Tenaga uap dengan melihat berbagai permasalahan yang timbul maka dirasa penting untuk melakukan tersebut,khususnya efisiensinya Perhitungan yang matang serta pengaruh dari faktor-faktor yang yang tidak terduga merupakan salah satu faktor penting juga dalam menjaga supaya nilai efisiensi tetap baik Proses pembangkitan listrik khususnya pada PLTU terdapat nilai efisiensi unit 1 35,77 % & unit 2 32,68 %.Hasil perhitungan diperoleh efisiensi Boiler sebesar 89,38%,Qout Kondensor 671,664 MW dan Konversi energi Gross 38,38% .Fungsi pada PLTU hampir 2/3 kalor yang keluar dari boiler hilang dikondensor. Hal ini diakibatkan karena proses konversi dari energi termal ke mekanik tidak mudah, dibutuhkan siklus yang harus membuang sebagian besar kalor nya.Pada perhitungan efisiensi menggunakan analisis distribusi daya thermal didapatkan efisiensi gross sebesar 34,30% dan efisiensi neto PLTU sebesar 32,13%.
Download

efisiensi PLTU

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

99

Beni Santoso

Penerapan Tegnologi QR Code Berbasis Web Untuk Absensi Pada PT Pertamina RU V Balikpapan

Dalam pemanfaatan teknologi informasi pada sebuah perusahaan monitoring absensi karyawan sangat penting untuk dapat meningkatkan kinerja karyawan suatu perusahaan, sebab absensi sendiri adalah salah satu acuan perusahaan untuk menilai hasil kerja atau kedisiplinan seseorang karyawan. Monitoring absensi pada perusahaan biasanya masih dilaksanakan secara manual dan hal ini sangat tidak efisien. Oleh karena itu perlu juga diterapkan dalam hal teknologi yang berguna untuk membantu proses absensi yaitu sistem monitoring absensi berbasis web dengan memanfaatkan QR Code untuk menandai kehadiran karyawan. Karena hal tersebut dapat meningkatkan kualitas sistem pada perusahaan dan meminimalisir kesalahan dalam hal input data ataupun kecurangan pada saat input data. Dikarenakan permasalahan tersebut, maka pada tugas akhir ini akan dilakukan penelitian tentang penerapan teknologi QR Code berbasis web untuk absensi pada PT Pertamina RU V Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatan teknologi QR Code dalam hal absensi dan memonitoring absensi berbasis web.
Download

QR Code, absensi, android, flutter

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

100

Muhammad Ramadani

Simulasi Dampak Penetrasi Turbin Angin Terhadap Power Grid dan Short Circuit pada Penyulang I1 Up3 Balikpapan

Power losses and Short Circuit are two problems that often occur in the distribution of electrical energy from the generator to the customer. High power losses will result in a decrease in the quality of electrical energy. Short circuit, an increase in current value that exceeds a reasonable limit will result in a fire, this is because the increase in current will affect the temperature of the network. In this study, the configuration of the wind turbine on the distribution network is carried out, the wind turbine will later act as an additional supply of power when it is distributed. Data processing from the results of the power flow scheme and short circuit is very important for evaluating the reliability of the distribution network system. The results of the power flow scheme will also be used as the basis for wind turbine generation. The results of this study indicate the value of power losses has decreased. The value of power losses decreased by an average of 0,003MW in each scenario that was run. In the short circuit there is also an increase in the current value, the highest occurs in scenario2 with 50% generation. The increase in the current value becomes 0,744 KA from the normal condition which is 0,141 KA. Rugi – rugi daya dan Short Circuit merupakan dua masalah yang sering terjadi pada penyaluran energi listrik dari pembangkit kepada pelanggan. Rugi – rugi daya yang tinggi akan mengakibatkan menurunnya kualitas energi listrik. Pada short circuit kenaikan nilai arus yang melebihi batas wajar akan mengakibatkan terjadinya kebakaran, hal ini karena kenaikan arus akan memengaruhi suhu dari jaringan. Pada penelitian ini dilakukan konfigurasi turbin angin pada jaringan distribusi, turbin angin nantinya akan berperan sebagai suplai tambahan daya ketika dilakukan penyaluran. Pengolahan data dari hasil skema aliran daya dan short circuit sangat penting untuk bahan evaluasi terhadap kehandalan sistem jaringan distribusi. Hasil dari skema aliran daya juga akan digunakan sebagai dasar pembangkitan turbin angin. Hasil penelitian ini menunjukan nilai dari rugi – rugi daya mengalami penurunan. Nilai rugi – rugi daya mengalami penurunan dengan rata – rata 0,003MW pada tiap skenario yang dijalankan. Pada short circuit juga terjadi kenaikan nilai arus yang paling tinggi terjadi pada skenario2 dengan pembangkitan 50%. Kenaikan nilai arus menjadi 0,744 KA dari keadaan normal yang sebesar 0,141 KA.
Download

Studi Aliran Daya, Short Circuit, Rugi – Rugi Daya

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

101

Rustan Arifin

Identifikasi Tingkat Kandungan Klorin Pada Air Laut Berdasarkan Pengolahan Citra Dengan Menggunakan ANN & Program Matlab.

Teknologi pengolahan citra digital (Digital Image Processing) dapat digunakan pada bidang hidrologi, yaitu untuk mengidentifkasi kandungan klorin pada air laut, klorin sangat diperlukan dalam dunia industri, klorin berfungsi mencegah tumbuhnya alga pada pipa, namun kandungan klorin yang berlebihan dapat merusak merusak membran filter RO pada pengolahan air minum, serta air buangan yang mengandung klorin terlalu tinggi melanggar peraturan Menteri Lingkungan Hidup. Air laut yang dianalisa pada penelitian ini adalah air laut pada perusahan pengolahan gas bumi lepas pantai yang berada di Selat Makassar, pengukuran secara manual serta memebandingkan dengan citra hasil pemotretan larutan air laut dengan berbagai tingkat kandungan klorin, kemudian citra gambar diolah untuk memperoleh nilai pixel gambar yang selanjutnya dapat digunakan sebagai data inputan untuk menentukan output dengan menggunakan metode ANN. Hasil pengukuran secara manual kemudian dibandingkan dengan hasil yang diperoleh dari hasil pengolahan citra dan klasifikasi dengan Model ANN memberikan hasil output class sesuai dengan target class yang diinginkan sehingga model tersebut dapat digunakan untuk memprediksi/mengidentifikasi kandungan Klorin pada air laut yang belum diketahui outputnya.
Download

Pengolahan Citra Digital, Klorin, ANN, MATLAB

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

102

Putut Wahyu Cahyono

Perancangan Sistem Automasi Kandang Bebek Pintar Berbasis IoT (Internet Of Things)

Peternakan merupakan salah satu bidang usaha dengan prospek yang menjanjikan karena dalam kehidupan sehari-hari manusia sangat berhubungan dengan makanan yang menggunakan daging. Daging bebek salah satu daging yang banyak digemari, selain memiliki rasa daging yang khas daging bebek diketahui juga memiliki kandungan mineral dan fosfor yang tinggi dibandingkan dengan daging ayam. Namun dalam kehidupan di peternakannya, banyak kendala yang dihadapi peternak bebek salah satunya adalah kematian pada saat usia DOD (Day Old Duck) yang tinggi karena bisa dikatakan kurangnya pengetahuan para peternak bebek tradisional mengenai manajemen kandang yang baik dan tepat seperti pengaturan suhu kandang yang ideal, arah kandang, tinggi kandang dan lain sebagainya. Dengan menggunakan sistem yang ter-otomasi dan pintar diharapkan dapat membantu peternak dalam pengembangan usaha dan peningkatan hasil panen. Sistem ini menggunakan ubidots sebagai platform IoT. Aplikasi ini merupakan platform yang memudahkan user dalam pengambilan data dari sensor dan kemudian mengubahnya menjadi informasi secara realtime. Untuk membantu user dalam pengumpulan data disatu penyimpanan, Ubidots juga menyediakan API (Application Programming Interface) untuk melakukan perubahan dan pengambilan data dari web server secara langsung atau online. Dalam hasil akhirnya platform Ubidots dapat melakukan pengontrolan sistem penghangat, pompa air dan monitoring suhu kelembaban dari aplikasi secara real time maupun pengambilan data kembali menggunakan API pada web server sehingga didapatkan suhu dan kelembaban kandang yang sesuai dengan siklus hidup bebek.
Download

Peternakan, Kandang bebek, Sistem pintar, IoT.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

103

Wijanarko Setiawan

Rancang Bangun Penyortir Buah Jeruk Lokal Berbasis Arduino Dengan Menggunakan Sensor Warna TCS3200

Pemilihan buah jeruk merupakan pekerjaan yang rutin dilakukan pada saaat panen buah jeruk. Oleh karena itu pekerjaan ini memerlukan suatu alat yang memudahkan pada saat penyortiran jeruk yang sudah matang dan belum masak. Pada penelitian ini akan merancang sebuah alat penyoritr buah jeruk menggunakan Arduino Nano sebagai Microcontroller, Sensor Warna TCS3200, Sensor Photodiode, serta Motor Servo dan motor DC. Metode yang dilakukan penulis adalah diawali dengan mendesain alat, membuatnya kemudian melakukan uji coba dan pengukuran. Cara kerjanya ketika jeruk diletakan di atas konveyor maka senor TCS3200 akan mendeteksi warna jeruk tersebut dan sensor photodiode mengirim signal ke motor dc untuk menggerakan konveyor. Ketika konveyor berjalan buah jeruk dari tingkat kematangan dari warna serta ukuran maka pintu palang motor servo akan menentukan kearah mana jeruk tersebut. Dari pengujian yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dalam pengontorolan manual dengan keberhasilan 90% dalam 9 kali percobaan. Alat ini peniliti buat untuk digunakan petani jeruk untuk menyortir hasil panen buah jeruk tersebut. Penambahan fitur untuk menyimpan status dan jumlah buah jeruk yang telah disortir dengan menggunakan EEPROM pada Arduino.
Download

Arduino Uno, Sensor Warna TCS3200, Penyortir Jeruk

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

104

Muhammad Refaldo

Analisis Penggunaan NGR (Neutral Grounding Resistance) Pada Generator Singkron 6 KV, 32 MW di PT Nippon Indosari Corpindo

Intisari— Pnelitian ini hubung singkat yang terjadi pada generator merupakan jenis gangguan yang sering terjadi pada jaringan listrik. Entah hubung singkat antara kabel konduktor-tanah atau hubung singkat antara kabel fase yang berbeda. Ketika terjadi gangguan, aliran arus di saluran transmisi yang menuju ke pusat gangguan sangat besar, sehingga stabilitas seluruh sistem terganggu karena peralatan pelindung diharapkan dapat mendeteksi gangguan dan kemudian mengisolasi rangkaian rangkaian normal. Gangguan yang terjadi pada unit generator ada beberapa macam ialah 1 fasa ketanah, 3 fasa ketanah dalam masalah ini membahas tentang arus gangguan yang terjadi 1 fasa ketanah. Masalah pada Generator yang sering terjadi adalah tegangan atau arus yang dihasilkan tidak stabil, sementara putaran mesinnya normal 1500rpm 50Hz. Ketika hal itu terjadi, sudah bisa dipastikan permasalahannya ada pada generator dari sistem kelistrikannya permasalahan yang sering terjadi; tegangan listrik berkurang, tegangan listrik terlalu tinggi, tegangan listrik tidak stabil/turun naik, dan generator tidak mengeluarkan tegangan.Generator yang digunakan berkapasitas 32MW. Dilakukan perhitungan short circuit 1 fasa ketanah menggunakan system pentanahan solid grounding dari generator siemens. Yang dilakukan agar mengetahui nilai dari short circuit 1 fasa ketanah
Download

Fasa, Short circuit, grounding, solid grounding.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

105

Andrianto Wahyuda

Analisis Teknis dan Ekonomis Modifikasi Auto Choke Controller Berbasis PLC Dalam Menangani Fenomena Kepasiran Di Anjungan Lapangan Peciko PT.Pertamina Hulu Mahakam

Sand is a problem that can occur in the production stage. This problem is characterized by the production of sand along with formation fluids which can eventually damage production facilities on the surface, causing gas leaks which in turn can lead to catastrophic fire and explosion accidents. unconsolidated, namely grains, another cause is a decrease in reservoir pressure causing an increase in the amount of overburden pressure received by a rock layer to other rock layers above it, so that sand grains from the rock layer are very likely to be released and produced together with formation fluids and other causes of sand production, namely When the condition of the flow rate of fluid production to the surface is above the critical flow rate, it causes erosion of the rock layer by the formation fluid flow and lifts the sand to the surface.
Download

sand, production, formation fluids, rock layer, gas leak, explosion

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

106

Ahmad Ari wibowo

Analisis koordinasi dan perhitungan overcerrent relay di pembangkit listrik tenaga gas sanipah 2X41 Mw

Pembangkit Listrik memproduksi listrik berkelanjutan tanpa berhenti, yang dapat memberhentikan proses produksi listrik adalah kegiatan perawatan mesin generator secara terjadwal atau terdapat suatu gangguan/ hubung singkat Terdapat jenis – jenis hubung singkat yaitu hubung singkat tiga fasa, hubung singkat antar fasa dan hubung singkat satu fasa ketanah. hubung singkat tersebut dapat membuat peralatan mengalami kerusakan, sehingga produksi dapat berhenti dalam waktu yang lama. Kerugian akan dialami oleh perusahaan jika produksi energi listrik berhenti. Oleh karena itu diperlukan suatu metode untuk mengatasi masalah tersebut. Permasalahan tersebut yang menjadi latar belakang penelitian ini, penulis ingin melakukan simulasi setting relay proteksi Over Current Relay (OCR) Pada pengujian perhitungan setting relay OCR pada generator 1 pada line Air compressor. Dengan menggunakan setting relai 10 adalah Iset 261,45 A dan time dial sebesar 0,225886, setting relai 17 adalah Iset 2438,205A dan time dial sebesar 0,268566 dan setting relai 18 adalah Iset 2458,205 dan time dial sebesar 0,271393. Dengan menggunakan setting OCR tersebut dapat mengatasi Short Circuit dan dapat mengisolasi sistem dengan baik. Besar nilai gangguan ISC 39,57 KA. relai yang bekerja pertama adalah relai utama yaitu relai 10 kemudian relai 17 dan selanjutnya adalah relai 18, sedangkan relai yang lain tidak mengalami gangguan dapat tetap beroperasi
Download

OCR, Relai, Hubung Singkat

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

107

Heru Iswahyudi

Perancangan Kacamata Anti Fatigue Kendaraan Bermotor Berbasi Arduino Uno

Kondisi lelah waktu mengendarai kendaraan bisa mengakibatkan kurangnya taraf kewaspadaan terhadap hal yg terjadi pada jalan sebagai akibatnya kelelahan bisa menyumbang lebih berdasarkan 25% penyebab kecelakaan. Untuk mencegah & menanggulangi hal tersebut, diperlukan pemantauan pengemudi buat mendeteksi syarat pra-mengantuk.Penelitian tentang Perancangan Kacamata Anti Fatigue Kendaraan Bermotor Berbasis Arduino Uno bertujuan untuk mengawasi dan menentukan kondisi pengguna dalam keadaan fatigue atau tidak saat mengendarai kendaraan bermotor, dan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan dalam berkendara.Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti Arduino UNO sebagai otak dalam mengendalikan seluruh komponen,IR Sensor sebagai input pendeteksi kedipan mata, Buzzer sebagai peringatan langsung kepada pengguna, dan Shield GSM SIM 900 untuk menerima peringatan berupa SMS.Alat ini juga di lengkapi dengan BATERAI yang dapat di isi ulang.Dari hasil penelitan buzzer akan terus berbunyi selama mata pengguna alat dalam kondisi tertutup dan atasan akan menerima pesan maksimal sebanyak 3 kali.Alat ini dapat digunakan oleh semua pengendara kendaraan bermotor.Namun alat ini peneliti buat untuk operator alat berat di mana tingkat resiko kecelakaan yang terjadi di area tambang sangat besar di bandingkan area lalu lintas.
Download

Arduino UNO, IR Sensor, Buzzer, Shiled GSM SIM 900, SMS, Baterai

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

108

Dara Amelia Ula

Optimalisasi Kinerja Trafo Distribusi di PT PLN (Persero) ULP Longikis dengan Mutasi Trafo

Penting bagi sebuah pengelola tenaga listrik untuk memastikan ketersediaan tenaga listrik dalam jumlah yang cukup dan tingkat mutu pelayanan sesuai standar. Salah satu aset yang paling penting dalam bisnis penyediaan ketenaga listrikan adalah trafo distribusi. Pembebanan lebih, efisiensi trafo yang rendah serta kenaikan suhu yang berlebihan sudah dikenal sebagai faktor yang mempengaruhi turunnya kemampuan kerja trafo. Oleh karena itu, perlu dilakukan manajemen trafo secara rutin salah satunya dengan mutasi trafo agar dapat mengoptimalkan kinerja sebuah trafo distribusi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja trafo distribusi di PLN ULP Longikis yang memiliki pembebanan berlebih dan kinerja rendah. Dengan menggunakan metode perhitungan matematis serta analisis, dapat diketahui pembebanan trafo distribusi yang ada. Selanjutnya dilakukan perhitungan efisiensi dan menentukan trafo yang harus di mutasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mutasi trafo dapat memperbaiki persentase pembebanan dan efisiensi trafo. Seperti pada trafo LKL0075 yang sebelumnya memiliki persentase pembebanan 104,85% setelah dilakukan mutasi trafo pembebanannya menjadi 52,42% dan terdapat kenaikan efisiensi trafo yang semula 97,81% setelah di lakukan mutasi trafo efisiensi nya menjadi 98,28%.
Download

trafo distribusi, pembebanan, efisiensi, mutasi trafo

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

109

Gunawan

Rancang Bangun Pengukur Suhu Menggunakan Sensor Inframerah MLX90614 Berbasis Arduino

Pada bidang industri saat ini, pengukuran suhu melingkupi kebutuhan dan penggunaan. Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, maka dikembangkan berbagai macam sensor. Salah satu sensor yang digunakan adalah sensor suhu inframerah yang bisa mengukur suhu tanpa harus menyentuh objek benda (contactless berbagai macam ). Pada percobaan ini, penulis menggunakan sebuah sensor suhu inframerah MLX90614 berbasis Arduino Uno yang mana mengukur suhu dari 2 secara bergantian yaitu suhu es batu dan objek benda suhu air yang dipanaskan dengan kompor gas. Pengukuran dilakukan seca objek benda. ra contactless dengan jarak maksimal 1 cm dari Layar LCD menampilkan hasil pengukuran secara real time setiap detik dengan satuan °C dan dapat disimpan pada MicroSD card dengan format .txt . Hasil pengukuran suhu sensor suhu MLX90614 akan diba ndingkan dengan hasil pengukuran suhu termometer alkohol. Data pengukuran yang disimpan pada MicroSD card dapat dilihat melalui komputer dengan aplikasi Notepad
Download

pengukuran suhu, contactless, sensor suhu inframerah, Arduino Uno vi

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

110

Muhammad Rezki Yasin

Perancangan Keamaan Doorlock Menggunakan E-KTP Dengan NodeMCU ESP8266 dan MODULE RFID RC522

Perkembangan Teknologi begitu pesat membuat kebutuhan teknologi semakin bertambah. Manusia cenderung menggunakan teknologi untuk menunjang kinerja dan kebutuhan. Pada kondisi saat ini dunia telah di kejutkan dengan wabah Corona Virus Disease atau biasa disebut dengan COVID-19.Pekembangan teknologi berimbas pada penggunaan alat bantu untuk menjadikan pekerjaan lebih mudah dan praktis. Menggunakan teknologi pula seseorang dapat melakukan aktifitas dengan praktis dan efesien, salah satunya adalah sistem pengunci dan pembuka pintu memanfaatkan E-KTP sebagai modul RFID. Sistem pengunci pintu saat ini masih menggunakan kunci konvensional, sehingga kurang efisien untuk rumah dengan banyak pintu karena terlalu banyak kunci yang harus dibawa, selain itu kunci konvensional mudah dibuka oleh pencuri. Sehingga diperlukan kunci yang lebih praktis dan efisien, dari masalah tersebut penulis mempunyai gagasan untuk menghasilkan alat pengaman pintu yang aman dan praktis berbasis RFID dengan memanfaatkan e-KTP sebagai RFID tag sebagai pengaman pintu rumah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa simulasi alat pengaman pintu diharap dapat beroperasi dengan baik, sesuai rancangan yang dibuat. RFID reader yang digunakan memiliki frekuensi 13,56MHz yang diletakkan dalam box dengan tebal 2mm dapat membaca ID e-KTP dengan jarak maksimal 1.8cm. Solenoid dapat membuka pengunci pintu apabila ID e-KTP sesuai dengan memori mikrokontroler NodeMCU ESP8266 , solenoid akan mengunci kembali dalam waktu 3 detik.
Download

NodeMCU ESP8266, Selenoid, Module RFID RC522, Modul Relay 5v Low Level Trigger, Buzzer Alarm

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

111

Abdul Mutaqin

Simulasi Pengaturan Kecepatan Motor Induced Draf Fan (IDF) Menggunakan Variabel Speed Drive Pada PLTU Teluk Balikpapan Berbasis Simulink Matlab

Salah satu target kinerja unit pengendalian pembangkitan Balikpapan yaitu besarnya pemakaian sendiri pembangkit (PS KIT) harus dibawah 10%. Kinerja operasi handal dan penghematan energi pada pembangkit dengan kapasitas terbesar di unit pengedalian pembangkitan Balikpapan yaitu PLTU Teluk Balikpapan 2x110 MW sangat mempengaruhi realisasi hasil kinerja PS KIT. Salah satu cara paling optimal menghemat energi pemakaian sendiri PLTU Teluk Balikpapan 2x110 MW yaitu mengefisiensikan operasi sistem motor Induced Draft Fan (IDF) dengan cara mengatur kecepatannya sesuai kebutuhan menggunakan variable Speed Drive (VSD). Hasil pengujian pada simulasi software MATLAB simulink R2016b dari sistem operasi IDF menggunakan VSD disimpulkan bahwa konsumsi energi listrik lebih efisien dibanding tanpa VSD karena putaran motor bisa dioperasikan sesuai kebutuhan unit.Perhitungan keuntungan finansial nilai rupiah dari selisih daya penghematan energi system tanpa VSD dengan system menggunakan VSD dalam satu bulan adalah Rp 201.818.413,00
Download

IDF,VARIABLE SPEED DRIVE

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

112

Sultan

Rancang Bangun Sistem Absensi Karyawan PT Radiant Utama Interinsco Tbk Berbasis RFID dan Database

Pencatatan absensi karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang minyak dan gas di kota Balikpapan, PT Radiant Utama Interinsco Tbk tentu perlu memiliki alat absensi sebagai bagian penunjang dalam menentukan prestasi kerja, gaji dan produktivitas untuk kemajuan perusahaan secara umum. Tetapi mengingat banyaknya kasus positif COVID-19 yang marak terjadi sampai saat ini di kota Balikpapan, untuk mengurangi penyebaran dan kontak langsung menggunakan alat absensi koventional dan Fingerprint khususnya di PT Radiant Utama Interinsco Tbk, maka dibutuhkanlah alat serta sistem absensi lain yang lebih less-Contact dengan menggunakan sensor RFID Reader dan diintegrasikan dengan database MySQL pada program XAMPP dengan harapan dapat mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 khususnya di PT Radiant Utama Interinsco Tbk dan banyaknya kasus positif COVID-19 yang terjadi di kota Balikpapan pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan dengan memahami dan menafsirkan makna berdasarkan perspektif peneliti dan bersifat derskriptif. Data non-numerik ini berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan, memo, dan dokumen resmi lainnya yang merupakan pendukung terhadap perancangan Sistem Absensi Karyawan PT Radiant Utama Interinsco Tbk . Hasil dari perancangan dan pengujian sistem absensi karyawan baru yang dibuat dengan menggunakan sensor RFID dan diintegrasikan dengan database perusahaan lebih Less-Contact dibandingkan metode sebelumnya. Mode hasil absensi karyawan terrekapitulasi dalam bentuk absensi jam masuk, jam istirahat, jam kembali dari istirahat dan jam pulang yang dapat dicetak harian sehingga dapat memudahkan dan membantu proses administrasi saat dibutuhkan serta dapat mencegah dan mengurangi dampak COVID-19 yang sedang marak terjadi saat ini.
Download

Absensi, Less-Contact, COVID-19, RFID, Database

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

113

Petrus Giovani Kuncoro

Miniatur Lift Barang 3 Lantai Berbasis PLC OMRON

Saat ini sudah sangat banyak gedung-gedung tinggi yang telah dibangun. Namun semakin tinggi gedung yang dibuat, lift sebagai transportasi untuk mengirim barang ke lantai yang lebih tinggi tentunya sangat dibutuhkan. Sistem pengendalian lift barang ini dapat membantu serta mempercepat waktu untuk menuju ke lantai yang lebih tinggi. Sistem ini pengendalian lift ini dibuat menggunakan PLC OMRON CP1E sebagai kontroller. Sistem. PLC juga didukung dengan alat – alat yang lainnya untuk menggerakan kabin secara otomatis yaitu limit switch, push button, relay, motor Dc serta adanya indikasi lampu pada setiap lantai untuk mengetahui keberadaan kabin. Selain itu juga adanya program yang harus di masukan kedalam memori PLC, program tersebut dibuat menggunakan aplikasi cx programmer dan nantinya akan di upload ke memori PLC. Melalui tahap pengujian alat, didapatkan kesimpulan bahwa sistem pengendalian lift ini dapat bekerja dengan baik dan sitem pendukung lainnya.
Download

Lift, PLC OMRON CP1E, CX PROGRAMMER

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

114

Aditya Tri Martakusuma

ANALISA KAPASITAS PEMUTUS TENAGA PENYULANG 20 kV PADA BAY TRAFO DAYA 30 MVA UNIT 2 GARDU INDUK KARANGJOANG DENGAN METODE PERHITUNGAN ARUS HUBUNG SINGKAT

Sistem distribusi jaringan 20 kV merupakan saluran tegangan menegah yang menyalurkan energi listrik dari Gardu Induk ke konsumen. Gangguan hubung singkat sering sekali dialami dalam pengoperasianya. Pemutus Tenaga (PMT) adalah salah satu alat proteksi jaringan listrik, merupakan saklar mekanis yang mampu menutup, mengalirkan dan memutus arus beban dalam kondisi normal maupun dalam kondisi gangguan seperti kondisi hubung singkat. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kapasitas pemutus tenaga dengan metode arus hubung singkat, arus gangguan yang dihitung adalah gangguan hubung singkat tiga phasa pada busbar 20 kV dan pangkal jaringan penyulang 20 kV, hal ini dilakukan karena arus gangguan tersebut merupakan yang terbesar. Hasil tugas akhir ini didapatkan kapasitas PMT penyulang 20 kV pada bay transformator 2 sebesar 10,003 kA untuk INC 20 kV dan sebesar 8,458 kA dan kapasitas PMT yang terpasang di lapangan adalah 25 kA. Perbandingan kapasitas PMT yang terpasang lebih besar terhadap hasil pemilihan rating kapasitas PMT berdasarkan perhitungan, sehingga dapat disimpulkan PMT penyulang 20 kV pada bay transformator unit 2 Gardu Induk Karang Joang masih layak dalam melakukan fungsinya sebagai Pemutus Tenaga.
Download

Gardu Induk, metode arus hubung singkat, rating PMT

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

115

Irvan Dicky Salinding

Perancangan alat pembasami hama padi menggunakan tenaga panel surya

Seperti yang kita ketahui didaerah petani sangat minim penggunaan teknologi dalam pekerjaan mereka, maka dalam skripsi ini penulis akan membuat perancangan alat pembasmi hama menggunakan tenaga panel surya untuk memudahkan pekerjaan masyarakat dan menggurangi adanya penggunaan listrik di daerah kebun/sawah, pada perancangan ini alat sudah di design menjadi otomatis dapat menyala dan akan mati secara otomatis agar memudahkan petani untuk tidak selalu memantau alat tersebut, berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan alat bekerja dengan baik, yaitu pengisian baterai berlangsung normal pada saat matahari terbenam lampu otomatis menyala selama 12 jam. Hanya sedikit kemungkinan lampu bertahan dibawah 12 jam ketika cuaca hujan baterai dapat bertahan 11 jam saja dikarenakan pengisisan baterai tidak maksimal. Ketika panel surya menerima sinar matahari baterai akan kembali mengisi secara otomatis. Alat telah behasil menangkap hama sebanyak 11 kali dan jumlah hama yang di dapat sebanyak 53 ekor yang terperangkap di alat dikarenakan banyak factor yang mempengaruhi yaitu petani sudah menemprotkan pestisida ke area sawa, penulis melakukan perpidahan alat, dan factor cuaca yang cenderung hujan membuat hama tidak keluar.
Download

Panel surya, Petani, Perangkap hama

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

116

Nazib Faozy

Rancang bangun alat perangkap hama ngengat dengan tenaga surya untuk budidaya lebah trigona / kelulut

Lebah madu sangat berguna untuk manusia yaitu madunya bisa untuk dikonsumsi dan juga baik untuk kesehatan. Namun hama adalah musuh bagi para peternak untuk mendapatkan madu yang berkualitas. Maka dari itu dalam penelitian ini, dirancang alat perangkap hama dengan memanfaatkan panel surya dan menggunakan lampu UV 5 Watt. Dari hasil pengujian yang dilakukan, alat bekerja secara otomatis saat menyalakan dan mematikan lampu. Dengan mengisi baterai mulai dari matahari terbit sampai terbenam dan saat senja lampu UV akan menyala hingga bertahan 11.42 – 11.71 jam tergantung cuaca saat mengisi baterai. Alat tersebut juga menangkap hama yang aktif pada malam hari dengan jumlah 6 ekor.
Download

Lampu UV, Panel Surya, Peternak Lebah

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

117

Purniawan

PREDIKSI INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN ALGORITMA BACKPROPAGATION

Saham merupakan salah satu instrument pasar keuangan yang paling popular, karena saham berpotensi memberikan keuntungan yang tinggi. Selain memberikan keuntungan yang tinggi saham juga memiliki resiko yang tinggi. Hal ini dikarenakan harga saham sangat mudah berubah-ubah. Perubahan harga saham dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya yaitu turunnya kondisi ekonomi negara, peraturan pemerintah, laju inflasi serta masih banyak faktor lainnya. Indeks harga saham gabungan merupakan salah satu indikator penting dalam berinvestasi. Indeks harga saham gabungan mencerminkan kinerja pasar modal apakah sedang mengalami kenaikan atau penurunan. Bila kondisi negara baik, maka indeks harga saham gabungan juga menunjukan adanya peningkatan, tetapi jika kondisi ekonomi negara dalam keadaan turun, maka akan berpengaruh terhadap indeks harga saham gabungan. Perubahan naik turunnya harga saham ini lah yang mengharuskan investor perlu melakukan peramalan agar mengetahui secara pasti naik turunnya harga saham sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan investasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jaringan syaraf tiruan dengan algoritma backpropagation. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data indeks harga saham gabungan selama lima tahun yang terhitung dari 4 Januari 2016 sampai dengan 10 Agustus 2021 dan menggunakan data dengan komposisi 70% data training dan 30% data testing. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 8 model uji, dimana arsitektur berisikan 4 node pada input layer, 2-9 node pada hidden layer dan 4 node pada output layer untuk menentukan model prediksi terbaik. Setelah melakukan penelitian didapatkanlah model 8 menggunakan 9 node pada hidden layer sebagai model terbaik dengan MSE sebesar 0.0000983 pada data training dan 0.00023 pada data testing.
Download

peramalan, backpropagation, jaringan syaraf tiruan, indeks harga saham gabungan

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

118

Agus Priyono

Klasifikasi chest X-Ray Covid-19 dan Normal Menggunakan Convolutional Neural Network

COVID-19 merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan pada paru- paru dan dapat menyebabkan kematian. virus. COVID-19 merupakan penyakit yang sangat menular disebabkan oleh virus SARS CoV-2 atau biasa disebut virus Corona. COVID-19 ditetapkan menjadi pandemi global oleh WHO pada bulan Maret 2020. Citra X-ray dapat digunakan untuk de- teksi pneumonia dan COVID- 19. Deteksi secara manual memungkinkan terjadinya kesalahan, sehingga perhitungan komputasi diperlukan untuk meminimalisir kesalahan. Salah satu metode komputasi yang digunakan yaitu Convolutional Neural Network (CNN). Google Colab merupakan Salah satu model arsitektur CNN yang cukup terkenal. Penelitian inimenggunakan beberapa ujicoba untuk menghasilkan sistem paling optimal. Hasil terbaik didapatkan Model CNN Google Colab dengan nilai akurasi 99 %, dengan waktu 1 menit 32 detik menggunakan 0.9 dropout, pembagian data 90% : 10% dan jumlah batchsize 10. Hasil tersebut menunjukkan CNN model Google Colab dapat digunakan untuk mendeteksi COVID-19 menggunakan citra x-ray.
Download

Convolutional neural network , deteksi covid-19 , citra paru-paru , covid-19

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

119

Afid Desry Fauzi

Rancang bangun alat pengendali lampu perintah suara menggunakan aplikasi amazon alexa dengan nodemcu esp 8266 berbasis internet of things

Perkembangan teknologi saat ini, mendorong manusia untuk terus berpikir kreatif, tidak hanya menggali penemuan-penemuan baru, tetapi juga memaksimalkan kinerja teknologi yang ada untuk meringankan kerja manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan kemudahan dari teknologi internet of things salah satunya dalam penyelesaian situasi masalah dirumah atau suatu tempat seperti gedung kampus, perkantoran dan sebagainya. Pada sebuah rumah maupun gedung, penerangan adalah hal penting, luasnya bangunan dan banyaknya ruangan pada sebuah rumah atau gedung terkadang menyulitkan untuk melakukan pengontrolan lampu, untuk menyelesaikan masalah tersebut, dirancang sebuah prototype sistem kendali lampu menggunakan perantara Wifi yang terintegrasi pada smartphone dan Nodemcu Esp8266 sebagai mikrokontroler. Platform yang digunakan untuk pengendalinya adalah web sinric.pro dan Aplikasi Amazon Alexa. Nodemcu Esp8266 sebagai media pengumpanan intruksi yang nantinya akan dikirim ke Modul Relay sebagai sakelar yang terhubung dengan lampu. untuk mengendalikan lampu dari jarak jauh menggunakan perintah suara bisa dari smartphone yang memiliki aplikasi Amazon Alexa dan bisa menggunakan saklar manual ketika tidak terkoneksi internet. untuk rata-rata waktu perintah suara tereksekusi menggunakan sinyal 4G adalah 2,4 detik dan untuk sinyal 3G adalah 4 detik. Untuk rata-rata waktu perintah saklar manual tereksekusi ketika terhubung dengan internet adalah 0,5 detik dan ketika tidak terhubung dengan internet 4,8 detik.
Download

Internet of Things, Nodemcu Esp8266, Sistem kendali lampu

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

120

Agus Supriyanto

Perancangan Sistem Kendali Menggunakan PLC Pada Spreader Twinlift di Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal

Dengan adanya peningkatan pengiriman import dan export barang yang sangat meningkat dalam bentuk container yang masuk ke wilayah Kalimantan terutama di balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) baru yang akan datang. Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal merancang sistem kendali manual ke sistem kendali menggunakan Programmable Logic Controller agar mengefisiensi waktu pengerjaan trouble atau kerusakan elektrikal pada Spreader Twinlift. Agar lebih cepat pengerjaannya menggunakan sistem kendali Programmable Logic Controller kebanding sistem kendali manual dan agar meningkatkan hasil produksi container agar lebih optimal dan hemat waktu dalam pengangkatan dari kapal ke headtruck atau sebaliknya. Pada Penelitian Terdahulu PT. Indonesia Nilam Port Terminal (NPTI) sendiri, akibat seringnya waiting charge atau unit container crane (CC) berhenti bekerja akibat menunggu cargo pada saat bongkar muat atau menunggu armada pada saat bongkar muat, sehingga proses bongkar muat tidak berjalan efektif dan efisien karena beberapa faktor antara lain kehandalan RTG, ketersediaan Head Truck dan keterampilan operator. Dalam mengatasi permasalahan yang telah dijelaskan di atas, telah dilakukan berbagai inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas peti kemas di unit Rubber Tyred Gantry (RTG) yaitu dengan menggunakan telescopic twinlift spreader di Rubber Tyred Gantry (RTG) satuan. , sehingga 2 unit Container Crane (CC) saat beroperasi hanya dapat dilayani oleh satu unit RTG dengan syarat kondisi lalu lintas di lapangan tidak terlalu padat. Berdasarkan alasan-alasan yang telah dipaparkan di atas, maka peneliti tertarik untuk menyusun penelitian yang berjudul “Pengaruh Penyebar RTG Twinlift, Keandalan RTG, Ketersediaan Head Truck dan Keterampilan Operator Terhadap Produktivitas Peti Kemas”.
Download

Kontrol PLC, Spreader Twinlift, Twistlock, Wirerope, Pompa Hidrolic.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

121

Aris Saputra

Peningkatan Performa Control Safety Engine Cummins KTA 19 Berdasarkan Hasil Evaluasi Kinerja Dengan Menggunakan Modul Deepshie 3110

PT Equiport Inti Indonesia memiliki salah satu unit yang menggunakan engine type cummins KTA19-G3. Engine cummins KTA19-G3 ini telah dioperasikan dari tahun 2009 sampai sekarang. Dari hasil tinjauan dilapangan sering terjadi troubleshoting. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa sistem kontrol safety engine cummins KTA-19 dan mencegah terjadinya engine mengalami kerusakan parah akibat kontrol safety engine yang tidak berfungsi dengan baik. Engine cummins KTA19-G3 memiliki kecepatan 1800 – 2100 Rpm yang mampu menghasilkan daya 500 – 700 Hp. Dalam perancangan safety engine dengan menggunakan Module Deepsea 3110 dan semua sensor-sensor akan dirangkai secara seri yang betujuan untuk memproteksi diri dan secara otomatis memutus tegangan ke kompenen kontrol sehingga engine akan otomatis mati. Hasil dari uji coba seluruh safety yang dirancang pada engine cummins KTA19 bekerja dengan baik dan memberikan sinyal foult maka engine akan otomatis cut off/mati. Dengan dilakukannya perakitan panel kontrol safety engine dari hasil evaluasi kinerja pada panel, hal ini dapat mempermudah pengerjaan ketika trouble shoting dikarenakan panel dalam kondisi rapi dan mudah dipahami.
Download

KTA 19-G3, Module deepsea 3110, Safety Engine

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

122

Putra Arya Ramdhani

PERANCANGAN SISTEM KONTROL POMPA SOLAR OTOMATIS DAN MONITORING LEVEL SOLAR BERBASIS IOT DI PT EQUIPORT INTI INDONESIA

Dengan mengidentifikasi permasalahan di lapangan yang terjadi oleh teknisi pada saat pengisian solar akibat kelalaian teknisi, perkembangan teknologi yang begitu pesat dan modern dalam perkembangan dunia industri dimanfaatkan dalam pembuatan model prototype sistem kendali pompa solar otomatis dan internet. pemantauan berbasis Things yang dirancang secara otomatis dan memantau secara langsung. Sistem ini dimaksudkan untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi akibat kelalaian teknisi. Perancangan sistem ini meliputi aspek hardware dan koneksi Internet Of Things ke aplikasi Bylnk. Dari sisi perangkat keras sistem ini dirancang menggunakan Arduino Uno R3 CH340 sebagai pusat kendali, modul NodeMCU ESP8266 sebagai pengirim sinyal komunikasi, modul relai sebagai kontrol pompa, sensor ultrasonik sebagai pembaca level solar, sensor aliran air sebagai solar pembaca saat ini, sedangkan dari sisi konektivitas ke aplikasi Blynk dilakukan dengan membuat kontrol pada aplikasi yang terhubung ke perangkat. Komunikasi antara perangkat keras dan modul NodeMCU ESP8266 menggunakan aplikasi Blynk. Setelah itu dilakukan pengujian aspek hardware dan konektivitas. Hasil pengujian yang diperoleh sesuai dengan desain dan spesifikasi yang telah dirancang. Pengembangan sistem ini masih sangat luas untuk sistem kendali offline dan komunikasi antara sensor dan pengontrol, serta pengembangan aplikasinya dan alat ini nantinya setelah selesai pengujian menggunakan model prototype akan didesain ulang sesuai spesifikasi untuk pengisian bahan bakar di Rubber Unit Ban Gantry Crane di PT. Equiport Inti Indonesia.
Download

Arduino Uno R3, NodeMCU ESP8266, Modul Relay, Internet Of Things, Sistem Kendali

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

123

Rere Bagaskoro

STUDI KELAYAKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK KANTOR PRODUKSI ULPLTD GUNUNG MALANG

Perkembangan zaman dan teknologi membuat mobilisasi dan kebutuhan manusia semakin berkembang termasuk kebutuhan akan energi listrik yang semakin meningkat, sejalan dengan ketersediaan bahan bakar fosil yang semakin sedikit. Perkembangan Energi Baru terbarukan menjadi alasan guna mengatasi krisis ketersediaan fosil sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai salah satu energi baru terbarukan dengan potensi dapat dikembangkan di Indonesia, karena tingginya intensitas Matahari. Penelitian ini membahas Analisa kelayakan PLTS yang akan dibangun dari aspek teknis dan ekonomi yang diharapkan memiliki nilai yang layak menggunakan perhitungan investasi dengan metode Net Present Value (NPV), Profitability Index (PI), dan Discounted Payback Period (DPP). Analisa penelitian pembangunan PLTS ULPLTD Gunung malang menggunakan metode perhitungan manual dan perhitungan menggunakan sistem PVsyst 7.2 dan memperoleh nilai yang dinyatakan layak untuk membangun PLTS guna meningkatkan keefektifitasan BPP ULPLTD Balikpapan dalam kegiatan operasional.
Download

Perencanaan PLTS, Net Present Value (NPV), PLTS

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

124

Tridiyah Ayu Kristian

Analisa Pemasangan Fusesaver Sungai Wein di Penyulang Karang Joang 13 PT PLN (Persero) UP3 Balikpapan ULP Balikpapan Utara

Sistem distribusi merupakan sistem penyalur tenaga listrik yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Dalam penyaluran energi listrik tidak menutup kemungkinan terjadinya gangguan yang akan mempengaruhi keandalan sistem distribusi. PT PLN (Persero) merupakan perusahaan yang mengelola ketenagalistrikan di Indonesia yang dituntut untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan serta keandalannya dalam pendistribusian energi listrik. Sesuai dengan tujuan PT PLN (Persero) yaitu tercapainya kepuasan konsumen. Untuk menunjang keandalan penyulang Karang Joang 13 maka dipasang alat proteksi fuse saver. Pada penelitian menggunakan data rekap gangguan penyulang Karang Joang 13 sebelum dan sesudah pemasangan fuse saver. Data dianalisis dengan membandingkan nilai SAIDI, SAIFI, CAIDI, CAIFI, dan ENS, serta Rupiah pendapatan yang hilang. Selain itu diperlukan pula data single line diagram dan data beban gardu di penyulang tersebut. Data-data ini diperoleh dari database PT PLN (Persero) ULP Balikpapan Utara. Sedangkan untuk waktu penelitian dimulai di Bulan Maret Tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan pemasangan fuse saver, gangguan penyulang turun 47% menjadi 18 kali, SAIDI turun 97% menjadi 0,06 jam/tahun, SAIFI turun 56% menjadi 1 kali/tahun. Begitu pula dengan CAIDI dan CAIFI masing-masing turun sebesar 95% dan 16% menjadi 0,12 jam/tahun dan 7,98 kali/tahun. Di sisi lain, ENS juga mengalami penurunan sebesar 96% menjadi 1.356kWh dan rupiah pendapatan yang hilang turun 96% menjadi Rp 1.930.736,-. Jika dibandingkan dengan Standar SPLN 68-2:1986 dan IEEE std 1366-2003 juga masih berada di bawah standar.Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pemasangan fuse saver dapat mempengaruhi keandalan pada penyulang Karang Joang 13.
Download

Fuse saver, Indeks Keandalan, SAIDI, SAIFI, ENS

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

125

Anggara Dwi Wicaksono

Evaluasi Penggunaan Inverter Untuk Beban Motor Listrik Pada PT. Komatsu Remanufacturing Asia

ABSTRAK Tingginya kebutuhan energi listrik mengakibatkan meningkatnya biaya operasioanl bulanan di PT. Komatsu Remanufacturing Asia. Peningkatan biaya operasional pada energi listrik ini akan terus meningkat seiring dengan tarif listrik tiap tahun. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi biaya dari penggunaan energi listrik ini adalah dengan pemasangan alat inverter yang membutuhkan biaya sangat besar. bertujuan mengurangi biaya listrik serta menganalisa biaya kembalinya modal.inverter yang digunakan merk ABB dengan kapasitas 4kW, 5,5kW, 22kW serta 45kW, dengan tegangan 380V. Titik pemasangan inverter berada di area Metal Spray, Compressor, dan Blasting Area. perhitungan dan pengambilan data konsumsi motor menggunakan avometer data konsumsi dalam setahun penggunaan motor metal spray mencapai 61.276 kW/tahun dengan tarif Rp. 70.099.744 kWh/tahun. Setelah pemasangan inverter data yang didapat 44.129 kWh/tahun dengan tarif Rp. 49.159.706 kWh/tahun, dapat menghemat 27,98%. Berdasarkan data yang didapat sebelum menggunakan inverter daya maksimal yang diperoleh dari beban motor metal spray mencapai 24,55kW dan setelah pemasangan inverter daya maksimal yang didapat sebesar 17,68kW. Hal ini dikarenakan daya kejut pada motor diubah menjadi soft stater dengan menggunakan inverter. Berdasarkan perhitungan dan analisis energi listrik menggunakan beban motor metal spray, compressor dan blasting dalam waktu 1 (satu) tahun dapat menghemat biaya listrik sekitar 27,98% untuk beban motor metal spray, 31,8% untuk beban motor compressor, dan 28,8% untuk beban motor blasting. Guna mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan merk inverter yang sama tetapi memiliki konfigurasi lengkap sehingga parameneter yang diinginkan dapat ditampilkan.
Download

Kata kunci: Studi Aliran Daya, Short Circuit, Rugi – Rugi Daya, Inverter

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

126

Resa Fatihul Umam

Perancangan Dashboard Monitoring Performance PLTU Teluk Balikpapan

Saat ini, sistem monitoring hanya dapat diakses oleh operator control room di CCR saja sehingga pihak manajemen, supervisor dan staf lainnya yang berkepentingan kesulitan dalam mengakses kondisi operasi unit pembangkit secara jarak jauh. Oleh sebab itu diperlukan perancangan teknologi informasi yang mampu mentransformasi sistem monitoring manual menjadi sistem monitoring real-time berbasis digital agar pihak manajemen dan semua pihak dapat mengakses informasi ini secara real-time kapan saja tanpa harus mengunjungi CCR atau berkoordinasi dengan operator. Dalam penelitian ini menggunakan OPC server sebagai sumber data, Node-RED untuk membaca dan mengirimkan data pada database, MySQL sebagai media penyimpanan data dan Grafana untuk memvisualisasikan data tersebut dalam tampilan dashboard. Perancangan dashboard monitoring performance PLTU Teluk Balikpapan ini berhasil diimplementasikan dan berjalan dengan baik dalam tampilan dashboard monitoring. Dalam 10 kali percobaan diperoleh rata-rata persentase error sebesar 0.1%. Maka penelitian ini memiliki tingkat akurasi sebesar 99.9%.
Download

OPC server, dashboard, monitoring, performance.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

127

RAHMAT WIDI RAHARJO

Pemodelan Sistem Pengendalian Level Deaerator Berbasis Self-Tuning Fuzzy PID Controller Menggunakan MATLAB di PLTU Teluk Balikpapan

Pengendalian level air deaerator sangat penting untuk dilakukan karena level deaerator yang terlalu rendah dapat menyebabkan pasokan air umpan boiler terganggu dan rusaknya pompa air umpan boiler. Jika level deaerator terlalu tinggi dapat menyebabkan kandungan gas-gas terlarut dalam air umpan menjadi tinggi sehingga menyebabkan korosi pada pipa-pipa boiler. Kontrol level deaerator PLTU Teluk Balikpapan dilakukan dengan cara mengatur bukaan deaerator level control valve dan condenser recycle control valve dengan menjaga tidak hanya level deaerator namun juga pressure header sisi discharge condensate pump sehingga sistem harus dapat menangani multivariable input dan output serta kenonlinearitasan dalam mengendalikan level deaerator. PID controller konvensional yang saat ini digunakan belum mampu mengendalikan sistem sesuai dengan batasan operasi level deaerator dan pressure header sisi discharge condensate pump. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan sistem kontrol self-tuning fuzzy PID controller yang mampu mengintegrasikan kerja deaerator level control valve dan condenser recycle control sehingga menghasilkan repon kontrol level dan pressure yang baik. Self-tuning fuzzy PID controller menghasilkan respon yang memuaskan dimana level dan pressure yang dikontrol menggunakan self-tuning fuzzy PID controller mendekati set point dan tidak keluar dari batasan operasi. Sedangkan PID controller tidak mampu menangani gangguan yang diberikan sehingga pressure yang dihasilkan keluar dari batasan operasi dengan nilai pressure <1,2 MPa.
Download

Deaerator, level deaerator, pressure condensate pump, pid controller, fuzzy pid controller

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

128

MUHTAR DANI

Perancangan Sistem Pemantauan Boiler Pada PLTU Teluk Balikpapan Berbasis Internet OF Things

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) merupakan pembangkit listrik dengan bahan bakar batubara yang banyak digunakan karena biaya operasinya yang murah dan menghasilkan daya yang cukup besar. Boiler menjadi salah satu peralatan utama dan penting dalam PLTU. Boiler ini digunakan untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi yang akan memutar turbin. Dalam pengoperasian boiler dibutuhkan kerja sama antara manajemen dengan bidang lain terutama operator, engineer serta pemeliharaan agar menghasilkan pengoperasian boiler yang handal dan efisien sehingga mendapatkan PLTU dengan kinerja yang baik. Penelitian ini dilakukan di PLTU Teluk Balikapapan PT PLN Nusantara Power dengan menggunakan metode studi literatur observasi di lapangan dan wawancara. Penulis melakukan analisis bagaimana membangun suatu sistem pemantauan pengoperasian pada boiler PLTU berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini mengambil data parameter boiler dari OLE (Object Linking and Embedding) for Process Control (OPC) dan akan diproses untuk ditampilkan pada bot Telegram. Sistem ini akan membantu semua orang baik itu manajemen, engineer serta pemeliharaan dapat mengakses informasi boiler secara real-time guna mengawasi dan mendapatkan informasi pengoperasian boiler yang handal dan efisien. Dalam membangun sistem pemantauan boiler ini penulis melakukan beberapa tahapan pengujian meliputi pengujian perangkat keras, pengujian segmen-segmen dengan bahasa python dalam pemrosesan data boiler, pengujian sistem program dan pengujian hasil dari program. Dalam membangun sistem pemantauan boiler PLTU Teluk Balikpapan, berdasarkan pengujian sistem secara keseluruhan menunjukan bahwa sistem terhubung dengan baik dan bekerja sebagaimana diharapkan dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 0,12% pada 10 kali percobaan dengan selang waktu 2 menit dan rata-rata kesalahan sebesar 0,04% pada 5 kali percobaan dengan selang waktu 30 menit. Maka penelitian perancangan yang dibangun ini memiliki tingkat akurasi sebesar 99,9%. Bot Telegram dapat diakses dan menyajikan data operasi boiler dengan mudah sehingga manajemen dan bidang lainya dapat memperoleh informasi boiler dari laptop atau smartphone.
Download

Kata kunci: Boiler, Bot Telegram, IoT, Pemantauan

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

129

Wahyu Ardiansah

PROTOTIPE AUTO TRACKING SOLAR PANEL DUA SUMBU BERBASIS ESP32 DAN FUZZY LOGIC CONTROLLER

Salah satu upaya teknologi untuk memanfaatkan energi cahaya matahari adalah dengan menggunakan solar panel. Pemanfaatan energi yang belum optimal dikarenakan posisi dari panel surya yang tidak tegak lurus dengan arah datangnya sinar matahari. Oleh karena itu diperlukan sistem solar tracker agar panel surya dapat bergerak otomatis mengikuti arah datangnya sinar matahari. Dengan menggunakan dual axis, solar panel dapat bergerak secara vertikal maupun horizontal seiring dengan pergerakan cahaya matahari agar listrik yang dihasilkan lebih optimal. Penelitian ini menggunakan sistem kendali fuzzy logic untuk mengatur banyaknya pergerakan pada motor stepper sebagai penggerak solar panel dengan inputan hasil dari sensor LDR sebagai pendeteksi posisi cahaya matahari. Dilengkapi juga dengan sensor tegangan, arus, dan juga sensor sudut agar bisa mengetahui posisi sudut dari solar panel. Dalam sistem ini menggunakan metode fuzzy logic mamdani dengan deffuzifikasi MOM (Mean of Maximum). Analisis dilakukan dari hasil perhitungan manual sebesar 0,87 dan 0,59 microstep sedangkan pada FIS (Fuzzy Inference System) sebesar 0,35 dan 0,26 microstep dengan hasil perbandingan dari Serial monitor pada Arduino IDE (Integrated Development Environment). Untuk hasil dari pengukuran sensor tegangan, arus, dan sudut akan dikirim pada platform Ubidots. Dalam proses monitoring bisa dilakukan dimanapun menggunakan laptop.
Download

solar tracker, fuzzy logic, dual axis, mamdani, LDR, motor stepper, Ubidots.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

130

Aditya Nur Yudistira

Rancang Bangun Sistem Kontrol Kecepatan Brushless DC Motor Tipe DXW D3536 1200 KV Dengan PID Kontroler Menggunakan Matlab

Pada dunia industri, motor DC memiliki efektivitas dan produktivitas yang cukup tinggi, dan biaya perawatan yang semakin tinggi. Namun, untuk motor yang digunakan dalam sehari-hari belum memiliki opsi mengatasi beberapa masalah ini. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti mengangkat penelitian sistem kontrol kecepatan motor brushless DC dengan menggunakan arduino uno dan kontroler PID sebagai pengontrol kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat sistem kontrol kecepatan dan melakukan uji pada sistem kontrol tersebut dengan kontroler PID menggunakan MatLab. Hasil yang diharapkan penulis adalah perbandingan antara simulasi dan pengujian mendapatkan hasil yang ideal. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang melibatkan perhitungan angka. Pengumpulan data dilakukan melalui estimasi dengan instrumen yang objektif dan baku. Instrumen yang digunakan adalah MatLab R2017b sebagai pengontrol parameter seperti Kp, Ki, dan Kd. Kemudian akan dicari dan diperoleh melalui pemodelan sistem plant, validasi model, simulasi fungsi alih, perancangan parameter kontroler PID dan pengujian setelah ditambahkan kontroler PID. Untuk pemodelan sistem plant, penulis menggunakan pendekatan karakteristik respon sistem orde 2 yang memiliki parameter K, ζ, dan ωn. Didapatkan parameter kontroler PID yaitu Kp = 7.659, Ki = 22.727, dan Kd = 2.106. Hasil ini memperlihatkan respon sistem kecepatan pada brushless DC motor dengan kontroler PID ini mampu mencapai nilai setpoint dengan τr = 0.335 detik dan error steady state 7.9 %. Pada pengujian terakhir dengan mengimplementasikan kontroler P, PI, dan PD. Diperoleh bahwa parameter respon sistem dengan kontroler PID dan kontroler PI mampu mencapai batas setpoint. Sedangkan kontroler P dan kontroler PD tidak mampu mencapai batas setpoint.
Download

Motor DC Konvensional, Brushless DC Motor, Kontroler PID, Matlab, Arduino Uno.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

131

Liberty Ganis Sanjaya

Simulasi Aliran Daya pada Perencanaan Penambahan Beban Tiga Unit Pompa PCP pada Pertamina Hulu Mahakam menggunakan Software ETAP 12.6

Sistem tenaga listrik akan selalu berkembang seiring waktu, termasuk ekspansi sistem seperti penambahan beban. Syarat yang harus dipenuhi dalam penentuan ukuran kabel untuk penambahan beban yaitu kesesuaian kemampuan daya hantar kabel, drop tegangan dan daya tahan kabel terhadap arus gangguan hubung singkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk penentuan kelayakan atau kesesuaian kabel yang akan dipasang pada sistem kelistrikan proyek penambahan beban PCP (Progressing Cavity Pump) yang terletak disumur minyak PHM (Pertamina Hulu Mahakam), untuk memastikan kualitas dan keamanan yang baik sesuai dengan standar yang diikuti. Metode penelitian ini dengan melakukan simulasi aliran daya pada kondisi normal (steady state) dan kondisi motor starting, juga simulasi hubung singkat dengan menggunakan software ETAP 12.6. Sumber data berasal dari data kelistrikan di lapangan PHM site HCA, jurnal dan buku untuk mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini kapasitas hantar arus pada kabel jenis N2XKBY/4C 70 mm2 dan 240 mm2 mencukupi kebutuhan yang diperlukan pada masing-masing jalur kabel sistem kelistrikan PCP. Pada saat ketiga unit PCP running normal drop tegangan yang terjadi masih di bawah batas standar GS-EP-ELE-001 yaitu 5%, dengan nilai PCP1 3.65%, PCP2 3.35% dan PCP3 2.72%. Dalam kondisi starting, drop tegangan masih di bawah batas toleransi kondisi starting yaitu 15%, dengan nilai PCP1 7.22%, PCP2 6.63% dan PCP3 5.42%. Hasil arus hubung singkat tiga fasa pada bus JB-1B-P 2.32 kA, bus 1_VS 0.855 kA, bus 2_VS 1.34 kA dan bus 3_VS 0.936 kA, sedangkan kemampuan kabel menahan arus hubung singkat mencapai 10.01 kA pada ukuran 70 mm2 dan 34.32 kA pada ukuran 240 mm2. Maka, kabel yang telah ditentukan untuk proyek ini layak dan memenuhi standar di PHM.
Download

drop tegangan, simulasi aliran daya, simulasi hubung singkat, ETAP 12.6

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

132

Syahdan Faris Hermawan

Evaluasi Retrofit Fire Suppression System pada Power Plant 1 dan 2 di Utilities PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan

Intisari—Penelitian ini bertujuan dalam memahami peninjauan terhadap kondisi, permasalahan serta mempelajari tahapan-tahapan dan perhitungan massa gas yang dibutuhkan pada Retrofit Fire Suppression System pada Power Plant 1 dan 2 di Utilities PT Kilang Pertamina Interanional Unit Balikpapan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode literatur serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya permasalahan yang terjadi pada fire suppression system seperti banyak perpipaan yang berkarat, selain itu juga terdapat tabung gas suppression yang berada di daerah lembab yaitu terpapar uap dari steam turbine generator sehingga fire suppression tidak dapat difungsikan kembali. Adapun langkah-langkah retrofit yang dilakukan yaitu identifikasi area, penentuan piping, wiring connection dan perhitungan massa gas clean agent. Berdasarkan perhitungan pada standar NFPA 2001 jumlah massa gas yang dibutuhkan pada Retrofit Fire Suppression System yaitu sebanyak 3344,7 Kg.
Download

Piping, Wiring Connection, Clean Agent

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

133

Dimas Pangestu Danar Putra

Perancangan Sistem Proteksi Eksternal Penyalur Petir di Workshop PT. Bukaka Teknik Utama Balikpapan

Intisari— PT Bukaka Teknik Utama sedang melakukan pembangunan gedung workshop yang cukup luas dengan panjang 60m, tinggi 15m dan lebar 20m yang hampir keseluruhan bangunan terbuat dari baja. Mengingat hari guruh di kota Balikpapan yang cukup tinggi yaitu sebanyak 227 per tahun, maka gedung tersebut rentan akan sambaran petir. Oleh karena itu untuk menghindari dampak dari efek sambaran petir diperlukan sistem proteksi petir eksternal. Metode yang akan digunakan dalam menentukan proteksi petir adalah metode bola bergulir. Karena bentuk bangunan memiliki tipe atap pelana kuda tingkat proteksi terdapat pada level IV dengan radius perlindungan sebesar 100,9m dan mampu memproteksi arus petir sampai 234,89 kA. Setelah dilakukan simulasi dengan menggunakan software Sparkta metode bola bergulir standar NFPA 780 dan BS 7430 diperoleh detail hasil kalkulasi Risk Assesstment yang cukup aman.
Download

Bola Begulir, Sistem Proteksi Petir, Sparkta.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

134

HABIEB DYMIATI BADRUL ISLAM

Implementasi Network Automation Menggunakan Ansible Pada Jaringan Data Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan

Network automation bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan yang dilakukan secara berulang sehingga mengurangi potensi terjadinya kesalahan manusia. Belum diimplementasikannya network automation pada jaringan data Bandar udara membuat semua proses konfigurasi dan pengumpulan informasi dari setiap perangkat dilakukan secara manual. Karena itu penulis ingin mengimplementasikan network automation di jaringan data Bandar udara dan membandingkannya dengan proses manual. penulis menggunakan tools berupa Ansible dengan tambahan library paramiko. Dari lima kali percobaan secara manual dan menggunakan network automation, didapatkan hasil waktu rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses secara manual adalah 40 detik untuk perintah yang bertujuan untuk pengumpulan data dan 20 detik untuk konfigurasi sederhana, sedangkan dengan network automation sama-sama didapatkan hasil sebesar 6 detik. Dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan waktu sebesar 85% untuk proses pengumpulan data dan 70% untuk proses konfigurasi.
Download

network automation, ansible, paramiko, jaringan data, Bandar udara

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

135

Rachmat Ady Nugraha

Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban Dalam Pencegahan Swabakar dan Plugging Batubara Berbasis Internet of Things

Saat ini, sistem monitoring suhu dan kelembaban hanya dapat dilakukan menggunakan feeling atau base on experienced sehingga didalam melakukan loading batubara operator coal handling tidak mempunyai ketentuan atau standar yang baku terhadap nilai suhu dan kelembaban. Oleh sebab itu diperlukan perancangan sistem monitoring suhu dan kelembaban batubara dalam pencegahan swabakar dan plugging batubara berbasis Internet of Things. Sehingga hal tersebut dapat memudahkan pengoperasian coal handling di PLTU Teluk Balikpapan, dari sisi operator dapat mengakses informasi secara real-time dan tahu batubara mana yang dalam kondisi layak untuk dilakukan loading. Sedangkan dari sisi perencanaan dan pengendalian bahan bakar dapat melakukan penanganan pada batubara yang tidak memenuhi standar. Dalam penelitian ini menggunakan mikrokontroller NodeMCU sebagai pusat pengolah data sekaligus mengirim data ke Google Data Sheet yang selanjutnya ditampilkan pada Google Data Studio. Nilai pembacaan suhu dan kelembaban yang tidak sesuai dengan ketentuan maka akan ada keterangan perlu treatment sedangkan pembacaan yang sudah sesuai ada keterangan kondisi aman. Pengukuran sensor suhu dan kelembaban berjalan baik dengan rata-rata persentase error sebesar 0.42 °C untuk suhu dan 0.68% untuk kelembaban.
Download

NodeMCU, monitoring, Internet of Things

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

136

Adhe Jibran Akbar

Rancang Bangun Sistem Monitoring Baterai Terhadap Motor DC Berbasis IOT

IOT (Internet of Things) memiliki konsep yaitu dapat mengakses, melihat, memantau dan mengontrol sebuah alat atau software dimana saja dan kapan saja selama internet masih terhubung oleh sistem. Baterai adalah sebuah komponen yang sangat penting, termasuk dalam penggunaan baterai terhadap motor DC sebagai praktikum kit, tetapi dalam penggunaan baterai sering terjadi overheat yang menyebabkan kebakaran atau ledakan sehingga dibutuhkan proses pemantauan baterai secara berkala. Namun, proses memantau baterai masih dapat dikatakan secara manual, hal ini menjadi kurang cocok untuk era industri 4.0. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengangkat penelitian untuk mengawasi dan mengendalikan kondisi baterai berbasis IOT. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sistem yang dapat memantau baterai yang digunakan untuk motor DC secara real-time dan memberikan komunikasi dua arah. Penelitian menggunakan 2 metode pengumpulan data, yaitu observasi dan studi dokumen dengan cara meninjau dokumen dan jurnal-jurnal yang memiliki kerterkaitan dengan IOT dan baterai. Instrumen yang digunakan adalah ESP32, RTD PT100, ACS 712, dan rangkaian pembagi tegangan, mikrokontroler mendapatkan data masukan dari sensor yang kemudian akan diolah sehingga mendapatkan data yang akan ditampilkan di dalam webservice Thingspeak agar dapat diakses secara real-time, dan digunakan Telegram untuk berkomunikasi dengan sistem. Perbedaan selisih sensor suhu yaitu 0.1-0.2℃, perbedaan selisih pengukuran sensor arus yaitu 0.01 s/d 0.02 A, Sensor tegangan yang terdiri dari rangkaian seri resistor kotak digunakan untuk mengubah tegangan dengan nilai besar yang masuk menjadi tegangan dengan nilai yang lebih kecil. Komunikasi yang diberikan oleh sistem berupa BOT Telegram dapat memutuskan dan menyambungkan aliran dari baterai ke motor serta memberikan status kondisi motor DC.
Download

IOT, Baterai, Telegram, ESP32, Thingspeak

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

137

AMAT UDIN KUSWARA

Efektivitas Pemasangan Cover Traves Terhadap Penurunan Gangguan Penyulang Petung 6 Di PT. PLN (Persero) ULP Petung

Maupun pembangkitan, maka akan semakin rumit pula kesulitan yang akan timbul, contohnya stabilitas. Menjaga kestabilan sistem tenaga listrik tidak terlepas dari berbagai macam gangguan yang bisa mengakibatkan padamnya aliran listrik. Pada sistem distribusi 20 KV, gangguan hubung singkat sering terjadi. Menurut statistik dari PT. PLN ULP Petung, pada tahun 2021 terdapat 242 gangguan terkait hewan yang sebagian besar disebabkan oleh kera dan tupai. PLN pada umumnya dan Unit Pelayanan Pelanggan PLN Petung pada khususnya menerapkan Cover Traves sebagai pelengkap inovasi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Penelitian ini dilaksankan guna menyelidiki efek dan efisiensi dari pemasangan cover travers terhadap peningkatan keandalan penyulang Petung 6. Dengan menggunakan metode perhitungan matematis dan analisis dapat diketahui perbandingan nilai indeks keandalan sistem sebelum dan sesudah dilakukan pemasangan Cover Travers. Hasil dari peneltian ini menunjukan bahwa nilai indeks kehandalan mengalami penurunan seperti SAIDI dari 1,55 jam /pelanggan pada tahun 2020 menjadi 0,40 jam /pelanggan pada tahun 2021, SAIFI 19 Kali/Pelanggan pada tahun 2020 menjadi 3 Kali/Pelanggan pada tahun 2021, CAIDI 29 Jam/Pelanggan pada tahun 2020 menjadi 23 Jam/Pelanggan pada tahun 2021, CAIFI 2993,76 Kali/Pelanggan pada tahun 2020 menjadi 1034,368 Kali/Pelanggan pada tahun 2021, ENS dari 19.373 kWH pada tahun 2020 menjadi 5.432 kWH pada tahun 2021, AENS mengalami penurunan dari 0,3967 kWH/Pelanggan pada tahun 2020 menjadi 0,1037 kWH/Pelanggan pada tahun 2021, sedangkan untuk FGTM mengalami penurunan dari 0,1243 kali gangguan /100 kMS pada tahun 2020 menjadi 0,0550 pada tahun 2021
Download

keandalan jaringan, cover travers, saidi saifi

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

138

Muhammad Noor Apriliansyah

Analisa Pengaruh Belt Weigher Pada Pembacaan Counter Coal Flow Dari Unit Coal Feeder di PLTU Kaltim Teluk Balikpapan

PLTU Teluk Balikpapan merupakan PLTU dengan kapasitas besar yang berada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. PLTU Teluk Balikpapan ini merupakan bagian dari program Fast Track tahap 1 luar Jawa akan masuk ke sistem Mahakam yang saat ini mempunyai daya mampu sebesar 364,44 MW dan beban puncak mencapai 340,11 MW. Kebutuhan batu bara harian di PLTU Teluk Balikpapan dengan kapasitas 2 x 110 MW mencapai sekitar 3120 ton. Dalam setahun kebutuhannya mencapai 755.000 ton. Untuk memenuhi akan kebutuhan energi listrik pada jaringan Barito - Mahakam, maka diperlukan kinerja unit yang handal dan efisien yang bergantung pada pemasokan batubara dari stock yard maupun tongkang ke ruang bakar boiler melalui pengoperasian coal feeder. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari coal counter flow dari belt weigher pada unit coal feeder, dari hasil analisa belt weigher ditemukan kerusakan pada sensor load cell dan integrator,sehingga harus dilakukan penggantian untuk membuat pembacaan coal flow belt weigher pada coal feeder kembali normal. Kata Kunci: PLTU Balikpapan, Coal Feeder, Belt Weigher, Counter Coal Flow
Download

PLTU Balikpapan, Coal Feeder, Belt Weigher, Counter Coal Flow

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

139

Miftakhul Ulum

Perancangan Sistem Pelaporan Realtime Monitoring Power Quality Auxiliary Power PLTU Teluk Balikpapan

Perancangan Sistem Pelaporan Realtime Monitoring Power Quality Auxiliary Power Pltu Teluk Balikpapan adalah sebuah perancangan sistem monitoring bidang pembangkit yang berfokus pada monitoring online dan real-time Power Quality Auxiliary Power di pembangkit. Perancangan Sistem Pelaporan Realtime Monitoring Power Quality Auxiliary Power ini bertujuan untuk memonitor dan analisa power quality suatu power listrik pembangkit dimana power listrik tersebut berpengaruh besar terhadap peralatan-peralatan utama pembangkit. Apabila perancangan sistem tersebut tidak diimplementasikan, maka kegiatan monitoring dan Analisa power quality auxiliary power pembangkit tidak bisa dilakukan secara terus-menerus dan real-time yang memungkinkan terjadinya kegagalan operasi atau kerusakan asset. Perancangan Sistem Pelaporan Realtime Monitoring Power Quality Auxiliary Power ini mengunakan Power Quality Meter untuk membaca nilai Power Quality suatu power listrik kemudian data tersebut dikirim menggunakan node red melaui komunikasi modbus menuju database dan ditampilkan pada layar PC dan handphone. Manfaat perancangan sistem ini adalah untuk menjaga kehandalan unit pembangkit dari kegagalan operasi akibat terjadinya gangguan auxiliary power. Perancangan sistem monitoring power quality auxiliary power tersebut dapat beroperasi dengan handal dan aman tanpa mengganggu operasi unit serta sangat membantu operator dan enjinering dalam memonitor parameter power quality auxiliary power PLTU Teluk Balikpapan. oleh sebab itu tidak diperlukan lagi monitoring secara manual, sehingga diharapkan efektivitas kerja menjadi lebih baik.
Download

Kata Kunci – Monitoring, Power Quality, Perancangan Sistem

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

140

Hafiz Sayogya Prasasti

Analisis Evaluasi Kapasitas Genset Sebagai Sistem Back-up Energi Listrik Di gedung BSB mall balikpapan

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik, gedung BSB Mall Balikpapan menggunakan energi listrik yang berasal dari PLN. Akan tetapi suplai energi listrik dari PLN tidak mampu secara terus-menerus menyediakan energi listrik tanpa adanya gangguan. Sehingga, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka perlu adanya sistem back-up energi listrik berupa generator set (Genset) agar energi listrik untuk kebutuhan gedung tetap terjaga. Generator set (Genset) bekerja secara otomatis, sehingga pada saat energi listrik PLN padam maka genset akan langsung bekerja. Begitupun sebaliknya, apabila energi listrik PLN normal kembali, maka genset akan berhenti bekerja. Karena sistem back-up energi listrik gedung BSB Mall Balikpapan sudah bekerja cukup lama, maka perlu adanya evaluasi dan analisa kembali sistem back-up gedung untuk menunjang kehandalan sistem. Analisa dilakukan dengan melakukan perhitungan dibantu dengan program simulasi ETAP 19.0.1 Dari hasil perhitungan, komponen sistem genset gedung masih sesuai dengan acuan PUIL 2000. Akan tetapi, untuk efisiensi genset masih terbilang rendah yaitu hanya 24.81%, dikarenakan pembebanan genset yang rendah. Dari hasil simulasi, beban yang harus disuplai oleh genset adalah 2865 kVA dan kapasitas genset yang digunakan yaitu sebesar 5540 kVA. Dalam hal ini, kinerja genset masih dalam batas kemampuan.
Download

distribusi energi listrik, sistem back-up energi listrik, generator, instalasi listrik tenaga, PUIL

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

141

Rama Surya Pribadi

Simulasi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Di Tanjung Aru Menggunakan Aplikasi Homer

Perkembangan pertumbuhan ekonomi dan masyarakat sangat bergantung dengan supply energi yang tersedia. Salah satu enegi yang sangat dibutuhkan yaitu energi listrik, kebutuhan energi listrik tidak hanya dibutuhkan pada masyarakat kota namun juga masyarakat di pedesaan. Energi listrik yang sering digunakan pada daerah pelosok adalah energi yang berasal dari bahan bakar fosil lebih tepatnya energi yang berasal dari minyak bumi. Untuk sampai di daerah terpencil membuat biaya pengangkutan menjadi tinggi, sehingga berimbas juga dengan harga produksi suatu pembangkit seperti contoh di Desa Tanjung Harapan. Upaya penurunan biaya produksi listrik dengan melakukan perencanaan pembangkit listrik yang ramah lingkungan yaitu PLTS. Pembangkit listrik tenaga surya didesain hybrid dengan PLTD untuk mengurangi biaya produksi. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh harga produksi listrik dari Rp 13.652,38/kWh turun menjadi Rp 5.776,68/kWh.
Download

Produksi, Listrik, PLTD, PLTS

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

142

Rizki Fauzi Kurniawan

PERANCANGAN SISTEM PENGATUR KECEPATAN MOTOR EMERGENCY HOPPER PLTU TELUK BALIKPAPAN DENGAN VSD SINAMIC G120

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Balikpapan memakai teknologi boiler tipe Circulating Fluidized Bed (CFB) dimana batubara yang belum terbakar bersirkulasi dari furnace menuju cyclone lalu masuk ke dalam seal pot sebelum kembali ke furnace. Furnace berfungsi sebagai komponen utama untuk pembakaran bahan bakar. Cyclone memisah batubara yang belum terbakar dari abu (ash) pembakaran dan mengembalikan ke furnace dan backpass yang berguna sebagai ruang pemanfaatan kalor yang ada dalam flue gas. Terjadinya Forced Derating Coal Handling System pada PLTU Teluk Balikpapan yang diakibatkan oleh posisi letak panel Motor Vibrating Emergency Hopper (VSD) yang kondisi temperatur lingkungannya tinggi dan berdebu pekat. Juga debu ditemukan masuk kedalam motor Vibrating dan instalasi tidak bagus sehingga menyebabkan winding motor terbakar dan tidak bekerjanya Vibrating Emergency Hopper dalam proses Loading batubara ke boiler yang pada dasarnya dipakai ketika terjadi masalah pada Stacker Reclaimer ataupun ketika terjadi hujan yang menyebabkan batubara basah, Untuk mengatur flow yang masuk ke conveyor diperlukan Vibrating Emergency Hopper. Kejadian tersebut menyebabkan Unit 1 dan 2 turun beban ke 35 MW. Akibat terjadinya ganguan pada panel VSD tersebut maka perlu adanya Perancangan Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Emergency Hopper (EH) PLTU Teluk Balikpapan dengan VSD Sinamic G120 sehingga dapat meningkatkan kehandalan dalam suplai batubara dan kontinuitas listrik pada Sistem Kalimantan.
Download

Emergency Hopper, VSD, Perancangan Sistem

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

143

Rio Agashi

Optimasi Pola Operasi Pembangkit Thermal Dengan Metode Iterasi Lambda Pada PLTU Teluk Balikpapan

Dari perspektif ekonomi, salah satu komponen kunci dalam operasi pembangkit listrik adalah bahan bakar, yang menyumbang sekitar 60% dari biaya produksi total pembangkit. Untuk menjalankan pembangkit listrik secara optimal dan ekonomis, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi, termasuk karakteristik pembangkit, batasan daya output, biaya bahan bakar, dan pengaturan unit pembangkit yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pola operasi dan menghitung biaya operasi yang ekonomis untuk PLTU Teluk Balikpapan dengan kapasitas 2 x 110 MW. Pendekatan Economic Dispatch digunakan untuk mengatasi tantangan optimasi dalam menyelaraskan produksi listrik dengan permintaan beban. Metode Iterasi Lambda digunakan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan tersebut, dengan fokus pada menciptakan biaya operasi yang paling ekonomis. Berdasarkan hasil penelitian, optimisasi yang dilakukan pada PLTU Teluk Balikpapan menggunakan Metode Iterasi Lambda pada tanggal 27 Maret 2022 berhasil menghasilkan penghematan biaya operasi total sebesar Rp 14,508,141.88, yang mengindikasikan penghematan sebesar 0.42% dari biaya operasi awal.
Download

operasi, ekonomis, iterasi, lambda

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

144

Said Marhaban

Analisis Metode Pengukuran Pentanahan Pada Generator Turbin Gas 11,5 KV Pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas Senipah 2x41 MW

Nilai tahanan pentanahan ditentukan oleh kedalaman dan jenis tanah dan penanaman elektroda. Penelitian ini dilakukan pada PLTG 2 X 41 MW Senipah. dengan memakai metoda tiga titik 0 derajat dan 90 derajat dengan menanamkan batang elektroda pada kedalaman yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai pentanahan yang terpasang pada generator turbin gas apakah telah memenuhi standar dari PUIL dan IEEE yaitu tidak melebihi dari 5Ω. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah dengan cara pengukuran secara langsung untuk mengukur nilai tahanan pentanahan pada terminal grounding pada generator turbin gas dan melakukan percobaan pemasangan pada area dan jenis tanah rawa dan pasir basah dan melakukan analisa perhitingan untuk mendapatkan kedalaman yang dibutuhkan untuk didapatkannya nilai tahanan dibawah 5Ω. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang akan terjadi pengukuran serta perhitungan memberikan keadaan tanah kering, lembab, serta basah bisa mempengaruhi nilai tahanan ketika pengukuran serta semakin dalam elektroda ditanamkan maka akan semakin kecil nilai tahanan jenis tanahnya sehingga nilai tahanan pentanahannya juga akan semakin baik.
Download

elektroda, pentanahan, metode tiga titik, tahanan pentanahan,

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

145

Ricky Himawan

Rancang Bangun Alat Pengendali Lampu dan Pengunci Pintu Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) Berbasis Arduino Uno

Sistem keamanan rumah saat ini masih menggunakan kunci konvensional, sehingga masih tidak aman terhadap pencurian dan pembobolan. Pemilik rumah yang lupa mematikan listrik saat bepergian mengakibatkan pemborosan energi listrik dan berisiko kebakaran karena berbagai faktor seperti korsleting listrik, dan kebocoran gas. Rancang bangun pengunci pintu dan pengendali listrik menggunakan Radio-Frequency Identification (RFID) berbasis Arduino Uno dibuat pada penelitian ini untuk mengatasi masalah keamanan, keselamatan dan penghematan energi. Rancang bangun pengendali listrik dan pengunci pintu menggunakan Radio-Frequency Identification (RFID). Tampilan interface dan pengontrolan menggunakan Liquid Crystal Display (LCD). Arduino Uno digunakan sebagai mikrokontroler. Input pemrograman yang digunakan adalah aplikasi Arduino IDE. Radio-Frequency Identification (RFID) dapat diimplementasikan pada rancang bangun sistem pengendali lampu penguncian pintu dengan jarak ideal dan dengan penghalang berbahan dasar nonmetal namun tidak dapat terbaca apabila terhalang oleh benda berbahan dasar metal seperti besi dan aluminium.
Download

RFID, Arduino Uno, Microcontroller, Arduino IDE, RFID Tag

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

146

Muhammad Abdul Wahab

Aplikasi Sensor Berat Load Cell Sebagai Pembeda Berat Barang Berbasis Arduino Uno

Perkembangan teknologi dan informasi sangatlah berkembang pesat pada saat ini, menyebabkan beberapa industri menerapkan sistem otomasi untuk meningkatkan dan mengetahui hasil produksi. Dalam dunia industri ada proses pemindahan dan pemisahan barang dimana masih banyak industri yang hanya menggunakan konveyor yang berfungsi hanya untuk berat yang sama, sehingga untuk proses penyortiran barang yang dengan berat berbeda akan membutuhkan konveyor tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype system otomatis agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien digunakan untuk penyortiran barang berdasarkan berat menggunakan load cell berbasis arduino uno. Rancangan penyortiran barang berdasarkan berat barang dibuat dengan menggunakan sensor load cell sebagai pendeteksi berat barang, yang akan dikuatkan dengan modul HX-711. Berat yang ter deteksi oleh sensor dikonversi menjadi data digital yang kemudian diteruskan dan diolah oleh arduino uno sebagai pengolah data yangakan memberikan tegangan kepada motor servo. Kemudian keluaran yang digunakan untuk perintah bagi motor servo sebagai pemisah dan pendorong benda uji. Untuk perangkat lunak software Arduino IDE sebagai system pemograman. Dari hasil percobaan yang sudah dilakukan sensor load cell dapat bekerja dengan baik dan bekerja sesuai fungsi dengan tingkat akurasi mendekati 100%.
Download

Arduino Uno, Motor Servo, Motor DC,Sensor Load Cell, Modul HX 711.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

147

Pungka Wiradi Sianipar

Perangcangan Sistem Kontrol Power Lampu Berbasis Iot Dengan Bot Telegram

Perkembangan teknologi saat ini mendorong manusia untuk selalu berfikir kreatif dan inovatif, tidak hanya menggali penemuan-penemuan baru, tapi juga memaksimalkan kinerja sebuah teknologi yang ada meringankan segala sesuatu salahsatunya adalah aktifitas maupun kerja manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti pengendali power lampu rumah dengan kontrol jarak jauh dengan memanfaatkan alat NodeMcu ESP8266 dan aplikasi komunikasi telegram. Langkah-langkah penyusunan penelitian ini adalah persiapan penelitian, studi kepustakaan, menyusun instrument penelitian, pengumpulan data, analisis data, penyusunan laporan, penyusunan naskah publikasi ke jurnal ilmiah, dan evaluasi akhir proses penelitian. Metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam pembuatan laporan yaitu observasi. Instrument dalam penelitian ini adalah laptop, acrylic sheets, NodeMcu ESP8266, modul relay 4 channel 250 v low level trigger, lampu, jumper wires, adaptor, dan modul power supply hy-py322. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah blok diagram, dan flowchart. Metode testing dalam penelitian ini adalah metode black-box testing. Hasil pengujian upload sketch ardino ide adalah berhasil tanpa error. Hasil pengujian trigger relay yaitu seluruh lampu menyala. Hasil modul Nodemcu ESP8266 terhubung dengan jaringan wifi adalah muncul informasi koneksi ke telegram bot berhasil.
Download

NodeMCU ESP8266, Telegram, Internet of Things

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

148

PURWANTO

Perancangan Sistem Otomatis Pemutus Aliran Arus Listrik Pencegah Kebakaran Akibat Kebocoran Gas LPG Berbasis Arduino Uno

Penggunaan kompor gas LPG menjadi sebuah kebutuhan dasar dalam rumah tangga. Setelah adanya program pemerintah konversi energi dari penggunaan kompor minyak tanah menjadi kompor gas LPG masyarakat banyak yang berpindah menggunakan kompor gas LPG. Penggunaan kompor gas LPG memiliki banyak kelebihan salah satunya yaitu lebih efisien. Meskipun memiliki berbagai kelebihan kompor gas LPG juga memiliki kekurangan salah satunya jika mengalami kebocoran yang akan menyebabkan ledakan bahkan kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah alat atau system yang dapat mendeteksi kebocoran dan mencegah terjadinya kebakaran. Alat ini bekerja apabila sensor MQ-2 mendeteksi bahwa terjadi kebocoran gas LPG dengan kandungan gas ≥200 PPM, Sensor MQ-2 mendeteksi kebocoran kemudian mengirim signal analog ke arduino uno, kemudian Arduino uno memerintahkan relay MK3P-I aktif sehingga sumber arus listrik terputus dan buzzer aktif untuk peringatan bahwa terjadi kebocoran gas.
Download

Mikrokontroler, Aduino UNO, Relay MK3P-I, Sensor MQ-2

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

149

DWI PUJIANTO

Perancangan Alat Pendeteksi Tingkat Bahaya Kebisingan Pada Area Kerja Berbasis Arduino Uno

Bahaya kebisingan bisa terjadi pada hampir seluruh area kerja dan dapat bersumber dari berbagai peralatan kerja. Katagori suara yang termasuk dalam bahaya kebisingan adalah suara dengan itensitas lebih dari 70 dB. Pada area yang terdapat suara dengan itensitas lebih dari 70 dB disarankan menggunakan alat pelindung pendengaran seperti ear plug, sedangakan apabila itensitas suaranya lebih dari 80 dB maka harus menggunakan ear muff. Area kerja biasanya hanya diberi papan peringatan untuk menggunakan alat pelindung pendengaran, namun belum terdapat alat pendeteksi tingkat bahaya kebisingan yang dapat memberingatan peringatan secara real time. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang alat yang dapat mendeteksi dan mengukur tingkat kebisingan pada suatu area kerja. Alat ini menggunakan alat fc-04 sebagai pembaca tingkat kebisingan suara yang kemudian memberikan sinyal ke mikrokontroller Arduino Uno yang akan mengelompokkan level suara menjadi 3 tingkatan yaitu low, medium dan high yang dimunculkan pada papan LCD dan menggunakan 3 buah LED (hijau, kuning dan merah) sebagai indikator tingkat bahaya kebisingan dan peringatan untuk menggunakan pelindung pendengaran.
Download

Bahaya Kebisingan, Aduino Uno, Pelindung Pendengaran

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

150

Adhi Muardhi

Perancangan Sistem Kontroler Supply Power Tiga Phase Overhaed Crane Berbasis mikrokontroler Arduino Uno Dengan Perintah SMS

Pemanfaatan teknologi untuk menjalankan fungsi peralatan dalam rumah tangga saat ini sudah banyak digunkaan dengan berbagai inovasinya. Salah satunya mikrokontroler seperti Arduino, ARMcortex-M0 yaitu board berbasis mikrokontroler pada ATMega 328. Pada penelitian ini akan dibahas pemanfaatan mikrokontroler dengan perintah short message untuk mengoperasikan kontaktor. Ide penelitian ini dengan mengobservasi kebiasaan saat perbaikan overhead crane lupa matikan listrik. Mengkolaborasikan Arduino Uno dan GSM Sim800l sebagai penghubung antara perangkat dan handphone melalui sms akan bekerja berdasarkan perintah yang diberikan melalui perintah sms, module GSM Sim800l digunakan sebagai alat perintah sms yang diterima dari android dalam kendali alat mematikan dan menghidupkan kontaktor. Agar Module GSM Sim800l dalam Arduino uno dapat memberikan suatu instruksi untuk mengontrol lampu dari jarak jauh, Module GSM Sim800l atau pun Arduino uno tersebut memerlukan sebuah program yang di input kedalam Arduino uno R3 dalam aplikasi arduino uno, biasanya program dibuat dengan menggunakan bahasa Bahasa C. Dengan menggunakan program arduino dengan command “void”, maka pemograman mendapatkan banyak kemudahan dalam mengatur sistem kerja dari Arduino uno R3 atau arduino uno.
Download

Kata kunci : ArduinoUno,Relay MK3P-I,SIM800L V2

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

151

ADITTYO WIGIAS PUTRA

Optimalisasi Penyimbangan Beban Terhadap Rugi-Rugi Arus Netral (Losses) Transformator. Distribusi Di PT. PLN (PERSERO) ULP Petung

Salah satu proses dari pendistribusian yang baik yaitu dengan cara melakukan sistem perencanaan. Pada proses sistem perencanaan didalamnya perlu memperhatikan keseimbangan beban transformator distribusi. Seperti diketahui bahwa karakteristik pembebanan pelanggan memiliki karakteristik yang variatif. Hal ini menjadi penyebab permasalahan seperti ketidakseimbangan beban. Ketidakseimbangan beban yang terjadi dapat menyebabkan rugi-rugi pada transformator dimana diawali dengan perbedaan arus di setiap fasanya kemudian disisi netral memiliki nilai arus. Arus yang mengalir di netral ini menyebabkan terjadinya losses (rugi-rugi). PLN Unit Layanan Pelanggan Petung melakukan penyeimbangan beban sebagai tindakan untuk mengurangi losses arus netral yang ada serta dapat mengoptimalkan pembebanan pada transformator. Dengan melakukan penghitungan secara matematis dan analisis dapat diketahui perbandingan nilai indeks optimalisasi pembebanan transformator sebelum dan sesudah dilakukan penyeimbangan beban transformator. Untuk hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai indek optimalisasi yang mengalami kenaikan yaitu arus rata-rata dan presentase pembebanan dimana gardu TJG 0045 dari 49A (33%) menjadi 50A (34%), gardu GNM 0068 dari 31A (42%) menjadi 32A (43%), gardu STK 0162 dari 26A (18%) menjadi 39A (27%), gardu LLW 0095 dari 76A (100%) menjadi 82A (113%). Sedangkan untuk nilai indek optimalisasi yang mengalami penuruan yaitu nilai rugi rugi arus netral dan presentase ketidakseimbangan beban dimana gardu TJG 0045 dari 1130 Watt (31%) menjadi 130 Watt (6%), gardu GNM 0068 dari 436 Watt (36%) menjadi 51 Watt (1%), gardu STK 0162 dari 276 Watt (40%) menjadi 95 Watt (10%), gardu LLW 0095 dari 913 Watt (17%) menjadi 170 Watt (1%). Serta hasil dari penyeimbangan beban beberapa gardu tersebut didapat saving total sebesar Rp. 15.770.358/bulan dan gain total sebesar Rp. 15.174.862/bulan.
Download

Ketidakseimbangan Beban, Arus Netral, Rugi – Rugi Netral, Transformator Diastribusi, Saving, Gain

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

152

Kholid Nasiruddin

Perancangan Sistem Keamanan Ruang Dispatcher PLN Berbasis Identifikasi Citra Wajah dan Perintah Suara

Langkah-langkah keamanan diperlukan untuk ruang kontrol dan pemantauan terencana, sehingga tidak semua orang memiliki hak akses penuh atau dapat dengan mudah masuk atau keluar dari ruang tersebut. Permasalahan pada Ruang Dispatcher RCC (Region Control Center) 1 yaitu semenjak tahun 2017 sampai saat ini beum ada perubahan password PIN sehingga password telah diketahui semua orang dilingkungan kerja. Ketika terjadi gangguan sistem meluas (blackout) menyebabkan semua orang dapat masuk dengan mudah keruangan dispatcher yang bisa mengganggu jalannya penormalan sistem. Untuk antisipasi pembaharuan dan mengikuti perkembangan zaman maka sistem keamanan di upgrade menggunakan biometrik face recognition dan perintah suara agar tidak mudah ditiru atau diketahui orang lain sehingga yang bisa mengakses hanya orang yang mendapatkan izin memasuki ruangan tersebut. Metode prototype adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Prototype salah satu alat yang belum selesai, masih perlu dievaluasi dan diubah. Saat prototype dibuat, perubahan apa pun dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan membantu pengembang lebih memahami apa saja kebutuhan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pertama, alat untuk sistem keamanan ruang dispatcher PLN berbasis identifikasi citra wajah dan perintah suara mampu bekerja dengan baik dan akurat. Kedua, alat sistem keamanan dapat memproteksi keamanan ruang dispatcher PLN sesuai dengan data staff yang diperbolehkan mengakses ruangan. Dan ketiga, dengan pembaharuan sistem keamanan pada ruang dispatcher PLN, maka besar harapannya sistem keamanan dapat meminimalisir akses masuk ruangan bagi individu-individu yang tidak berkepentingan di ruang tersebut.
Download

Keamanan Ruangan, Recognition, Selenoid

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

153

Muhammad Wendy Saputra

Analisis Karakteristik Motor DC (studi kasus di Lab. Teknik Elektro Universitas Balikpapan)

Apabila potensiometer tidak diputar, ada arus tegangan AC sebesar 220V, tetapi tidak dapat mengubah tegangan SCR. Karena tidak ada perubahan tegangan tsb, motor tidak dapat bekerja (berputar). Apabila potensiometer diputar secara bertahap dapat menyuplai tegangan untuk menggerakkan motor DC. Hal tersebut karena adanya tegangan AC yang diubah melalu titik anoda katoda. Kemudian dari tegangan anoda katoda inilah yang dapat membantu untuk menggerakan motor.
Download

Motor DC,putaran motor

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

154

Rizky Ramadoni

MONITORING LOKASI ALAT BERAT BERBASIS INTERNET OF THINGS (STUDI KASUS : PT. THIESS BSF BATAKAN)

Di Era digital seperti sekarang ini setiap perusahaan berlomba-lomba melakukan inovasi untuk menekan biaya operasional dan meningkatkan produktifitas sehingga dapat bersaing dengan kompetitor salah satunya juga terjadi di PT. Thiess. Sebagai salah satu karyawan yang juga bertindak sebagai peneliti di perusahaan PT. Thiess Balikpapan Support Facility (BSF), maka peneliti akab membahas tentang permasalahan dalam hal menemukan komponen alat berat. Dalam penelitian ini menggunakan metode prototipe dan metode observasi. Metode prototipe yaitu metode pengumpulan data yang dimana penulis melakulan wawancara ketenaga ahli untuk menentukan nilai error pada alat yang penulis ingin kembangkan dan pengamatan langsung di lingkungan yang relevan dengan penelitian serta analisis dokumen dengan mengumpulkan data dari dokumen yang relevan dengan penelitian. Proses pembuatan prototipe ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU ESP8266 dan GPSMV2 yang sekaligus berfungsi sebagai koneksi keinternet. Padq saat NodeMCU ESP8266 akan mencoba menghubungkan modul ke jaringan wi-fi yang terprogram. Proses pemrograman alat menggunakan arduino IDE. Pada saat NodeMCU ESP8266 terhububg kedalam jaringan yang sama dentan local server maka dapat mengirimkan hasil ke web server. Hasil pengujian alat harus berada di luar ruangan untuk meningkatkan akurasi kordinat GPS yang didapatkan. Jika koneksi internet tidak stabil maka alat tidak bekerja dengan maksimal dan harus menunggu koneksi internet stabil. Berdasarkan pembacaan alat dengan 1 subjek dan 3 lokasi yang berbeda membuahkan hasil alat bekerja dengan baik
Download

IoT, NodeMCU ESP8266, GPS6MV2, XAMPP, MYSQL

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

155

Saifullah

Monitoring Tegangan AC DC pada Gardu Hubung berbasis IoT menggunakan Telegram

Gardu hubung merupakan salah satu tempat penting untuk kebutuhan manuver maupun untuk meminimalisir gangguan agar tidak meluas, salah satu faktor penunjang hal tersebut adalah suplai tegangan DC pada gardu hubung harus siap dan normal setiap saat, untuk mengetahui dan memastikan kondisi suplai tegangan DC pada gardu hubung siap dan normal setiap saat. Untuk mengetahui kondisi tegangan AC/DC pada gardu hubung diperlukan alat seperti alat monitoring tegangan AC/DC pada gardu hubung menggunakan telegram. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian prototipe dimana prototipe dibangun, diuji dan kemudian dikerjakan ulang seperlunya sampai hasil yang dapat diterima dicapai dari sistem atau produk yang lengkap dapat dikembangkan. Alat ini harus dilakukan beberapa pengujian agar alat dapat berfungsi dengan sempurna untuk pengujiannya adalah pengujian sistem, pengujian sensor tegangan, pengujian delay, dan evaluasi dari pengguna. Hasil dari pengujian sistem tidak ada kendala dan semua berfungsi seperti yang diharapkan, dari pengujian ini alat sudah bisa digunakan. Hasil dari pengujian tegangan nilai rata-rata selisih error dalam persen untuk tegangan AC 0,691% dan pada tegangan DC 1,636%. Dari hasil pengujian delay alat ini membutuhkan waktu rata-rata 7,4 detik saat tegangan AC hilang dan 8,8 detik saat tegangan DC hilang untuk memberi notif ke telegram. Saat tegangan AC normal kembali dibutuhkan waktu rata-rata 11,55 detik untuk memberikan notif di telegram sedangkan untuk tegangan DC dibutuhkan waktu 10,8 detik. Saat user meminta data tegangan dibutuhkan waktu 6,36 detik untuk memberikan notif di telegram. Jadi rata-rata alat ini membutuhkan waktu 8,98 detik untuk memberikan notif ke telegram.
Download

Gardu hubung, Tegangan AC/DC, Telegram, Internet of Things

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

156

Ferry Dwi Ananda

Implementasi Sistem Power Back-Up Menggunakan Generator Set Komatsu EGS-630 Kapasitas 500 kVA Di PT Pamapersada Nusantara Distrik Errka

PT Pamapersada Nusantara distrik Errka sebagai salah satu unit kerja di kantor pusat Balikpapan yang bertugas untuk menjamin dan mendukung operasional kegiatan pertambangan pada seluruh unit kerja yang berada di area Kalimantan Timur. Untuk menunjang kegiatan operasionalnya memerlukan sistem kelistrikan yang handal, baik suplai daya listriknya, maupun back-up sistem kelistrikannya sebagai penyuplai daya listrik ketika PLN mengalami gangguan aliran listrik secara mendadak. Jenis penelitian adalah studi literatur, dengan kontribusi peneliti menggunakan sistem power back-up untuk menyuplai listrik dalam menunjang kelancaran operasionalnya (genset). Penelitian bertujuan untuk mengetahui jumlah beban maksimal dan menganalisa generator set sebagai sumber tenaga listrik cadangan apabila terjadi pemadaman dari PLN PT Pamapersada Nusantara distrik Errka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban maksimal PT. Pamapersada Nusantara Erka (225 kW), dan setiap genset berfungsi menyuplai suplai power back-up (400 kW) yang dihubungkan secara paralel, sehingga total daya (800 kW). Kemudian, dari hasil analisa, efisiensi pemakaian daya listrik (56,25%), jika dilihat dari spesifikasi generator set EGS630 beban yang terpakai 50 %, maka pemakaian solar (54 liter/jam). Kesimpulannya, sistem Power Back Up yang di aplikasikan di PT. Pamapersada Nusantara distrik Erka dapat menjamin ketersediaan suplai aliran daya listrik, dan telah terbukti kehandalannya dalam memback-up kelistrikan ketika sumber listrik utama PLN mengalami pemadaman.
Download

Back-up System, Suplai Daya Listrik, Generator Set

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

157

Ervan Dwi Nur Cahyo

Evaluasi Pemasangan LBS ( Load Break Switch ) Three Way untuk Suplay Keandalan kantor PLN Unit Induk Wilayah Balikpapan

Sistem Distribusi merupakan sistem penyaluran tenaga listrik yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Dalam penyaluran energi listrik tidak menutup kemungkinan terjadinya gangguan yang akan mempengaruhi keandalan sistem distribusi. PT PLN (Persero) merupakan perusahaan yang mengelola ketenagalistrikan di Indonesia yang dituntut untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan serta keandalannya dalam pendistribusian energi listrik. Sesuai dengan tujuan PT PLN yaitu terciptanya kepuasan konsumen. Untuk menunjang supali keandalan Kantor PLN Unit Induk Wilayah Balikpapan maka dipasang Lbs (Load Break Switch) three way.Pada penelitian ini menggunakan data rekap gangguan penyulang sebelum dan sesudah dipasang Lbs (Load Break Switch) three way. Data dianalisa dengan mebandingkan nilai SAIDI,SAIFI, dan ENS, serta Rupiah pendapatan yang hilang. Data-data ini diperoleh dari database PT PLN UP2D Kaltimra. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai indeks keandalan mengalami penurunan seperti SAIDI dari 0,39 Jam/tahun pada tahun 2018 menjadi 0,014 Jam/tahun pada tahun 2019, SAIFI 0,36 kali/tahun pada tahun 2018 menjadi 0,18 kali/tahun pada tahun 2019, ENS 31.705 KWh pada tahun 2018 menjadi 205 KWH pada tahun 2019
Download

Lbs Three Way,SAIDI,SAIFI,ENS

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

158

Dany Ahmad Nugroho

ANALISA KINERJA RELAY DIFFERENSIAL MENGGUNAKAN METODE PERHITUNGAN ARUS HUBUNG SINGKAT. (STUDI KASUS : TRAFO DAYA 30 MVA UNIT 2 DI GARDU INDUK KARANG JOANG)

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisa setting relay differensial dan sistem kerja proteksi pada relay differensial pada bay transformator daya unit 2 Gardu Induk Karang Joang. Kemungkinan timbulnya gangguan hubung singkat dari faktor internal maupun eksternal pada sistem tenaga listrik, terutama pada peralatan transformator yang dapat menyebabkan keandalan penyaluran energi listrik terganggu, relay differensial sebagai pengaman utama pada transformator harus dapat mengamankan gangguan dengan cepat dan tepat sehingga tidak menyebabkan gangguan meluas ke bagian peralatan yang lain. Metode perhitungan arus hubung singkat 3 fasa pada sisi primer dan sekunder pada transformator akan digunakan untuk menganalisa sistem kerja proteksi relay differensial dengan nilai setting yang terpasang pada transformator unit 2 Gardu Induk Karang Joang. Pada penelitian ini didapatkan hasil nilai setting relay differensial dari perhitungan matematis sebesar 0,327 pu yang memiliki selisih nilai dengan nilai setting yang terpasang kurang dari 10%, dari hasil pengujian relay differensial didapatkan pada kondisi normal dan kondisi gangguan eksternal relay tidak bekerja, sedangkan pada kondisi gangguan internal relay bekerja dengan waktu aktual trip selama 0,0319 detik.
Download

transformator, relay differensial, arus hubung singkat.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

159

Moh. Frendi Aldo Karo

Implementasi Sensor RTD Pt100 Sebagai Sistem Monitoring Temprature Motor Pompa BFW Di PT Pertamina Refinery Unit V

Saat ini, sistem monitoring suhu motor boiler feed water pump hanya dapat dilakukan dengan menggunakan alat thermogun dan masih manual sehingga didalam melakukan monitoring motor ini operator harus kelokasi dan tidak dapat di monitor secara realtime. Oleh sebab itu diperlukan perancangan sistem monitoring suhu motor boiler feed water pump dalam pencegahan kegagalan operasional motor listrik akibat kenaikan temprature yang tidak signifikan. Hal tersebut dapat memudahkan monitoring dan pencegahan awal jika motor listrik mengalami kenaikan temprature, dari sisi operator dapat mengakses informasi secara real-time dan tahu bahwa motor listrik dalam keadaan tidak stabil. Sedangkan dari sisi data monitoring dapat di evaluasi dalam penanganan pada motor yang tidak stabil. Dalam penelitian ini menggunakan mikrokontroller Arduino Uno sebagai pusat pengolah data selanjutnya ditampilkan pada LCD. Nilai pembacaan suhu yang tidak sesuai dengan ketentuan maka buzzer akan menyala mengidentifikasikan bahwa motor listrik mengalami kenaikan temprature di atas maximumakan. Pengukuran sensor suhu berjalan baik dengan rata-rata error sebesar 0.6 °C pada sisi DE dan 0.7 °C NDE dengan persentase 0.6%.
Download

Arduino Uno, monitoring, realtime.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

160

Gusti Nala Fajar

Pengembangan Prototipe Sistem Pemantauan Anomali Detak Jantung Dan Gejala Hipoksemia Berbasis MySQL Dan Telegram

Kesehatan menjadi prioritas utama dalam keberlangsungan hidup seluruh umat manusia. Berbagai penyakit dapat ditimbulkan oleh kesehatan yang buruk. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi di Indonesia, sehingga menjadi isu besar di kalangan medis. Alat pemantau anomali detak jantung dan gejala hipoksemia berbasis MySQL dan Telegram ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat pemantau terhadap keadaan kesehatan jantung dan darah. Metode yang digunakan penulis adalah metode prototipe, yang dimana penulis membuat prototipe alat penelitian berdasarkan penelitian yang penulis bahas dan melakukan observasi data antara prototipe alat yang penulis buat dengan kalibrator untuk melihat nilai error yang terjadi antara prototipe alat dengan kalibrator buatan pabrik. Cara kerja dari alat pemantauan anomali detak jantung dan gejala hipoksemia berbasis MySQL dan telegram ini adalah dengan cara mengirimkan pembacaan dari sensor MAX30100 yang berisikan hasil pembacaan detak nadi dan kadar oksigen pada darah yang diteruskan ke NodeMCU ESP8266 yang di mana mikrokontroler ini dapat terhubung dengan internet. Hasil pembacaan sensor MAX30100 tadi dikirimkan ke local web server untuk disimpan ke dalam database dan diteruskan ke telegram. Hasil dari pembandingan data antara prototipe sistem pemantauan anomali detak jantung dan gejala hipoksemia berbasis MySQL dan telegram dengan oximeter buatan pabrik menunjukkan nilai error yang sangat kecil yang di mana rata-rata error dari BPM dan SpO2 antara prototipe dengan buatan pabrik adalah berkisar 0.85% untuk error BPM dan 0.89% untuk SpO2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini pertama perbandingan error antara prototipe dengan oximeter buatan pabrik adalah 0.85% untuk BPM dan 0.89% untuk SpO2, dan dari 100 data yang dikirim, 97 berhasil masuk ke Telegram, dan 3 gagal karena gangguan jaringan saat pengiriman data. Selisih waktu pengiriman dari website dengan pengiriman ke telegram memiliki selisih selama 3 detik.
Download

NodeMCU ESP8266, Telegram, Local Web Server, MAX30100, Database.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

161

Adhe Jibran Akbar

RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING BATERAI TERHADAP MOTOR DC BERBASIS IOT (Internet of Things)

IOT (Internet of Things) memiliki konsep yaitu dapat mengakses, melihat, memantau dan mengontrol sebuah alat atau software dimana saja dan kapan saja selama internet masih terhubung oleh sistem. Baterai adalah sebuah komponen yang sangat penting, termasuk dalam penggunaan baterai terhadap motor DC sebagai praktikum kit, tetapi dalam penggunaan baterai sering terjadi overheat yang menyebabkan kebakaran atau ledakan sehingga dibutuhkan proses pemantauan baterai secara berkala. Namun, proses memantau baterai masih dapat dikatakan secara manual, hal ini menjadi kurang cocok untuk era industri 4.0. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengangkat penelitian untuk mengawasi dan mengendalikan kondisi baterai berbasis IOT. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sistem yang dapat memantau baterai yang digunakan untuk motor DC secara real-time dan memberikan komunikasi dua arah. Penelitian menggunakan 2 metode pengumpulan data, yaitu observasi dan studi dokumen dengan cara meninjau dokumen dan jurnal-jurnal yang memiliki kerterkaitan dengan IOT dan baterai. Instrumen yang digunakan adalah ESP32, RTD PT100, ACS 712, dan rangkaian pembagi tegangan, mikrokontroler mendapatkan data masukan dari sensor yang kemudian akan diolah sehingga mendapatkan data yang akan ditampilkan di dalam webservice Thingspeak agar dapat diakses secara real-time, dan digunakan Telegram untuk berkomunikasi dengan sistem. Perbedaan selisih sensor suhu yaitu 0.1-0.2℃, perbedaan selisih pengukuran sensor arus yaitu 0.01 s/d 0.02 A, Sensor tegangan yang terdiri dari rangkaian seri resistor kotak digunakan untuk mengubah tegangan dengan nilai besar yang masuk menjadi tegangan dengan nilai yang lebih kecil. Komunikasi yang diberikan oleh sistem berupa BOT Telegram dapat memutuskan dan menyambungkan aliran dari baterai ke motor serta memberikan status kondisi motor DC.
Download

IOT, Baterai, Telegram, ESP32, Thingspeak

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

162

Yusron Rizqi Ramadhan

Pembuatan Prototipe Sistem Pengaman Central Lock Mobil Menggunakan Fingerprint Berbasis Whatsapp

Sistem keamanan pada mobil saat ini masih banyaknya kekurangan sehingga bisa menimbulkan kekhawatiran bagi pemilik mobil itu sendiri seperti kurang terdengarnya suara alarm sebagai tanda peringatan kendaraan dalam posisiberbahaya. Sehingga dirasa masih adanya kekurangan atau masih bisa diakses siapa saja dan tidak ada batasan usia dalam pemakaian kendaraan mobil. Penelitian ini dilakukan dengan 2 metode yaitu obeservasi dan prototipe, Sensor Fingerprint yang dimana sensor ini akan membaca sidik jari kita yang telah didaftarkan, jika sidik jari tidak sesuai dengan data maka Sensor Fingerprint akan mengirimkan sinyal ke NodeMCU ESP8266 dan akan memberikan pemberitahuan pada sistem Notifikasi Whatsapp bahwa mobil sedang diakses selain pemilik mobil dan juga NodeMCU ESP8266 akan mengirimkan sinyal ke Relay sehingga akan membuat sistem Alarm Mobil menyala, dan LCD 16x2 akan menampilkan akses ditolak kepada seseorang yang mencoba mengakses mobil tersebut. Hasil penelitian yaitu dengan 7 pengujian dan hasil penelitian yang berbeda, dengan menggunakan 10 user berbeda dari sistem sensor fingerprint berjalan maksimal dengan waktu respon rata-rata 1 detik kemudian nilai akurasi pada sensor fingerprint yang memiliki nilai rata-rata membaca sensor fingerprintnya adalah 77,1%. NodeMCU mengirimkan sinyal ke whatshapp tanpa interval waktu, sistem peringatan alarm mobil dapat berbunyi 5 detik secara maksimal dan LCD dapat menampilkan program yang seusai.
Download

fingerprint, prototipe, central lock, whatshapp.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

163

Gantino

Implementasi Load Shedding Dengan Sistem Pararel Trip Switch Pada Jaringan Distribusi Tenaga Listrik 4160V di Anjungan Attaka PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur

Kestabilan tenaga listrik mencakup kestabilan frekeunsi, kestabilan frekuensi yang baik merupakan indikator bahwa penyaluran tenaga listrik berjalan dengan normal, cara yang dapat diterapkan dalam mengurangi turunnya frekuensi yaitu melepas sebagian beban pada sistem, penelitian ditujukan untuk menganalisa sistem distribusi serta menentukan nilai batas dari setting relay under frekuensi yang optimal ketika terjadi gangguan berupa satu generator trip. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu pengumpulan data di lakukan dengan cara studi literature, observasi dan wawancara langsung di Anjungan minyak lepas pantai Attaka PT Pertamina Hulu Kalimantan timur. Hasil perhitungan laju penuurunan frekuensi digunakan pada setting GMR( Generator Management Relay) dan aplikasi pelepasan beban secara nyata menggunakan system pararel trip switch, hasil dari penelitian ini didapat nilai setting yang sesuai dan aman untuk system tenaga listrik di Anjungan Attaka sehingga kejadian pemadaman tenaga listrik secara total dapat dihindari yang pada akhirnya dapat menunjang proses produksi minyak dan gas secara aman dan berkelanjutan.
Download

under frequency, GMR, Switch

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

164

Gantino

Implementasi Load Shedding Dengan Sistem Pararel Trip Switch Pada Jaringan Distribusi Tenaga Listrik 4160V di Anjungan Attaka PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur

Kestabilan tenaga listrik mencakup kestabilan frekeunsi, kestabilan frekuensi yang baik merupakan indikator bahwa penyaluran tenaga listrik berjalan dengan normal, cara yang dapat diterapkan dalam mengurangi turunnya frekuensi yaitu melepas sebagian beban pada sistem, penelitian ditujukan untuk menganalisa sistem distribusi serta menentukan nilai batas dari setting relay under frekuensi yang optimal ketika terjadi gangguan berupa satu generator trip. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu pengumpulan data di lakukan dengan cara studi literature, observasi dan wawancara langsung di Anjungan minyak lepas pantai Attaka PT Pertamina Hulu Kalimantan timur. Hasil perhitungan laju penuurunan frekuensi digunakan pada setting GMR( Generator Management Relay) dan aplikasi pelepasan beban secara nyata menggunakan system pararel trip switch, hasil dari penelitian ini didapat nilai setting yang sesuai dan aman untuk system tenaga listrik di Anjungan Attaka sehingga kejadian pemadaman tenaga listrik secara total dapat dihindari yang pada akhirnya dapat menunjang proses produksi minyak dan gas secara aman dan berkelanjutan.
Download

under frequency, GMR, Switch

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

165

Agus Supriyanto

Perancangan Sistem Kendali Menggunakan PLC Pada Spreader Twinlift di Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal

Dengan adanya peningkatan pengiriman import dan export barang yang sangat meningkat dalam bentuk container yang masuk ke wilayah Kalimantan terutama di balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) baru yang akan datang. Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal merancang sistem kendali manual ke sistem kendali menggunakan Programmable Logic Controller agar mengefisiensi waktu pengerjaan trouble atau kerusakan elektrikal pada Spreader Twinlift. Agar lebih cepat pengerjaannya menggunakan sistem kendali Programmable Logic Controller kebanding sistem kendali manual dan agar meningkatkan hasil produksi container agar lebih optimal dan hemat waktu dalam pengangkatan dari kapal ke headtruck atau sebaliknya. Pada Penelitian Terdahulu PT. Indonesia Nilam Port Terminal (NPTI) sendiri, akibat seringnya waiting charge atau unit container crane (CC) berhenti bekerja akibat menunggu cargo pada saat bongkar muat atau menunggu armada pada saat bongkar muat, sehingga proses bongkar muat tidak berjalan efektif dan efisien karena beberapa faktor antara lain kehandalan RTG, ketersediaan Head Truck dan keterampilan operator. Dalam mengatasi permasalahan yang telah dijelaskan di atas, telah dilakukan berbagai inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas peti kemas di unit Rubber Tyred Gantry (RTG) yaitu dengan menggunakan telescopic twinlift spreader di Rubber Tyred Gantry (RTG) satuan. , sehingga 2 unit Container Crane (CC) saat beroperasi hanya dapat dilayani oleh satu unit RTG dengan syarat kondisi lalu lintas di lapangan tidak terlalu padat. Berdasarkan alasan-alasan yang telah dipaparkan di atas, maka peneliti tertarik untuk menyusun penelitian yang berjudul “Pengaruh Penyebar RTG Twinlift, Keandalan RTG, Ketersediaan Head Truck dan Keterampilan Operator Terhadap Produktivitas Peti Kemas”.
Download

Kontrol PLC, Spreader Twinlift, Twistlock, Wirerope, Pompa Hidrolic.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

166

Agus Supriyanto

Perancangan Sistem Kendali Menggunakan PLC Pada Spreader Twinlift di Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal

Dengan adanya peningkatan pengiriman import dan export barang yang sangat meningkat dalam bentuk container yang masuk ke wilayah Kalimantan terutama di balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) baru yang akan datang. Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal merancang sistem kendali manual ke sistem kendali menggunakan Programmable Logic Controller agar mengefisiensi waktu pengerjaan trouble atau kerusakan elektrikal pada Spreader Twinlift. Agar lebih cepat pengerjaannya menggunakan sistem kendali Programmable Logic Controller kebanding sistem kendali manual dan agar meningkatkan hasil produksi container agar lebih optimal dan hemat waktu dalam pengangkatan dari kapal ke headtruck atau sebaliknya. Pada Penelitian Terdahulu PT. Indonesia Nilam Port Terminal (NPTI) sendiri, akibat seringnya waiting charge atau unit container crane (CC) berhenti bekerja akibat menunggu cargo pada saat bongkar muat atau menunggu armada pada saat bongkar muat, sehingga proses bongkar muat tidak berjalan efektif dan efisien karena beberapa faktor antara lain kehandalan RTG, ketersediaan Head Truck dan keterampilan operator. Dalam mengatasi permasalahan yang telah dijelaskan di atas, telah dilakukan berbagai inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas peti kemas di unit Rubber Tyred Gantry (RTG) yaitu dengan menggunakan telescopic twinlift spreader di Rubber Tyred Gantry (RTG) satuan. , sehingga 2 unit Container Crane (CC) saat beroperasi hanya dapat dilayani oleh satu unit RTG dengan syarat kondisi lalu lintas di lapangan tidak terlalu padat. Berdasarkan alasan-alasan yang telah dipaparkan di atas, maka peneliti tertarik untuk menyusun penelitian yang berjudul “Pengaruh Penyebar RTG Twinlift, Keandalan RTG, Ketersediaan Head Truck dan Keterampilan Operator Terhadap Produktivitas Peti Kemas”.
Download

Kontrol PLC, Spreader Twinlift, Twistlock, Wirerope, Pompa Hidrolic.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

167

ANDRA RAMADHAN

ANALISA PENGARUH MANUVER JARINGAN TEGANGAN RENDAH TERHADAP BEBAN LEBIH PADA TRANSFORMATOR GARDU KPD 816 DI PT.PLN (Persero) ULP BALIKPAPAN UTARA MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP 12.6.0

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi pembebanan berlebih pada transformator distribusi melalui penggunaan metode manuver JTR (Jaringan Tegangan Rendah). Dalam konteks kebutuhan energi listrik yang terus meningkat, perbaikan kualitas dan keandalan penyediaan energi listrik menjadi hal penting. Sistem tenaga listrik terdiri dari pembangkitan, transmisi, distribusi, dan konsumen. Trafo distribusi merupakan komponen vital dalam sistem tersebut, dan penting untuk memastikan trafo bekerja secara maksimal dan kontinuitas. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis pembebanan trafo distribusi menggunakan simulasi ETAP 12.6.0. Hasil simulasi memberikan informasi tentang persentase pembebanan trafo di Gardu KPD 816 dan Gardu KPD 1185. Dengan mempertimbangkan kapasitas trafo, dilakukan pengalihan beban melalui manuver JTR untuk mengurangi pembebanan berlebih pada Gardu KPD 816. Metode manuver JTR terbukti efektif dalam mengatasi pembebanan berlebih pada transformator. Setelah manuver, persentase pembebanan trafo di Gardu KPD 816 dan Gardu KPD 1185 menurun menjadi 74,4% dan 46,6% secara bergantian. Selain itu, dilakukan juga perhitungan menggunakan rumus persentase pembebanan yang menghasilkan persentase yang serupa. Selain mengurangi pembebanan berlebih, manuver JTR juga menghasilkan penghematan energi sebesar 43,75% dan biaya sebesar Rp 2.184.636,00 per bulan melalui pengurangan losses pada penghantar netral. Penelitian ini memberikan solusi alternatif kepada PT.PLN (Persero) ULP Balikpapan Utara dalam meningkatkan keandalan sistem tenaga listrik dan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Hasilnya menunjukkan bahwa simulasi ETAP 12.6.0 dan metode manuver JTR efektif dalam menganalisis dan mengatasi pembebanan berlebih pada trafo distribusi.
Download

Trafo Distribusi, Pembebanan, Losses, Manuver JTR, ETAP

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

168

Fachrozi Darmawan

Simulasi plc (Programable Logic Control) dan HMI sebagai pengendali sistem otomatisasi

Teknologi yang berkembang dengan begitu pesatnya menjadikan setiap orang masuk pada era atau masa modernisasi. Hampir keseluruhan aspek hidup manusia saat ini bergantung pada teknologi, hal ini lantara teknologi yang tercipta dalam memberikan bantuan agar memudahkan manusia dalam penyelesaian sebuah kegiatan ataupun pekerjaan. Salah satu yang dapat digunakan dalam otomatisasi rumah pintar yakni PLC. PLC dapat dipergunakan sebagai alat untuk menggantikan relay elektromagnetis serta timer. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni Untuk mengetahui Simulasi Sistem PLC dan HMI Sebagai Pengendali Sistem Otomatisasi Smarthome. Selain itu juga untuk Bagaimana Pengaplikasian Sistem PLC dan HMI Sebagai Pengendali Sistem Otomatisasi Smarthome. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang tujuannya mengetahui bagaimana implementasi system PLC dan HMI sebagai system pengendali Smarthome. Adapun pengumpulan data ini dilaksanakan dengan dua tahapan diantaranya Observasi dan Studi Dokumen. Diperoleh hasil bahwa (1) sistem kendali dengan basis PLC dan HMI ini memberi dampak dalam pengendalian smarthome baik di dalam ataupun di luar ruangan yakni sebagai otomatisasi untuk menyalakan lampu, kipas, dan lain sebagainya; (2) system ini juga diarahkan pada minimalisir penggunaan energi listrik sehingga energi dipgunakan dengan efisien; (3) Mode control system smarthome dapat diatur dari manual sampai dengan otomatis dengan memanfaatkan aplikasi HMI dari laptop; (4) dapat mempermudah pihak yang memiliki rumah pintar atau smarthome ketika bepergian dengan kurun waktu yang lama tanpa adanya kekhawatiran meninggalkan rumah dengan posisi menyala; (5) system tersebut dapat berfungsi sebagai control ruangan dengan tingkat keamanan yang cukup baik.
Download

PLC, HMI, Smarthome, Pengendalian sistem

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

169

Adi Sugiarto Lamadike

ANALISIS KARAKTERISTIK BATERAI DAN SYSTEM EASY CHARGING PADA WULING AIR ELECTRIC VEHICLE

Baterai adalah alat penyimpanan energy yang mengalami banyak sekali perkembangan, dari berbagai jenis baterai yang di kembangkan salah satu nya adalah Baterai Lithium ion yang termasuk Baterai Sekunder, dan memiliki banyak kelebihan salah satu nya adalah pengisian daya nya cepat di bandingkan dengan jenis Baterai lain. Karakteristik pada baterai dapat di tentukan melalui tegangan, Kapasitas Baterai,temperature,efisiensi, muatan energy hingga siklus hidup (Life Cycle). System Charging menggunakan on board Charger untuk merubah arus bolak-balik menjadi arus searah untuk Baterai, kapasitas arus sebesar 15 A dan Output Voltage 120Vdc dengan menaikan SOC 99% Dari SOC awal adalah 50% hanya mebutuhkan waktu selama 2jam dengan suhu rata-rata 36,1 ◦C serta menjaga SOH dengan nilai di atas 99,59% .
Download

System Charging, baterai, SOC (Status Of Charge),SOH (State Of Healt), Suhu baterai.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

170

FAHRUL AKBARI

PENGUKURAN DAN MONITORING KUALITAS AIR BAKU OLAHAN DI WATER TREATMENT PLANT AL AMIN MANGGAR DAN LATIF SEPINGGAN BERBASIS INTERNET OF THINGS

Water treatment plant (WTP) atau tempat pengolahan air merupakan fasilitas yang melakukan proses peningkatan kualitas air untuk penggunaan akhir tertentu. Penggunaan akhir tersebut misalnya untuk kebutuhan air minum, pasokan air industri, serta kebutuhan lain termasuk diantaranya pengembalian air limbah dengan aman ke lingkungan atau alam. Penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu sistem pengukuran dan monitoring kualitas air baku olahan di water treatment plant berbasis internet of things (IoT). Sistem ini akan membantu WTP untuk memantau kualitas air baku olahan secara real-time. Adapun lokasi yang dipilih sebagai tempat penelitiannya adalah WTP di wilayah Balikpapan, yaitu WTP Al Amin Manggar Baru dan WTP Latif Sepinggan. Sampel air diambil dari kedua WTP tersebut untuk kemudian dibandingkan hasilnya. Metode penelitian berupa metode studi literatur dan metode lapangan untuk menerapkan hasil rancangan dan mengumpulkan data monitoring pada kedua WTP tersebut di atas. Pada pengujian sampel WTP Manggar Baru menghasilkan nilai rata-rata pH sekitar 7 – 7.21, kekeruhan 3.28 – 5.84 NTU, dan zat padat terlarut 256 – 359 mg/l dan pengujian sampel WTP Latif Sepinggan menghasilkan nilai rata-rata pH 7.21 – 7.35, kekeruhan 2.64 – 6.48 NTU, dan zat padat terlarut 145 – 151 mg/l. Nilai tersebut sesuai dengan standar mutu kesehatan air menurut Permenkes no 32 tahun 2017. Kesimpulan dari penelitian adalah sistem monitoring berfungsi dengan semestinya, dimana output berupa grafik dan nilai pengukuran hasil pembacaan data dari sensor dikirim dan diterima website dengan baik dan dapat ditampilkan melalui sistem website.
Download

Internet of things, Monitoring, Water Treatment Plant, Website

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

171

ANSHORI

Perancangan Monitoring of Coal Handling System pada PLTU Kaltim Teluk berbasis Internet of Things

PLTU Kaltim Teluk adalah pembangkit listrik dengan kapasitas besar yang terletak di kota Balikpapan, yang terletak di Kalimantan Timur. PLTU dengan kapasitas 2 × 110 MW ini memasok kebutuhan energi listrik pada jaringan Barito Mahakam, yang terdiri dari wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Bahan bakar utama untuk pembangkit listrik adalah Low Rank Coal (LRC) atau batubara berkalori rendah. Minyak High Speed Diesel (HSD) yang digunakan sebagai bahan bakar awal. Coal handling system berfungsi menangani pekerjaan mulai dari pembongkaran batu bara dari kapal tongkang, penimbunan dan penyimpanan di stock area ataupun pengisian ke bunker yang digunakan untuk pembakaran di boiler. Distributed Control System (DCS) digunakan untuk membantu pengoperasian, memantau dan mengontrol peralatan - peralatan utama dan pendukung pada coal handling system, namun, manajemen, supervisor, dan staf lainnya kesulitan mengetahui kondisi operasi unit pembangkit dari jarak jauh karena sistem monitoring hanya dapat diakses oleh operator control room di Central Control Room (CCR). Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem monitoring coal handling system berbasis Internet of Things untuk PLTU Kaltim Teluk. Sistem monitoring berbasis digital ini dapat mengumpulkan dan menampilkan data dari setiap sensor di lapangan. Metode penelitian berupa metode studi literatur dan metode di lapangan untuk menerapkan hasil rancangan dan mengumpulkan data monitoring pada PLTU Kaltim Teluk. Perancangan web monitoring berhasil diimplementasikan dengan menampilkan stastus peralatan dan nilai nilai parameter yang ada di coal handling system dengan rata-rata presentase error sebesar 0.1% dan memilik tingkat akurasi sebesar 99,9%. dengan tampilan web yang dapat diakses oleh semua tingkatan sepeerti manajemen, maupun supervisor.
Download

IoT, Monitoring, Python, Web

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

172

MUHTAR DANI

Perancangan Sistem Pemantauan Boiler Pada PLTU Teluk Balikpapan Berbasis Internet OF Things

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) merupakan pembangkit listrik dengan bahan bakar batubara yang banyak digunakan karena biaya operasinya yang murah dan menghasilkan daya yang cukup besar. Boiler menjadi salah satu peralatan utama dan penting dalam PLTU. Boiler ini digunakan untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi yang akan memutar turbin. Dalam pengoperasian boiler dibutuhkan kerja sama antara manajemen dengan bidang lain terutama operator, engineer serta pemeliharaan agar menghasilkan pengoperasian boiler yang handal dan efisien sehingga mendapatkan PLTU dengan kinerja yang baik. Penelitian ini dilakukan di PLTU Teluk Balikapapan PT PLN Nusantara Power dengan menggunakan metode studi literatur observasi di lapangan dan wawancara. Penulis melakukan analisis bagaimana membangun suatu sistem pemantauan pengoperasian pada boiler PLTU berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini mengambil data parameter boiler dari OLE (Object Linking and Embedding) for Process Control (OPC) dan akan diproses untuk ditampilkan pada bot Telegram. Sistem ini akan membantu semua orang baik itu manajemen, engineer serta pemeliharaan dapat mengakses informasi boiler secara real-time guna mengawasi dan mendapatkan informasi pengoperasian boiler yang handal dan efisien. Dalam membangun sistem pemantauan boiler ini penulis melakukan beberapa tahapan pengujian meliputi pengujian perangkat keras, pengujian segmen-segmen dengan bahasa python dalam pemrosesan data boiler, pengujian sistem program dan pengujian hasil dari program. Dalam membangun sistem pemantauan boiler PLTU Teluk Balikpapan, berdasarkan pengujian sistem secara keseluruhan menunjukan bahwa sistem terhubung dengan baik dan bekerja sebagaimana diharapkan dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 0,12% pada 10 kali percobaan dengan selang waktu 2 menit dan rata-rata kesalahan sebesar 0,04% pada 5 kali percobaan dengan selang waktu 30 menit. Maka penelitian perancangan yang dibangun ini memiliki tingkat akurasi sebesar 99,9%. Bot Telegram dapat diakses dan menyajikan data operasi boiler dengan mudah sehingga manajemen dan bidang lainya dapat memperoleh informasi boiler dari laptop atau smartphone.
Download

Kata kunci: Boiler, Bot Telegram, IoT, Pemantauan

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

173

IIS DAHLIANA

Rancang Bangun Alat Pengering Rumput Laut berbasis NodeMCU

Salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat banyak barang olahan dengan nilai ekonomi yang signifikan adalah rumput laut. Oleh karena itu banyak masyarakat di Indonesia yang membudidayakan rumput laut. Rumput laut sering dijual kering, namun karena pengeringan rumput laut membutuhkan sinar matahari dan bisa memakan waktu 4-6 hari, hal ini menjadi tantangan bagi petani rumput laut. Dengan harapan para pembudidaya rumput laut mendapatkan solusi atas masalah cuaca yang tidak menentu sehingga menunda proses pengeringan, proyek ini bertujuan untuk mengembangkan alat desain yang dapat mengeringkan rumput laut dengan menggunakan elemen panas sebagai pengganti sinar matahari selama proses pengeringan. Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan, alat pengering rumput laut dapat mengeringkan rumput laut selama kurang lebih 6 jam. Sensor seperti DHT22 dan DS18B20 dapat bereaksi terhadap variasi suhu dan kelembapan yang disebabkan oleh pengeringan. Pada tampilan LCD dapat memonitor suhu dan kelembapan; saat suhu naik, kelembaban menjadi berkurang. Hasil pengujian memberikan data bahwa hasil pengeringan rumput laut menggunakan alat pengering dapat menghasilkan kelembaban hingga 35% dalam waktu 5-6 jam. Dari data yang dihasilkan, alat pengering bisa mengeringkan rumput laut sebanyak 90 kg dalam waktu 5 hari.
Download

Mikrokontroler, Elemen pemanas, DHT22, Loadcell, NodeMCU

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

174

Reksi Dwi Atmoko

Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya 5 Wp 9 volt

Studi ini mencoba untuk mengetahui biaya produksi panel surya 5 WP dan 9 Volt untuk PLTS dan kapan matahari berada pada titik terkuatnya. Pengumpulan data dan pengamatan langsung merupakan metode penelitian yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa pengolahan data kemudian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kuantitas energi matahari dan nilai output dari panel surya. Dapat disimpulkan bahwa selama tiga hari pengujian berturut-turut, puncak energi matahari terjadi pada pukul 14.00 WITA. Walaupun dihari kedua pada saat pengujian alat pukul 13.00 Wita. Ada sedikit awan yang agak menutupi sinar matahari untuk memancarkan sinarnya terhadap alat yang sedang saya uji. Namun dari tiga hari penelitian, dua hari memegang kendali energi terbesar sinar matahari adalah pada pukul ± 14.00 Wita.
Download

Upload berkas

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

175

Yudha Andhika Putra

Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hepatitis Berbasis Web Menggunakan Metode Decision Tree C4.5

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau kuman yang masuk ke dalam tubuh, akan menimbulkan gejala yang merupakan awal dari suatu kondisi yang dapat membahayakan manusia. Salah satu penyakit menular yang tergolong mematikan adalah Hepatitis, dimana pada tahun 2019, Global Burden of Disease (GBD) melaporkan angka kematian akibat hepatitis akut di Indonesia mencapai 2,14% per 100.000 penduduk. Akan tetapi sering sekali masyarakat mengabaikan gejala yang timbul karena beberapa alasan. Untuk membantu memberikan informasi dan melakukan diagnosis mengenai penyakit Hepatitis berbasis kepakaran, maka dirancang aplikasi diagnosis penyakit hepatitis berbasis web dengan menggunakan metode decision tree C4.5. Metode supervised learning ini memiliki keuntungan utama pada kemampuannya untuk membuat keputusan dengan cara yang mirip dengan penalaran manusia. Aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit hepatitis menggunakan metode decision tree C4.5 berbasis web bekerja dengan cara mengolah data yang diperoleh dari pakar dengan menghitung entropy dan gain dari setiap gejala kemudian hasil gain diurutkan dari nilai terbesar hingga terkecil sehingga terbentuk susunan gejala baru yang kemudian dilakukan pembuatan pohon keputusan, berdasarkan pohon keputusan tersebut dibuatlah aturan/rule dan diterapkan didalam aplikasi. Tingkat akurasi pengujian terhadap aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit hepatitis menggunakan metode decision tree C4.5 berbasis web mencapai nilai 100% untuk pengujian fungsional aplikasi dan nilai 100% untuk pengujian diagnosis yang dibandingkan dengan data rekam medis. Diseases caused by virus, bacterial, or microbial infections that enter the body will manifest symptoms serve as the initial that condition that can pose a threat to humans. One notable infectious disease with potentially fatal consequences is Hepatitis. In 2019, the Global Burden of Disease (GBD) reported a 2.14% mortality rate due to acute hepatitis in Indonesia per 100,000 populations. However, at times, people tend to underestimate these symptoms due to many reasons. To assist in providing information and conducting diagnoses regarding Hepatitis, a web-based disease diagnosis application for hepatitis has been developed using the Decision Tree C4.5 methods. This method falls under supervised learning, and its primary advantage lies in its ability to make decisions in a manner similar to human reasoning. The expert system application for hepatitis disease diagnosis using the web-based C4.5 decision tree method operates by processing data obtained from experts by calculating the entropy and gain of each symptom. The resulting gains are then sorted from highest to lowest values, forming a new arrangement of symptoms. Subsequently, a decision tree is constructed based on this arrangement, and rules are formulated using if then formulas, which are then applied within the application. The accuracy level, after testing the expert system application for hepatitis disease diagnosis using the web-based C4.5 decision tree method, reaches 100% for functional application testing and 100% for diagnosis testing, compared to medical record data.
Download

Aplikasi, Decision Tree C4.5, Diagnosis, Hepatitis, Sistem Pakar. / Aplication, Diagnosis, Decision Tree C4.5, Expert System, Hepatitis.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

176

Andhika Fachrian

Evaluasi Pemeliharaan Jaringan Terhadap Penurunan Gangguan Penyulang Manggar Sari 5 Dengan Menggunakan Indeks Saidi Dan Saifi Di PT PLN (Persero) ULP Balikpapan Selatan

Seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan pelanggan terhadap pasokan tenaga listrik di Indonesia khususnya Unit Layanan Pelanggan Balikpapan Selatan dan untuk mencapai penetapan tingkat mutu pelayanan yang dipersyaratkan oleh Pemerintah, maka perlu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas pasokan tenaga listrik yang selaraskan dengan misi distribusi yaitu menuju distribusi yang efisien, handal, dan berkualitas.Pada penelitian penyulang Manggar sari 5 ini untuk menurunkan jumlah gangguan dan durasi gangguan di lakukannya penggerebekan pemeliharaan jaringan pada penyulang manggar sari 5 tanggal 6 juni 2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemeliharaan jaringan pada tanggal 6 juni 2022 sanga berefektif terhadap penurunan gangguan penyulang manggar sari 5 Sebelum dilakukan pemeliharaan jaringan pada Tahun 2022. Jumlah gangguan penyulang Manggar Sari 5 sebesar 11 kali gangguan, setelah dilakukan pemeliharaan jaringan pada Tahun 2022 di bulan Juni jumlah gangguan di penyulang tersebut menurun signifikan yaitu sebesar 83% menjadi 0,65 kali gangguan pada semester 1 tahun 2023,SAIDI turun 99% menjadi 0,03 jam pada semester 1 tahun 2023.
Download

Evaluasi Pemeliharaan Jaringan, Indeks Keandalan, SAIDI,SAIFI.

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

177

Abdi Muhyiddin

Perancangan Sistem Label Optical Distribution Point Di PT. Telkom Akses Balikpapan Sektor Balikpapan Baru

PT. Telkom Akses memiliki divisi assurance yang bertugas untuk melakukan perawatan preventif terhadap jaringan indihome dan melakukan penanganan gangguan secara langsung dengan konsep Time To Repair (TTR) < 3 jam. Namun dalam penanganan gangguan teknisi sering mendapat hambatan mengenai data ODP dan data pelanggan yang tidak valid, yang membuat pekerjaan para teknisi assurance menjadi kurang efisien. untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan upaya dengan membuat sistem label ODP yang berisi informasi mengenai status ODP dan data pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode perancangan waterfall yang berfokus pada pengembangan menggunakan UML (Unified Model language) dan menggunakan bahasa pemrograman PHP, serta Xampp dengan Apache sebagai web server. Pengujian telah dilakukan dengan menggunakan metode functional blackbox testing yaitu dengan menggunakan rangkaian percobaan kasus terhadap fungsi yang telah dibangun baik dari sisi admin ataupun user. Adapun data output yang dihasilkan valid dan tidak ada terjadi error yang ditemukan.
Download

ODP, PHP, TTR, Waterfall, Web

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

178

Bayu Hadi Firmanto

Perancangan Sistem Labeling Pada ODC di PT. Telkom Akses Balikpapan

Divisi maintenance dari PT. Telkom Akses bertanggung jawab terhadap pengelolaan infrastruktur fiber optic pada perangkat optical distribution cabinet (ODC). Saat ini, Divisi Maintenance masih menggunakan label manual sebagai penanda port di ODC. Dari sisi operasional, penelusuran port dengan label manual dapat menyebabkan gangguan dan juga akan mengalami kesulitan saat label manual rusak atau hilang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancang sebuah aplikasi labeling untuk port pada ODC. Penelitian ini menggunakan metode perancangan waterfall yang difokuskan pada pengembangan model dengan menggunakan Unified Model Language dan menggunakan bahasa pemrogramam hypertext preprocessor, serta Xampp dengan Apache sebagai web server dan MySQL yang digunakan sebagai penyimpanan database. Sehingga penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan teknisi dalam mengidentifikasi port pada optical distribution cabinet. Berdasarkan hasil pengujian dan implementasi aplikasi label port pada optical distribution cabinet di PT. Telkom Akses Balikpapan diperoleh hasil sesuai harapan karena memenuhi aspek fungsional. Pengujian ini dilakukan menggunakan metode functional blackbox testing dengan menerapkan berbagai macam kasus. Dari pengujian tersebut diperoleh hasil bahwa admin/teknisi tidak mendapatkan error maupun output diluar dari harapan.
Download

Fiber Optik, hypertext preprocessor, Label Optical Distribution Cabinet, Telkom Akses, Web

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

179

MUHTAR DANI

Perancangan Sistem Pemantauan Boiler Pada PLTU Teluk Balikpapan Berbasis Internet OF Things

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) merupakan pembangkit listrik dengan bahan bakar batubara yang banyak digunakan karena biaya operasinya yang murah dan menghasilkan daya yang cukup besar. Boiler menjadi salah satu peralatan utama dan penting dalam PLTU. Boiler ini digunakan untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi yang akan memutar turbin. Dalam pengoperasian boiler dibutuhkan kerja sama antara manajemen dengan bidang lain terutama operator, engineer serta pemeliharaan agar menghasilkan pengoperasian boiler yang handal dan efisien sehingga mendapatkan PLTU dengan kinerja yang baik. Penelitian ini dilakukan di PLTU Teluk Balikapapan PT PLN Nusantara Power dengan menggunakan metode studi literatur observasi di lapangan dan wawancara. Penulis melakukan analisis bagaimana membangun suatu sistem pemantauan pengoperasian pada boiler PLTU berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini mengambil data parameter boiler dari OLE (Object Linking and Embedding) for Process Control (OPC) dan akan diproses untuk ditampilkan pada bot Telegram. Sistem ini akan membantu semua orang baik itu manajemen, engineer serta pemeliharaan dapat mengakses informasi boiler secara real-time guna mengawasi dan mendapatkan informasi pengoperasian boiler yang handal dan efisien. Dalam membangun sistem pemantauan boiler ini penulis melakukan beberapa tahapan pengujian meliputi pengujian perangkat keras, pengujian segmen-segmen dengan bahasa python dalam pemrosesan data boiler, pengujian sistem program dan pengujian hasil dari program. Dalam membangun sistem pemantauan boiler PLTU Teluk Balikpapan, berdasarkan pengujian sistem secara keseluruhan menunjukan bahwa sistem terhubung dengan baik dan bekerja sebagaimana diharapkan dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 0,12% pada 10 kali percobaan dengan selang waktu 2 menit dan rata-rata kesalahan sebesar 0,04% pada 5 kali percobaan dengan selang waktu 30 menit. Maka penelitian perancangan yang dibangun ini memiliki tingkat akurasi sebesar 99,9%. Bot Telegram dapat diakses dan menyajikan data operasi boiler dengan mudah sehingga manajemen dan bidang lainya dapat memperoleh informasi boiler dari laptop atau smartphone.
Download

Kata kunci: Boiler, Bot Telegram, IoT, Pemantauan

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

180

Yosandi Ibnu Kholid

Analisis dan Evaluasi Power Balance Jaringan Bus Bar 1 HT Power Plant

Sistem Tenaga Listrik adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem pembangkit, sistem transmisi, sistem distribusi dan sistem proteksi yang semua komponen tersebut saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Power Balance dan Jumlah Tenaga Listrik di sisi Bus Bar dan kaki Transformator 3 belitan. Terkhusus pada Bus Bar 1 HT yang bersumber dari STG 1.3 dan1.6 dan mengetahui batasan maksimum pengiriman tenaga listrik yang diijinkan melalui kaki trafo 3 belitan. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Hasil yang didapatkan Jumlah tenaga listrik di sisi Bus Bar dan kaki transformator 3 belitan secara berurutan dari tanggal 08 Agustus 2020 hingga 11 Agustus 2020 yaitu sebesar 5 MW; 5 MW, 4.5 MW, dan 4.5 MW. Jumlah tenaga listrik di sisi Bus Bar dan kaki transformator 3 belitan secara berurutan dari tanggal 13 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020 yaitu sebesar 2 MW; 1 MW; 1,6 MW; 1,2 MW; 1,2 MW; 1,9 MW; 1,6 MW. Kesimpulannya adalah penurunan yang terjadi pada penyaluran tenaga listrik di kaki trafo disebabkan karena pengurangan pembangkit tenaga listrik, dimana dilakukan penyetopan pada STG 1.3 agar didapatkan kondisi yang seimbang (Balance) di Bus Bar 1 HT antara pembangkitan listrik dari STG 1.6 dengan yang disalurkan ke Sub Station dan kaki trafo. Kaki trafo di Bus Bar 1 HT Power Plant Pertamina RU V memiliki batasan tenaga listrik yaitu sekitar 7 MW. Jika tenaga listrik yang melewati kaki trafo melebihi batas tersebut maka akan mengakibatkan trip pada trafo, sehingga perlu dilakukan analisa dan evaluasi power balance jika tenaga listrik yang melalui kaki trafo telah mendekati batasan maksimumnya.
Download

Jaringan Bus Bar, Power Balance, Power Plant

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

181

KHAIRUL ARIFIN PANGGE

Analisa level getaran pada motor close cooling water pump 185kw, 6kv dengan metode FFT ( Fast Fourier Transform ) di PLTU kaltim teluk balikpapan

Pada pembangkitan tenaga listrik tidak lepas dengan rotating equipment khususnya pada motor listrik sebagai penggerak utama pada rotating equipment. Dimna motor listrik tersebut dalam pola oprasi secara terus menerus dapat terjadinya kerusakan yang tidak di inginkan akibat vibrasi yang terjadi dan penyebab dari vibrasi tersebut di analisa penyebabnya apakah looseness, misalignment, unbalance. Penelitian dilakukan di PLTU Kaltim Teluk 2 x 110 MW menggunakan vibrasi analyzer dengan metode analisis FFT (Fast Fourier Transform) agar dapat mempermudah pembacaan analisa yaitu dengan monitoring kondisi mesin atau motor melalui data yang telah di ambil dan menganalisa hasil spectrum dampak kerusakan bearing akibat dari vibrasi. Kerusakan bearing dapat terlihat dari data spectrum dengan pola spectrum pada frekuensi tinggi. Dimana vibrasi pada motor tertinggi di MIH (Motor Inboard Horizontal) 4.819 mm/s dan MOH (Motor Outboard Horizontal) 4.125 mm/s analisa spectrum tersebut muncul di 2x RPM akibat dari misalignment, sehingga di lakukan perbaikan pada motor dan di lakukan alignment motor dan pompa di bawah 0.05 mm dial serta di lakukan pengetesan vibrasi dan mengalami penurunan level overall vibrasi pada MIH (Motor Inboard Horizontal) 0.631mm/s dan MOH (Motor Outboad Horizontal) 0.222 mm/s pada motor serta tidak ada lagi indikasi misalignment.
Download

motor listrik, misalignment, vibrasi, bearing motor

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

182

Onky Hermawan Sasmita

Analisa perubahan ( OLTC ) transformator daya pada tegangan menengah

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai penyedia energi listrik berusaha memberikan pelayanan ketenaga listrikan sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan menyediakan sistem tenaga listrik yang mempunyai mutu , kontinuitas dan keandalan yang tinggi, hal ini dapat dicapai apabila sistem tenaga listrik mempunyai tegangan yang stabil dan konstan pada nilai yang sudah ditentukan. Namun kenyataannya sulit mendapat tegangan yang konstan dan stabil yang disebabkan antara lain adanya fluktuasi beban, kerugian pada hantaran yang mempunyai impedansi yang menyebabkan jatuh tegangan. Untuk mempertahankan tegangan keluaran pada sisi sekunder transformator agar tetap konstan pada harga 20 kV maka digunakan pengubah alat yang dipasang pada transformator daya 150/20kV dan bekerja otomatis pada setiap perubahan tegangan yang disebabkan adanya jatuh tegangan karena adanya perubahan beban dan rugi hantaran. Hasil dari perubahan posisi tap OLTC Transformator 2 di Gardu induk Batakan dari posisi tap 12 ketika tegangan primer 148kV ke posisi tap 15 pada tegangan 142kV akan membuat rasio perbandingan kumparan pada sisi primer dengan sekunder akan berkurang karena tegangan sekunder yang diharapkan semakin tinggi. Sehingga nilai tegangan keluaran pada transformator tetap stabil pada angka 20,4kV.
Download

Transformator, tap changer

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas

183

ABIL TIFRI

EVALUASI PENGUJIAN TAHANAN KONTAK PEMUTUS TENAGA 150kV MENGGUNAKAN METODE FMEA PADA BAY PENGHANTAR GARDU INDUK INDUSTRI ARAH NEW BALIKPAPAN 2

Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah pemasok utama listrik di indonesia, dalam pengoperasian sistem tenaga listrik, keandalan dan stabilitas sistem sangat penting untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada konsumen. Dalam hal ini gardu induk merupakan komponen pada sistem penyaluran tenaga listrik yang mempunyai peran sebagai penghubung pelayanan tenaga listrik ke konsumen. Di balikpapan, gardu induk industri sering dihadapkan dengan anomali peralatan, salah satunya adalah peralatan pemutus tenaga tegangan tinggi. Berdasarkan International Electrotechnical Vocabulary (IEV) 441-14-20, disebutkan bahwa circuit breaker (CB) atau pemutus tenaga (PMT) fungsi utamanya adalah sebagai alat pembuka atau penutup suatu rangkaian listrik dalam kondisi berbeban, serta mampu membuka atau menutup saat terjadi arus gangguan pada sistem jaringan listrik atau peralatan lainnya. Hasil dari tahanan kontak pemutus tenaga mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahun. Pada tahun 2018, PMT mempunyai nilai tahanan kontak dengan nilai resistansi sebesar 39,27 μΩ untuk fasa R, 40,32 μΩ untuk fasa S, dan 39,80 μΩ untuk fasa T, namun pada tahun 2023, nilai tersebut meningkat menjadi 74,26 μΩ untuk fasa R, 77,04 μΩ untuk fasa S, dan 81,82 μΩ untuk fasa T. Peningkatan ini menyebabkan PMT menurun kinerjanya. Menurut analisis failure mode and effect analysis (FMEA) untuk kegagalan pemutus tenaga dan relai, kegagalan di kedua bagian ini memiliki tingkat risiko yang tinggi. Nilai risk priority number (RPN) sebesar 144 menunjukkan bahwa kegagalan pemutus tenaga saat ada anomali di sistem memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi. Hal ini berarti bahwa kegagalan ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan, kerusakan peralatan, atau bahkan bahaya bagi keselamatan manusia. Kata Kunci : FMEA, Pemutus Tenaga, RPN, Tahanan Kontak
Download

FMEA, Pemutus Tenaga, RPN, Tahanan Kontak

Download

Download

Hubungi Staf Fakultas